Benarkah Makan Pisang Saat Hamil Bisa Atasi Morning Sickness?

Kontributor: Lucia Dianawuri, tirto.id - 24 Jan 2023 11:45 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Pisang bisa menjadi pilihan untuk meredakan gejala mual, termasuk muntah pada perempuan hamil karena di dalam pisang ada kandungan nutrisi vitamin B6.
tirto.id - Bagi perempuan yang sedang hamil, makan makanan bergizi seimbang adalah hal yang sangat penting. Asupan nutrisi yang seimbang penting dan dibutuhkan untuk kesehatan ibu, juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandung.

Menurut Medical News Today, asupan nutrisi yang seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan agar selalu prima. Selain itu, asupan nutrisi yang seimbang juga dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit.

Ketika hamil, menurut penelitian yang dilakukan pada 2013, seperti dilansir dari Healthline, seorang ibu harus menghindari makanan yang mengandung nol kalori. Jika seorang ibu hamil gemar sekali mengonsumsi junk food, maka ia akan melahirkan anak yang memiliki ketergantungan pada lemak dan gula.


Oleh karena itu, seorang ibu hamil harus cermat dalam memilih makanan, termasuk minuman yang akan ia konsumsi. Beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi ibu hamil adalah buah dan sayur-sayuran.

Jika ibu hamil memasukkan sayur, dan terutama buah, dalam menu makannya tiap hari, maka kebutuhan vitamin, mineral serta serat yang dibutuhkan oleh ibu, serta bayi yang dikandung akan benar-benar terpenuhi.


Selain itu, jika ibu hamil rutin mengonsumsi buah, maka gangguan konstipasi yang sering dialami oleh ibu hamil, dapat dicegah. Salah satu buah yang kandungan nutrisinya sangat baik untuk ibu hamil adalah pisang.

Lalu, apa sajakah kandungan nutrisi buah pisang yang baik dikonsumsi oleh perempuan hamil?

Apa saja kandungan nutrisi pisang?



Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi pisang, di antaranya:

- protein 1,1 gr


- karbohidrat 22,8 gr

- gula 12,2 gr

- serat 2,6 gr

- lemak 0,3 gr

- vitamin C

- potassium

- vitamin B-6

- fiber atau serat

- antioksidan

Lalu, dari banyaknya kandungan nutrisi yang amat penting bagi tubuh, pisang juga memiliki sejuta manfaat yang baik untuk ibu hamil serta janin yang dikandungnya.

Manfaat pisang untuk ibu hamil



1. Meredakan morning sickness

Morning sickness
adalah hal biasa yang akan dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Morning sickness adalah kondisi ketika ibu hamil merasa mual dan muntah, serta malas dan sulit untuk makan.

Ketika ibu hamil mengalami kondisi seperti ini, maka pisang bisa menjadi pilihan untuk meredakan gejala mual, termasuk muntah, karena di dalam pisang ada kandungan nutrisi vitamin B6.

Selain itu, pisang adalah buah yang mudah dicerna dan mengenyangkan, sehingga pisang amat baik untuk kesehatan pencernaan. Ditambah lagi, ketika rutin dikonsumsi oleh ibu hamil, pisang dapat membantu meningkatkan pengembangan sel sistem saraf pusat pada janin.


Salah satu jenis pisang yang amat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki kandungan vitamin B6 adalah pisang kepok.

2. Mencegah anemia

Mengonsumsi pisang tiap hari dapat membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan harian zat besi. Kandungan beragam vitamin di dalam pisang yang amat tinggi dapat meningkatkan produksi hemoglobin sehingga bisa mencegah anemia saat kehamilan.


3. Menjaga tekanan darah

Kandungan potassium dalam pisang yang amat tinggi dapat mengontrol kadar tekanan darah dalam tubuh, sehingga tekanan darah tidak meningkat dengan cepat.

4. Mencegah kram otot

Kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam pisang dapat menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh sehingga dapat membantu melancarkan kerja otot dan saraf.


5. Menangkal radikal bebas

Pisang dapat menjadi antioksidan yang sangat ampuh, karena pisang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Dengan kandungan vitamin C itu, ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan vitamin harian dan dapat memproduksi antioksidan.


6. Mengatasi sembelit

Lantaran proses pencernaan ibu hamil melambat akibat adanya perubahan hormon dan tekanan dari rahim yang dialami usus, maka ibu hamil sering sekali mengalami gangguan sembelit. Dengan mengonsumsi pisang yang mengandung serat sebesar 2,5 gram hingga 3 gram, maka gangguan sembelit yang sering dialami ibu hamil bisa segera berkurang.


7. Menambah energi

Ibu hamil akan mengalami perubahan hormon dalam tubuhnya. Oleh karena itu, ibu hamil akan sering merasa lemas dan cepat lelah. Dengan mengonsumsi pisang secara rutin, yang mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa, ibu hamil dapat menambah energinya di saat gejala-gejala kelelahan mulai tampak.


8. Mengurangi risiko bayi lahir cacat

Mengonsumsi pisang setiap hari dapat membantu ibu hamil memenuhi kebutuhan asam folat untuk dirinya sendiri, dan juga untuk bayinya.


Dengan memenuhi kebutuhan asam folat, maka risiko bayi lahir cacat seperti cacat tabung saraf, dapat dikurangi. Untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat, ibu hamil harus mengonsumsi sekitar 400 mcg asam folat setiap hari.

9. Meredakan stres

Kandungan fenolat dalam buah pisang dapat melindungi sel neuron dari neurotoksitas yang disebabkan stres oksidatif, atau saat jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Lucia Dianawuri
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight