Buku Hadiah Ulang Tahun untuk Ahok Akan Dipasarkan

Oleh: Felix Nathaniel - 29 Juni 2017
Dibaca Normal 1 menit
Relawan Ahok menyusun buku untuk Ahok sebagai hadiah di hari ulang tahunnya yang ke-51.
tirto.id - Dalam rangka ulang tahun Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang ke-51, para relawan menyusun buku khusus untuk mantan gubernur Jakarta tersebut. Rencananya, buku berjudul “Ahok di Mata Mereka” itu tidak hanya dijadikan hadiah, tetapi juga akan dijual untuk umum. Hal ini disampaikan pengacara Ahok, I Wayan Sudirta pada Kamis (29/6/2017).

Wayan yang juga merupakan salah satu penulis di buku yang disusun secara istimewa untuk Ahok tersebut menyatakan, banyaknya minat masyarakat terhadap Ahok membuat buku ini akan laris di pasaran. Sebagai cetakan pertama, buku ini dicetak sebanyak tiga sampai lima ribu eksemplar dan disimpan untuk kalangan pribadi.

“Tentu saja buku ini sangat diminati banyak orang dan mencetak ulang perlu biaya. Menurut saya ini sangat laku. Laku sekali,” katanya ketika dikonfirmasi oleh Tirto.

Menurut Wayan, buku untuk Ahok rampung dalam waktu sebulan dan setiap penulis hanya mempunyai waktu 2 minggu untuk menulis isi buku.

Namun, Wayan belum mengetahui kapan buku akan mulai dijual dan berapa harga yang dipatok untuk buku setebal hampir 500 halaman itu. Sebabnya, banyak tim penulis yang masih berada di luar kota dalam rangka libur Lebaran dan rencananya akan ada bedah buku dahulu sebelum dijual.

“Mungkin nanti setelah bedah buku. Nanti habis hari raya ini [Lebaran]. Bulan Juli ini sudah mulai dikerjakan, karena mereka [tim penulis] masih sangat semangat,” tuturnya lagi.

Meskipun begitu, buku ini belum sampai ke tangan Ahok yang berada di tahanan Mako Brimob. Menurut Wayan, jam besuk tahanan sangatlah terbatas. Namun Wayan memastikan, sore nanti, salah satu tim penggagas buku akan datang bersama keluarga Ahok untuk menyerahkan buku. Pihak keluarga dan Ahok sengaja tidak diberitahu terkait adanya hadiah ini.

“Hari ini dikasih. Jamnya saja [yang belum tahu]. Tadi saya telepon, dipastikan ada satu orang dari tim buku mewakili kita bersamaan dengan keluarga Ahok. Itu pasti sampai hari ini,” katanya. “Kita malah enggak ngomong [mau kasih hadiah]. Mungkin yang bawa buku juga enggak ngomong. Biar surprise. Bu Fifi aja enggak saya kasih tau.”

Menurut Wayan, tidak ada hadiah lain dari tim penulis buku untuk Ahok.

Isi buku untuk Ahok sendiri diakui Wayan sangat beragam. Ada yang mengulas tentang ketokohan Ahok dan karakternya. Ada yang memuat sejarah Ahok, ada juga yang memuat catatan berupa fakta dan data.

“Pokoknya tentang orang memotret Ahok itu siapa, versi penulis. Tapi di situ berisi data, berisi analisa, mungkin berisi sejarah, ungkapan pribadi, mungkin juga suka-duka. Bisa juga berisi sesuatu yang agak menggelitik. Ya, tergantung penulisnya,” lanjut Wayan.

Wayan memaparkan, buku ini juga jadi pendorong dan penunjang kredibilitas Ahok akibat adanya persaingan politik selama ini. Di hari ulang tahun Ahok ini, Wayan berharap, Ahok tetap bisa sabar selama di penjara.

“Selamat ulang tahun buat Pak Ahok, dengan bertambahnya 1 tahun usia, saya pikir kematangan dan kesabarannya pasti bertambah,” tutup Wayan.

Baca juga artikel terkait VONIS AHOK atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Dipna Videlia Putsanra