Menuju konten utama

Tugas dan Peran Proktor dalam Pelaksanaan AKMI Kemenag 2024

Apa saja peran proktor dalam pelaksanaan AKMI 2024? Berikut tugas, persyaratan, dan kriteria proktor AKMI yang diharuskan agar berstandar regulasi.

Tugas dan Peran Proktor dalam Pelaksanaan AKMI Kemenag 2024
Karyawan Badan Kepegawaian Daerah (PNS-BKD) Pemprov DKI beraktivitas pada hari pertama penerapan kebijakan bekerja dari rumah di kompleks Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta, Senin (21/8/2023). ANTARA FOTO/Reno Esnir/rwa.

tirto.id - Salah satu petugas penting yang ada dalam kegiatan asesmen AKMI Kemenag 2024 adalah proktor. Lantas, apa saja peran proktor, tugas, persyaratan, dan kriteria yang diharuskan agar berstandar regulasi?

Proktor AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) adalah tenaga kependidikan yang ditugaskan untuk menjadi admin komputer server. Dengan begitu, tugas utama mereka bertumpu perihal teknologi maupun sistem pendataan lewat perangkat.

Sebagai petugas yang memegang komputer beserta sistem asesmen, proktor dipersyaratkan mempunyai pengetahuan terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Berikut penjabaran rinci terkait tugas dan kriterianya.

Peran dan Tugas Proktor dalam AKMI 2024

Ilustrasi PNS Bekerja

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan aktivitas pada hari pertama masuk kerja usai libur Idul Fitri di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) gedung Balaikota, Jakarta, Kamis (21/6/2018). (ANTARA FOTO/ Reno Esnir)

Saat ujian berlangsung proktor ditugaskan untuk mengoperasikan aplikasi CBT Proktor. Computer Based Test yang digunakan proktor berfungsi untuk mengatur operasional sistem beserta akses ujian komputer klien.

Sebagaimana dikutip Pengantar Ketua PMU POS AKMI 2024, tugas proktor berwenang dalam aspek teknis aplikasi asesmen. Tugas proktor ini berbeda dengan teknisi AKMI yang lebih fokus ke perangkat keras penunjangnya.

Dengan begitu, proktor akan duduk di bangku khusus dan mengatur pelaksanaan ujian berdasarkan sistem. Merujuk pada sumber yang sama, proktor mempunyai peran mengatur sinkronisasi server madrasah ke pusat asesmen.

Adapun soal-soal yang sudah berhasil dikerjakan siswa akan dikirim ke pusat secara daring. Sementara dalam pelaksanaan ujian proktor akan menjalankan beberapa tugas berikut.

  • Login CBT Proktor;
  • Mengaktifkan ujian melalui menu sinkronisasi dan mengetuk “Aktivasi Ujian”;
  • Mengawasi peserta ujian, baik itu mereset akun, potret, ata memberikan teguran;
  • Menulis laporan berita acara ujian;
  • Mengirimkan jawaban peserta didik melalui menu sinkronisasi.

Persyaratan dan Kriteria Petugas Proktor AKMI

Ada beberapa syarat dan kriteria yang harus dipenuhi oleh petugas proktor AKMI 2024. Berikut ini daftar persyaratan beserta kriteria proktor tersebut.

  1. Guru atau tenaga pendidikan madrasah di seluruh Indonesia;
  2. Punya kompetensi di bidang TIK;
  3. Punya riwayat mengikuti pelatihan sebagai proktor asesmen;
  4. Menyetujui penugasan sebagai proktor di berbagai madrasah yang melaksanakan AKMI;
  5. Harus memahami Pedoman Operasional Penyelenggaraan AKMI;
  6. Bersedia menandatangani pakta integritas.
Adapun penetapan seorang proktor AKMI dilakukan oleh Kepala Madrasah yang menjalankan asesmen AKMI 2024. Mereka terlebih dahulu dimintai tandatangan terkait persetujuan menjadi petugas pelaksanaan asesmen.

Semua petugas, termasuk proktor, akan diminta hadir ke ruang sekretariat asesmen 30 menit sebelum ujian dimulai. Terlebih dahulu mereka diarahkan terkait pelaksanaan oleh Ketua Panitia, kemudian disuruh menandatangani pakta integritas.

Baca juga artikel terkait AKMI 2024 atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Edusains
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani