BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di NTT akibat Sirkulasi Siklonik

Sumber: Antara, tirto.id - 23 Des 2021 11:33 WIB
Warga NTT diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai petir/kilat dan angin kencang.
tirto.id - Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Agung Sudiono Abadi mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 22-26 Desember 2021.

"Pola sirkulasi siklonik (pusaran angin) terbentuk di Laut Timor-Arafura dan diindikasikan sebagai suspect area bibit siklon tropis," kata Agung dikutip dari Antara, Kamis (23/12/2021).

Agung menjelaskan suspek area yang terindikasi itu bergerak melambat ke arah barat daya menuju selatan NTT atau di perairan utara Australia.

Kondisi ini memberikan dampak pada pertumbuhan awan-awan hujan di NTT sehingga masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai petir/kilat dan angin kencang.

Ia mengatakan berdasarkan pemodelan prediksi cuaca, dalam beberapa hari ke depan terutama pada Sabtu (25/12/2021) sampai Minggu (26/12/2021), potensi munculnya siklon tropis cukup tinggi.

Agung mengatakan potensi hujan deras disertai angin kencang terjadi pada 22 kabupaten/kota se-NTT. Ia mengimbau masyarakat agar tidak panik, namun meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem.

Potensi cuaca ekstrem ini dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, dan sambaran petir.

Ia menyarankan masyarakat di NTT untuk terus memantau perkembangan informasi dan peringatan dini cuaca ekstrem BMKG melalui layanan informasi cuaca 24 jam Stasiun Meteorologi El Tari Kupang dengan nomor kontak (0380) 881613, whatsapp 081139404264 atau mengakses aplikasi IOS dan android Info BMKG.


Baca juga artikel terkait CUACA EKSTREM DI NTT atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight