Informasi Perawatan Kesehatan

Bagaimana Cara Memelihara Organ Peredaran Darah Manusia?

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif, tirto.id - 20 Sep 2022 22:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Organ peredaran darah manusia adalah organ tubuh yang berfungsi mengedarkan darah ke seluruh tubuh.
tirto.id - Cara memelihara organ peredaran darah manusia di antaranya beristirahat secara teratur, berolahraga rutin, membiasakan mengonsumsi makanan sehat, mengurangi alkohol, membatasi kafein, mengunyah permen karet, hingga melakukan yoga.

Organ peredaran darah manusia terdiri dari 3 komponen utama, yakni darah, pembuluh, darah, dan jantung.

Pertama, jantung merupakan organ tubuh manusia yang tersusun atas otot tebal dan kuat (miokardium). Organ ini terletak di rongga dada sebelah kiri dan berukuran sebesar kepalan tangan pemiliknya.

Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Beberapa bagian jantung seperti vena, aorta, arteri, serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, bilik kiri, hingga katup jantung.

Kedua, pembuluh darah adalah saluran mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh, begitupun sebaliknya. Pembuluh darah manusia terbagi 2: pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena).

Pembuluh nadi berfungsi membawa darah, yang kaya oksigen (O2) dari jantung ke seluruh tubuh. Sementara arteri merupakan pembuluh yang membawa banyak karbon dioksida (CO2) dari seluruh tubuh menuju jantung.

Terakhir, darah merupakan cairan dalam pembuluh darah, yang berfungsi mengatur keseimbangan asam, basa, mentransportasikan O2, hingga mengatur suhu tubuh.

Darah tersusun dari beberapa komponen seperti sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), kepingan darah (trombosit), dan plasma darah.

Gangguan Organ Peredaran Darah Manusia

Organ peredaran darah manusia dapat mengalami berbagai gangguan. Berikut ini beberapa gangguan yang dapat terjadi dalam organ peredaran darah manusia:

Hipertensi

Hipertensi (darah tinggi) merupakan penyakit yang disebabkan kekurangan gizi makanan. Akibat kekurangan tersebut, menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah yang disebabkan pendarahan hebat, kekurangan zat besi, hingga kanker. Seseorang yang didiagnosa mengidap anemia, biasanya merasakan beberapa tanda-tanda seperti cepat kelelahan, kerap sakit kepala, dan wajah pucat.

Stroke

Stroke adalah penyakit yang terjadinya karena penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah ke otak. Keadaan ini otomatis menghalangi asupan oksigen dan nutrisi ke otak.

Di samping itu, keadaan tersebut juga mengakibatkan saraf tubuh terganggu. Imbasnya, seseorang dapat mengalami sisi tubuh lumpuh, hingga gangguan penglihatan dan pendengaran.

Leukemia

Leukimia adalah penyakit yang disebabkan tubuh memproduksi sel darah putih berlebihan. Hal ini kemudian mengakibatkan sel darah putih memakan sel darah merah.

Cara Memelihara Organ Peredaran Darah Manusia


Meskipun gangguan peredaran darah dapat terjadi, resiko-resiko tersebut dapat dikurangi dengan melakukan beberapa aktivitas sebagai berikut:

    • Beristirahat dengan teratur dan cukup.
    • Berolahraga secara rutin.
    • Mengonsumsi makanan sehat, terlebih menu yang dapat membantu melancarkan peredaran darah.
    • Hindari asap rokok.
    • Mengurangi konsumsi alkohol
    • Minum teh hijau.
    • Mengurangi konsumsi kafein.
    • Mengunyah permen karet.
    • Melakukan yoga.
    • Melakukan peregangan tubuh.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Dhita Koesno

DarkLight