Aset Kripto Bernilai Emas Pertama di Indonesia

PT Xaurius Asset Digital memperkenalkan Xaurius (XAU), aset kripto bernilai emas pertama. FOTO/Dok.RIlis
PT Xaurius Asset Digital memperkenalkan Xaurius (XAU), aset kripto bernilai emas pertama di Indonesia.
2 Mei 2021
PT Xaurius Asset Digital memperkenalkan Xaurius (XAU), aset kripto bernilai emas pertama di Indonesia. Nilai satu Token XAU setara dengan 1 gram emas fisik yang bernilai 99,9 persen. Aset kripto bernilai emas masuk dalam kategori stablecoin, sehingga para penggunanya tidak perlu lagi khawatir terhadap harga yang fluktuatif. “XAU diterbitkan menggunakan smart contract dan ditransaksikan di blockchain. Ini memudahkan siapa saja untuk mengirimkan emas secara mudah dan lintas negara,” ujar Direktur Xaurius, Nicco D Lawrence, Senin (3/5/2021) di Jakarta.

Nicco menjelaskan, pihaknya memastikan bahwa harga 1 Token XAU setara dengan harga 1 gram emas fisik. Harganya mengikuti harga Emas Antam. “Harga XAU diperbarui setiap hari di situs resmi kami www.Xaurius.com. Sedangkan bukti cadangan emas akan diaudit oleh auditor independen. Kemudian hasil audit akan diterbitkan di situs resmi kami setiap tiga bulan,” imbuhnya.

Proses transfer XAU antar pengguna juga terhitung praktis dan cepat, cukup beberapa detik saja, karena menggunakan teknologi blockchain. Sebagai catatan XAU memanfaatkan keunggulan teknologi blockchain Ethereum dan Binance Smart Chain, sehingga pengguna dapat memilih platform mana yang mereka ingin gunakan. "Dengan XAU, Anda bisa membeli emas mulai dari Rp50 ribu saja. Secara praktis, Xaurius menjadikan transaksi emas semudah mata uang fiat," sebut Nicco.

Xaurius sendiri telah merampungkan road map-nya, di antaranya, memasifkan produk Xaurius dan akan segera meluncurkan versi aplikasi mobile yang dapat diunduh oleh pengguna iOS dan Android. Selain itu, ke depannya Xaurius akan merilis beragam macam fitur lainnya, seperti buy back guarantee dan lain sebagainya. Nicco juga menambahkan, untuk kedepannya XAU akan didaftarkan ke bursa aset kripto di Indonesia maupun luar negeri. “Itu yang akan memastikan perluasan akses terhadap XAU,” jelasnya.

Meskipun belum diperdagangkan di bursa aset kripto, namun peminat sudah bisa membeli XAU langsung di situs resminya, yaitu Xaurius.com. “Informasi terperinci cara membeli dan menyimpannya di crypto wallet, juga tersedia di situs kami Xaurius.com,” ujar Nicco, memungkas penjelasannya.

DarkLight