Periksa Fakta

Benarkah Daun Jarak Dapat Memperbesar Alat Vital Pria?

Oleh: Irma Garnesia - 2 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Penggunaan bahan yang belum terbukti ilmiahnya, dikhawatirkan akan menimbulkan alergi atau iritasi.
tirto.id - Sebuah unggahan mengenai khasiat daun jarak untuk alat vital pria tersebar di media sosial Facebook melalui akun bernama Ratu Makan (arsip). Unggahan berbentuk video itu menjelaskan cara untuk mengolah daun jarak untuk mendapat khasiat tersebut, dari ditumbuk hingga halus, dicampur dengan perasan lemon, lalu diperas, hingga terakhir dapat digunakan untuk membasuh alat kelamin pria. Unggahan itu mengklaim bahwa dengan mengikuti instruksi tersebut, ramuan ini bisa memperbesar alat vital pria.

Periksa Fakta Daun Jarak
Periksa Fakta Daun Jarak untuk Memperbesar Mr. P. (Facebook/Ratu Makan)


Unggahan berdurasi kurang lebih 4 menit ini telah tersebar sejak 6 Februari 2021 dan telah disaksikan sebanyak 110 ribu kali, dikomentari 88 orang, dan mendapat 1.500 likes per 2 September 2021.

Kemudian, bagaimanakah fakta dari klaim ini?


Penelusuran Fakta

Tirto menelusuri tanaman daun jarak seperti diklaim oleh unggahan Facebook tersebut. Tim Tirto menemukan lewat ensiklopedi Britannica bahwa tanaman jarak masuk dalam genus famili Euphorbiaceae. Menurut ensiklopedia Britannica, beberapa jenis tanaman jarak dari famili Euphorbiaceae adalah jarak pagar (Jatropha curcas) dan jarak kepyar (Ricinus communis).

Sementara itu, berdasarkan bentuk tanaman seperti di video, tanaman jarak yang sepertinya dimaksud adalah tanaman jarak pagar (Jatropha curcas). Tanaman ini memiliki tinggi 1 hingga 7 m dengan cabang yang tidak teratur. Jarak pagar juga berbatang kayu dan mengeluarkan getah apabila dipotong. Daunnya sendiri memiliki 3 hingga 5 sudut.

Menukil dari laporan penelitian yang dilakukan oleh Indah Retnowati dan Memen Surahman (2017), yang mengutip Mahmud (2006), tanaman jarak pagar dapat tumbuh di berbagai jenis lahan, misalnya di tanah dengan ketersediaan air dan unsur hara terbatas. Jarak pagar juga dapat tumbuh di daerah dengan lahan yang asam, daerah berbatu, berlereng, dan berbukit, atau di sepanjang saluran air dan batas kebun.

Cukup banyak penelitian yang mendukung klaim-klaim bahwa tanaman jarak bermanfaat untuk kesehatan. Penelitian yang dilakukan oleh Franky et al. (2017) menunjukkan bahwa getah daun jarak pagar memiliki efek antibakteri terhadap bakteri Streptococcus mutans, penyebab karies gigi.

Selanjutnya, penelitian Surahmaida et al. (2021) juga menemukan bahwa ekstrak metanol daun jarak pagar mengandung 28 senyawa kimia yang di antaranya berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, antijamur, antioksidan, bahkan antikanker.

Riani (2018) juga meneliti bagaimana tanaman jarak dapat bermanfaat untuk mengobati perut kembung pada bayi 0-2 tahun, sementara Irfan Guranda dan Hady Maulanza (2016) menemukan bahwa ekstrak daun jarak dapat menghambat pertumbuhan bakteri
Escherichia coli penyebab diare.


Namun, saat ini belum ada bukti ilmiah/penelitian yang dapat membuktikan khasiat daun jarak untuk memperbesar alat vital pria.

Hal ini juga disampaikan oleh dr. Rio Gasa Handriyo melalui situs kesehatan Alodokter. Dokter Rio belum bisa memastikan apakah daun jarak ini benar bisa memperbesar kemaluan pria atau tidak, selain juga belum diketahui dampak penggunaannya.

“Penggunaan bahan yang belum terbukti ilmiahnya, dikhawatirkan akan menimbulkan alergi atau iritasi," kata dr. Rio di laman tersebut (7/6/2020).

Dengan alasan itu, dr. Rio menyarankan untuk menghindari penggunaan daun jarak untuk memperbesar alat vital.

Kemudian, senada dengan dr. Rio, dr. Fiona Amelia dari situs Klikdokter juga menyampaikan bahwa hingga kini, tidak ada cara yang efektif untuk memperbesar alat vital pria, termasuk tindakan operasi.

“Produk-produk yang memberi janji dapat memperbesar kemaluan justru dapat 'merusak' kemaluan itu sendiri," katanya, menjawab sebuah pertanyaan yang disampaikan pada 26 Mei 2017.

Menurutnya, banyak produk yang menjanjikan dapat memperbesar alat kemaluan. Namun tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung penggunaan metode-metode nonoperatif untuk memperbesar alat vital, dan secara medis tidak dianjurkan pembesaran alat vital pria dengan cara operasi hanya untuk alasan kosmetik. Padahal, menurut dr. Fiona, beberapa metode yang ditawarkan untuk memperbesar kemaluan justru dapat menyebabkan impotensi.

Dokter Fiona juga menganjurkan agar seseorang berpikir matang-matang sebelum mencoba produk apapun yang diklaim dapat memperbesar alat vital. “Bukannya mendapatkan hasil yang diinginkan, malahan mendapatkan efek samping menjadi impoten,” tulis dr. Fiona.


Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran fakta yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa belum ada penelitian yang membuktikan bahwa daun jarak dapat memperbesar alat vital pria. Secara umum, bahkan belum ada bahan apapun yang terbukti bisa memperbesar alat vital pria. Dengan terbatasnya penelitian dan bukti ilmiah yang bisa membuktikan mengenai hal ini, penggunaan produk-produk tertentu termasuk daun jarak ditakutkan dapat memberi efek samping yang membahayakan. Dengan demikian, unggahan bahwa daun jarak dapat memperbesar alat kelamin pria bersifat salah dan menyesatkan (false & misleading).

==============

Tirto mengundang pembaca untuk mengirimkan informasi-informasi yang berpotensi hoaks ke alamat email factcheck@tirto.id atau nomor aduan WhatsApp +6288223870202. Apabila terdapat sanggahan ataupun masukan terhadap artikel-artikel periksa fakta maupun periksa data, pembaca dapat mengirimkannya ke alamat email tersebut.

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Irma Garnesia
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Irma Garnesia
Editor: Farida Susanty
DarkLight