Jadwal Friendly Match 2022

Brasil vs Tunisia Friendly Piala Dunia 2022: Prediksi, H2H, Pemain

Kontributor: Wan Faizal, tirto.id - 26 Sep 2022 16:10 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Berikut ini prediksi Brasil vs Tunisia dalam friendly match jelang Piala Dunia 2022 berdasarkan data H2H, beserta daftar susunan pemain kedua tim.
tirto.id - Laga Brasil vs Tunisia dalam ajang friendly match jelang Piala Dunia 2022 akan digelar pada Rabu, 28 September 2022, mulai pukul 01.30 WIB. Pertandingan ini akan dimainkan di Stadion Parc des Princes, Paris. Prediksi berdasarkan data H2H menunjukkan Brasil layak diunggulkan atas Tunisia.

Pertemuan kedua tim akan menjadi bagian dari persiapan kedua negara jelang Piala Dunia 2022. Masa persiapan yang tinggal kurang dari dua bulan membuat kedua tim sudah tak punya banyak waktu untuk mempersiapkan skuadnya di World Cup.

Di Piala Dunia 2022 mendatang, Brasil akan melewati babak penyisihan dengan bertarung di Grup G melawan Serbia, Swiss, dan Kamerun. Adapun Tunisia harus bersaing dengan Prancis, Australia, dan Denmark di Grup D Piala Dunia 2022.


Prediksi Brasil vs Tunisia Friendly Match Jelang Piala Dunia

Brasil sedang berupaya terus menjaga momentum bagus mereka saat ini. Tim asuhan Tite punya rekor tidak terlakahkan dalam 14 laga terakhir. Selecao meraih 11 kemenangan dan 3 hasil imbang dalam belasan laga tersebut.

Terakhir kali Brasil mendapatkan kekalahan terjadi di Final Copa America 2021. Karena gol tunggal Angel Di Maria, Brasil saat itu dipaksa takluk dengan skor tipis oleh Argentina.

Bulan ini Brasil menjalani dua laga uji coba. Friendly Match pertama sudah digelar pada tanggal 24 September lalu dengan Ghana sebagai lawan uji. Selanjutnya, Tunisia akan menjadi ujian terakhir bagi skuad Brasil sebelum turun gelanggang di Piala Dunia Qatar.


Adenor Leonardo Bacchi alias Tite merakit skuad terbaik Brasil dalam 2 laga uji coba itu. Sejumlah pemain andalannya, seperti Neymar, Richarlison, Casemiro, Thiago Silva, Alisson, hingga Ederson, masih menjadi bagian dari Timnas Brasil.

Sang pelatih memanggil pula para pemain yang terbilang masih hijau di tim nasional. Mereka ialah Roger Ibanez, Bremer, dan Pedro. Ibanez dan Bremer bermain di Liga Italia bersama AS Roma dan Juventus sedangkan Pedro di Flamengo.

Materi pemain tersebut terbukti ampuh bagi Brasil. Dalam laga uji coba melawan Ghana, Brasil pun tidak kesulitan menang 3-0. Di laga ini, Marquinhos mencetak gol pembuka sebelum diikuti brace Richarlison.

Kemenangan tersebut disambut gembira oleh Tite. Perkembangan timnya dikatakan cukup bagus. Apalagi Ghana merupakan negara dengan kekuatan sepakbola yang disegani di Afrika.

"Ghana merupakan tim yang memiliki banyak pemain dengan kualitas individu hebat. Kami mampu memberikan mereka tekanan dengan cepat yang menurut saya hal yang impresif. Kami juga bagus dalam memanfaatkan bola mati," kata Tite.


Tantangan berikutnya adalah mengalahkan Tunisia. Salah satu wakil Afrika di Qatar itu jelas punya kekuatan yang tak bisa dianggap remeh oleh Brasil.

Apalagi, Tunisia memiliki sederet pemain berkualitas, termasuk Wahbi Khazri, Ellyes Skhiri, Ferjani Sassi, dan Naim Sliti. Pelatih Tunisia, Jalel Kadri juga memanggil pemain muda milik Manchester United yakni Hannibal Mejbri.

Hal lain yang membuat Tunisia pantas diperhitungkan adalah mereka tak terkalahkan di tujuh laga terakhir. Hasil 5 kemenangan dan dua imbang menjadi catatan positif Tunisia di 7 laga tersebut.

Rekor Head to Head (H2H) Brasil vs Tunisia

Sejauh ini baru terselenggara satu pertemuan antara Brasil dan Tunisia, yakni di laga persahabatan tahun 1973. Laga itu dimenangkan oleh Brasil dengan skor 4-1.

Paulo Cesar menjadi bintang kemenangan Brasil setelah mencetak dua gol. Sempat dibalas oleh gol Mohieddine Habita, Brasil akhirnya bisa menambah dua gol lagi lewat Valdomiro dan Leivinha.

Pertemuan Terakhir Brasil vs Tunisia:

06-06-1973: Tunisia vs Brasil 1-4

5 Pertandingan Terakhir Brasil:

23-09-2022: Brasil vs Ghana 3-0
06-06-2022: Jepang vs Brasil 0-1
02-06-2022: Korea Selatan vs Brasil 1-5
29-03-2022: Bolivia vs Brasil 0-4
24-03-2022: Brasil vs Chile 4-0.

5 Pertandingan Terakhir Tunisia:

22-09-2022: Tunisia vs Komoro 1-0
14-06-2022: Jepang vs Tunisia 0-3
10-06-2022: Chile vs Tunisia 0-2
05-06-2022: Bostwana vs Tunisia 0-0
02-06-2022: Tunisia vs Guinea Ekuatorial 4-0.

Daftar Pemain Timnas Brasil vs Tunisia

Berikut ini daftar lengkap pemain Timnas Brasil dan Timnas Tunisia yang berpeluang diturunkan di laga persahabatan kedua tim pada 28 September 2022.

1. Daftar Pemain Timnas Brasil:

Kiper: Alisson (Liverpool), Weverton (Palmeiras), Ederson (Manchester City)

Bek: Danilo (Juventus), Thiago Silva (Chelsea), Marquinhos (PSG), Alex Telles (Sevilla), Roger Ibanez (Roma), Eder Militao (Real Madrid), Renan Lodi (Nottingham Forest), Bremer (Juventus)

Gelandang: Casemiro (Manchester United), Lucas Paqueta (West Ham), Fred (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), Bruno Guimaraes (Newcastle United)

Striker: Richarlison (Tottenham Hotspur), Neymar (PSG), Antony (Manchester United), Raphinha (Barcelona), Vinicius Junior (Real Madrid), Matheus Cunha (Atletico Madrid), Roberto Firmino (Liverpool), Pedro (Flamengo), Rodrygo (Real Madrid)

Pelatih: Tite.

2. Daftar Pemain Timnas Tunisia:

Kiper: Mohamed Sedki Debchi (Esperance de Tunis), Aymen Dahmen (CS Sfaxien), Bechir Ben Said (US Monastir)

Bek: Bilel Ifa (Kuwait SC), Montassar Talbi (Lorient), Ali Abdi (Caen), Nader Ghandri (Club Africain), Dylan Bronn (Salernitana), Morthada Ben Ouanes (Kasimpasa), Ali Maaloul (Al Ahly), Omar Rekik (Sparta Rotterdam), Mohamed Drager (Luzern), Hamza Mathlouthi (Zamalek), Rami Kaib (Heerenveen), Yan Valery (Angers)

Gelandang: Saif-Eddine Khaoui (Clermont Foot), Ferjani Sassi (Al Duhail), Hannibal Mejbri (Manchester United), Ellyes Skhiri (Koln), Ghailene Chaalali (Esperance de Tunis), Anis Ben Slimane (Brondby), Chaim El Djebali (Lyon B), Aissa Laidouni (Ferencvaros)

Striker: Youssef Msakni (Al Arabi), Wahbi Khazri (Montpellier), Taha Yassine Khenissi (Kuwait SC), Seiffedine Jaziri (Zamalek), Naim Sliti (Al Ettifaq), Issam Jebali (OB), Sayfallah Ltaief (Basel)

Pelatih: Jalel Kadri.

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Addi M Idhom

DarkLight