Apa itu Internet, Fasilitas, Istilah, dan Manfaat

Oleh: Septiany Amanda - 19 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Internet atau interconnected-network merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam web.
tirto.id - Perkembangan teknologi saat ini khususnya teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah paradigma manusia dalam mendapatkan informasi dan berkomunikasi, yang kini tidak lagi terbatasi oleh dimensi ruang dan waktu.

Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat membantu semua insan manusia di dunia ini dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan di mana pun dan kapan pun waktu yang diinginkan.

Salah satu bidang yang tersentuh dampak perkembangan teknologi adalah dunia pendidikan.

Sebagai sebuah sumber informasi yang hampir tak terbatas, maka jaringan Internet memenuhi kapasitas dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran dalam dunia pendidikan.

Menurut KBBI Kemdikbud, internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Mengutip Modul Internet Dasar, internet atau interconnected-network merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam web.

Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

Media yang digunakan bisa melalui sambungan telepon, kabel dan satelit atau wireles (jaringan tanpa kabel).

Dalam Modul Pengenalan Perangkat TIK Dasar Kemdikbud menjelaskan ada sejumlah fasilitas, istilah, dan manfaat dari Internet, yaitu sebagai berikut:


Fasilitas Internet

Berselancar (browsing/surfing) adalah sebuah layanan pada internet yang berfungsi
untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi.

Surat Elektronik (email - electronic mail) adalah sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim email kita harus mempunyai email (mailbox). Biasanya disingkat dengan surel (surat elektronik);

Internet relay chat (chatting) adalah fasilitas yang digunakan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.

Istilah dalam Internet

WWW (world wide web) adalah sebuah istilah yang diberikan untuk seluruh bagian internet yang dapat diakses pengguna melalui semua web browser.

Situs web (website) adalah sebuah kumpulan dari halaman web yang saling berhubungan dan dapat diakses melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser, dan juga jaringan internet.

Laman web (web page) adalah suatu halaman yang ditampilkan pada suatu website di internet. Web page dapat menampilkan tulisan/teks, gambar, video, dan suara. Web page jika diibaratkan seperti sebuah halaman yang ada dalam buku. Web page digunakan untuk menunjukan suatu halaman website.

Laman utama (homepage) adalah halaman utama, halaman pertama, halaman pembuka dari suatu situs web. Homepage merupakan halaman yang paling penting pada suatu website karena merupakan halaman utama dan halaman yang di-index terlebih dahulu oleh search engine sebelum halaman-halaman yang lain pada suatu website.

Peramban web (browser) adalah program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Web sebagai hasil output yang informatif. Beberapa contoh yang peramban web populer ialah Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Internet Explorer, dan Safari.

Mesin pencari web (search engine) dikenal dengan mesin pencari adalah suatu fasilitas internet yang digunakan untuk melakukan pencarian produk, jasa, dan informasi dalam sebuah website. Jadi dengan mesin pencari kita dapat menemukan bermacam-macam produk sesuai dengan keinginan kita.


Manfaat Internet

Mempermudah pencarian referensi internet mempermudah pencarian literatur.

Menyediakan fasilitas multimedia sebagai penyedia informasi, internet memiliki banyak kelebihan daripada buku.

Internet dapat dijadikan alat untuk berdiskusi dengan anak didik agar pengetahuan anak didik itu semakin luas.

Internet dapat menunjang pelajar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu.

Memudahkan komunikasi internet dapat digunakan untuk saling berkomunikasi melalui email, video, konferensi jarak jauh, forum, dan sosial media.


Baca juga artikel terkait INTERNET atau tulisan menarik lainnya Septiany Amanda
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Septiany Amanda
Editor: Ibnu Azis
DarkLight