Menuju konten utama

60 Soal PAT Informatika Kelas 7 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Kumpulan contoh soal PAT Informatika kelas 7 semester 2 bisa menjadi bahan belajar dan latihan siswa jelang ujian. Berikut ini 60 contoh soal di antaranya.

60 Soal PAT Informatika Kelas 7 Semester 2 dan Kunci Jawaban
Sejumlah siswa tunanetra mengerjakan soal Bahasa Indonesia braile ketika ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) di SMPLB-A YPAB, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (2/5). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

tirto.id - Kumpulan contoh soal PAT Informatika kelas 7 semester 2 beserta kunci jawabannya berikut ini bisa digunakan oleh para peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Kumpulan soal Informatika kelas 7 semester 2 juga dapat dimanfaatkan oleh pendidik sebagai referensi dalam membuat soal ujian. Adapun PAT adalah suatu kegiatan yang dilakukan di akhir semester guna mengukur prestasi siswa.

Adapun agenda PAT mengikuti kebijakan dinas pendidikan daerah. Jadwal PAT di setiap sekolah bisa berbeda-beda atau tidak serentak. Diperkirakan, pelaksanaan PAT berjalan pada awal bulan Juni 2024.

Kisi-Kisi Materi UAS Informatika Kelas 7 Semester 2

Mengenai mata pelajaran (mapel) yang diujikan saat PAT meliputi semua materi mapel yang sudah dipelajari selama semester 2, termasuk Informatika. Adapun materi UAS Informatika kelas 7 semester 2 ialah sebagai berikut:

  • Fungsi perangkat keras dan sistem operasi;
  • Mengenali mati/hidup komputer yang wajar atau bermasalah;
  • Mengenali elemen program dan lingkungan yang dijelaskan, primitif eksekusi dan efeknya jika dieksekusi;
  • Dampak sosial TIK;
  • Menulis ulang sebuah program visual;
  • Mematikan dan menghidupkan komputer, dan pemahaman setiap langkah serta pesan yang terjadi;
  • Prosedur mematikan komputer;
  • Macam-macam interaksi dengan komputer dan piranti masukan/keluar; fungsi/kegunaannya, kelebihan/kekurangannya;
  • Pengolah angka dan objek-objeknya, formula;
  • Mengenali elemen program dan lingkungan yang dijelaskan, primitif eksekusi dan efeknya jika dieksekusi.

Kumpulan Soal Informatika Kelas 7 Semester 2

Ujian PAT ini termasuk bagian dari penerapan Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan di berbagai satuan pendidikan sejak tahun 2022 lalu. Melalui Kurikulum Merdeka, proses pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan para peserta didik.

Adapun dalam pelaksanaan PAT, terdapat beberapa mata pelajaran yang akan diujikan salah satunya Informatika. Berkaitan dengan PAT tersebut, peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri sebelum ujian dilaksanakan dengan banyak mengerjakan latihan soal Informatika kelas 7 semester 2 Kurikulum Merdeka beserta jawabannya.

Berikut ini kumpulan contoh soal PAT Informatika kelas 7 semester 2 yang disertai dengan kunci jawabannya. Adapun kunci jawaban terletak di bawah soal dan dicetak miring atau italic.

Contoh Soal Ujian Informatika Kelas 7 Semester 2 Pilihan Ganda

1. Perangkat yang datanya hanya bisa dibaca, namun tidak bisa diubah atau ditulis ulang adalah....

a. Flash drive

b. ROM

c. CD Room

d. CD-R

Jawaban: D

2. Perangkat komputer yang berfungsi mengonversi sinyal digital menjadi gambar adalah...

a. LAN Card

b. Kartu Suara

c. Kartu Grafis

d. Wifi Card

Jawaban: C

3. Perangkat yang memiliki slot untuk menyambungkan perangkat lain adalah...

a. Memori

b. Kartu suara

c. Motherboard

d. Wifi Card

Jawaban: C

4. Perangkat yang sering digunakan untuk koneksi peer to peer adalah....

a. LAN Card

b. Bluetooth

c. Modem

d. Wifi Card

Jawaban: A

5. Antarmuka yang menggunakan karakter untuk memberikan perintah disebut....

a. CUI

b. GUI

c. Menu-driven

d. Mobile UI

Jawaban: A

6. Antarmuka yang biasa digunakan dalam sistem otomatis di restoran adalah....

a. Touchscreen

b. GUI

c. Menu-driven

d. CUI

Jawaban: A

7. Yang memerlukan kartu grafis dengan spesifikasi tinggi adalah....

a. Game catur, musik youtube

b. Download file, streaming

c. Game online resolusi tinggi

d. Film online

Jawaban: A

8. Komponen untuk menampilkan game atau film dengan resolusi terbaik kecuali adalah...

a. Kartu grafis

b. Kartu suara

c. Prosesor

d. Media penyimpanan besar

Jawaban: C

9. Alasan perusahaan lebih memilih sidik jari daripada retina adalah, kecuali....

a. Memudahkan pengguna

b. Lebih aman

c. kecepatan waktu

d. Lebih murah

Jawaban: B

10. Perangkat penyimpanan yang menggunakan teknologi magnetik adalah, kecuali...

a. Blu-ray disk

b. Harddisk

c. Flash drive

d. Memori

Jawaban: D

11. Media penyimpanan yang tidak dapat ditulis ulang adalah...

a. DVD-R

b. DVD RW

c. DVD+R

d. CD+R

Jawaban: D

12. Keunggulan jaringan serat optik dibandingkan dengan telepon, kecuali...

a. Transfer cepat

b. Jangkauan data jauh

c. Koneksi lama

d. Menggunakan sinyal cahaya

Jawaban: C

13. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan perangkat yang terhubung ke komputer disebut perangkat....

a. Sistem Operasi

b. Pemrograman

c. Driver

d. Sistem operasi tools

Jawaban: D

14. Yang bukan merupakan fungsi dari sistem operasi adalah.....

a. Mengatur ruang memori

b. Mengatur ruang penyimpanan di hardisk

c. Membagi hardisk menjadi beberapa partisi

d. Mengatur proses input dan output ke komputer

Jawaban: D

15. Jika sebuah perangkat dihubungkan ke komputer namun tidak dikenali oleh komputer, hal ini berkaitan dengan sistem operasi sebagai....

a. Mengatur ruang memori

b. Mengatur ruang penyimpanan di hardisk

c. Membagi hardisk menjadi beberapa partisi

d. Mengatur proses input dan output ke komputer

Jawaban: C

16. Ketika komputer menerima input dari keyboard dan mouse secara bersamaan, tugas sistem operasi adalah …..

a. Mengatur antrian input data untuk diproses secara bergantian

b. Mengatur ruang memori untuk mengatur ruang sementara input yang diberikan

c. Mengatur ruang penyimpanan untuk menyimpan input dari dua perangkat yang berbeda

d. Mengenali perangkat keyboard dan mouse agar dapat digunakan.

Jawaban: A

17. Sistem operasi yang dikembangkan dengan sumber pengembangan yang sama adalah....

a. DOS dan IOS

b. Linux dan Android

c. Windows dan Unix

d. Windows dan IOS

Jawaban: D

18. Yang bukan merupakan kelebihan OS Android dibandingkan dengan Apple iOS adalah ....

a. Banyak aplikasi tersedia di playstore

b. Dapat diinstal di berbagai mobile phone

c. Harga smartphone yang beragam

d. Konsumsi listrik hemat

Jawaban: A

19. Yang bukan bagian dari desktop Windows adalah…..

a. Taskbar

b. Tombol Start

c. Shortcut

d. Scrollbar

Jawaban: B

20. Tindakan yang tidak termasuk dalam upaya mengurangi limbah elektronik adalah….

a. Membeli perangkat yang memenuhi standar green technology

b. Mendonasikan perangkat komputer yang sudah tidak dipakai

c. Menggunakan hardisk jenis SSD

d. Melakukan daur ulang perangkat komputer

Jawaban: D

21. Yang bukan merupakan perangkat lunak pemrograman adalah …..

a. Borland Delphi

b. wxDev C++

c. Visual Studio

d. Lotus Word Pro

Jawaban: D

22. Perangkat lunak yang digunakan untuk menghemat penggunaan ruang harddisk adalah …..

a. Disk Compression Utility

b. Partisi Disk

c. System Information tools

d. Backup Utility

Jawaban: D

23. Perangkat lunak yang membuat file yang dikirimkan melalui internet menjadi lebih kecil adalah...

a. Antivirus

b. Disk Defragmenter

c. Disk Compression Utility

d. System Information tools

Jawaban: D

24. Perangkat lunak yang dapat diunduh secara gratis tetapi hanya untuk periode tertentu adalah …..

a. Freeware

b. Adware

c. Shareware

d. Demo software

Jawaban: D

25. Lisensi perangkat lunak yang kurang disukai pengguna karena adanya iklan adalah …..

a. Retail Software

b. Adware

c. Public domain software

d. freeware

Jawaban: C

26. Algoritma adalah…..

a. Langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis

b. Langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara acak dan logis

c. Langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis berdasarkan abjad

d. Langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis berdasarkan nomor

Jawaban: B

27. Karakteristik dari algoritma meliputi:

(1) Tertata dengan baik

(2) Jelas

(3) Dapat dihitung secara efektif

(4) Acak

Dari pernyataan di atas, yang benar adalah….

a. 1,2,3, dan 4

b. 1,2, dan 3

c. 1, dan 4

d. 2, dan 4

Jawaban: D

28. Algoritma bisa dibuat dalam bentuk…..

a. Kode program dan blok kode

b. Pseudocode dan blok kode

c. Kode program dan flowchart

d. Flowchart dan Pseudocode

Jawaban: D

29. Blok kode yang berfungsi untuk menyimpan kode yang mengatur tampilan program disebut....

a. Blok Events

b. Blok Control

c. Blok Sensing

d. Blok Looks

Jawaban: C

30. Blok kode yang berfungsi untuk menyimpan kode yang merespons kejadian-kejadian disebut....

a. Blok Events

b. Blok Control

c. Blok Sensing

d. Blok Looks

Jawaban: A

31. Blok kode yang menyimpan kode untuk pengecekan kondisi, perulangan, dan lainnya disebut....

a. Blok Events

b. Blok Control

c. Blok Sensing

d. Blok Looks

Jawaban: A

32. Blok kode yang menyimpan kode untuk memicu dijalankannya blok kode lainnya disebut....

a. Blok Events

b. Blok Control

c. Blok Sensing

d. Blok Looks

Jawaban: B

33. Berpikir komputasional artinya:

(1) Melatih diri bekerja secepat komputer

(2) Memecah masalah kompleks menjadi sederhana

(3) Membuang informasi yang tidak penting

(4) Menyusun solusi dengan langkah-langkah logis dan sistematis

Dari pernyataan di atas, yang benar adalah….

a. 1,2, dan 3

b. 2,3, dan 4

c. 3, dan 4

d. 1,2,3, dan 4

Jawaban: D

34. Berikut ini yang bukan merupakan perangkat pada komputer adalah...

A. Hardware

B. Software

C. Brainware

D. Malware

Jawaban: D

35. Perangkat yang digunakan untuk pemrosesan data dengan menjalankan beberapa perintah mesin disebut...

A. Hardware

B. Software

C. Brainware

D. Malware

Jawaban: A

36. Sistem operasi dan aplikasi komputer merupakan…

A. Perangkat Keras

B. Perangkat Lunak

C. Perangkat Pengguna

D. Perangkat Virtual

Jawaban: B

37. Perangkat lunak yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi dalam bahasa pemrograman disebut...

A. Perangkat Sistem Operasi

B. Perangkat Lunak Bahasa

C. Perangkat Lunak Paket

D. Perangkat Lunak Virtual

Jawaban: A

38. Perangkat lunak yang dibuat oleh Software House untuk menyelesaikan pekerjaan umum disebut...

A. Perangkat Sistem Operasi

B. Perangkat Lunak Bahasa

C. Perangkat Lunak Paket

D. Perangkat Lunak Virtual

Jawaban: C

39. Fungsi perangkat lunak, kecuali...

A. Penyedia fungsi dasar

B. Penghubung antar Software

C. Pengatur berbagai Hardware

D. Perusak komponen Komputer

Jawaban: D

40. Perangkat lunak yang kode sumbernya tidak diberikan dan tidak dibuka secara umum oleh pengembangnya disebut...

A. Freeware

B. Shareware

C. Open Source

D. Close Source

Jawaban: D

41. Perangkat lunak yang diberikan secara gratis dengan fitur terbatas dan batas waktu disebut...

A. Freeware

B. Shareware

C. Open Source

D. Close Source

Jawaban: B

42. Fasilitas yang disediakan oleh Microsoft Windows untuk mengelola file pada sistem komputer disebut...

A. Windows Desktop

B. Windows Explorer

C. Windows Virtual

D. Windows Tracking

Jawaban: B

43. Istilah data dalam sistem komputer adalah...

A. File

B. Type

C. Function

D. Command

Jawaban: A

44. Ruang penyimpanan data pada Windows Explorer yang dikelompokkan berdasarkan jenis data tertentu disebut...

A. File

B. Field

C. Folder

D. Function

Jawaban: C

45. Perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengerjakan data perhitungan, grafik, dalam bentuk tabel adalah...

A. Microsoft Office Word

B. Microsoft Office Excel

C. Microsoft Office Powerpoint

D. Microsoft Office Access

Jawaban: B

46. Tampilan lembar kerja di Microsoft Office Excel disebut...

A. Document

B. Worksheet

C. Slide

D. Form

Jawaban: B

47. Berikut ini yang bukan merupakan versi dari Microsoft Office Excel adalah...

A. 3.1, 95, 98

B. ME, 2000, XP

C. 3.0, 4.0, 5.0

D. 2007, 2010, 2013

Jawaban: C

48. Pada lembar kerja Microsoft Office Excel versi 2007, 2010, 2013, jumlah baris yang tersedia adalah...

A. 65.536

B. 16.348

C. 1.048.576

D. 1.048.776

Jawaban: C

49. Kotak horizontal dalam tabel Microsoft Office Excel disebut...

A. Row

B. Column

C. Cell

D. Range

Jawaban: A

50. Pertemuan antara baris dan kolom yang membentuk kotak data disebut...

A. Row

B. Column

C. Cell

D. Range

Jawaban: C

51. Gabungan dari beberapa sel yang diarsir atau diblok disebut...

A. Row

C. Cell

B. Column

D. Range

Jawaban: D

52. File atau dokumen yang terdiri dari beberapa lembar kerja disebut…

A. Sheet

B. Workbook

C. Row

D. Column

Jawaban: A

53. Langkah-langkah yang benar untuk memberi batas garis (border) pada tabel adalah...

A. Blok tabel, Klik Kanan 1x, Border, Format Cell

B. Blok tabel, Format Cell, Klik Kanan 1x, Border

C. Blok tabel, Klik Kanan 1x, Format Cell, Border

D. Blok tabel, Border, Klik Kanan 1x, Format Cell

Jawaban: B

54. Proses berpikir yang dibutuhkan untuk memformulasikan masalah dan solusinya disebut...

A. Conceptual Thinking

B. Sequential Thinking

C. Computational Thinking

D. Conventional Thinking

Jawaban: C

55. Tahapan yang benar dalam menyelesaikan dan memecahkan masalah pada sistem komputer menggunakan Computational Thinking adalah...

A. Decomposition, Abstraction, Pattern Recognition, Algorithm

B. Decomposition, Abstraction, Algorithm, Pattern Recognition

C. Decomposition, Pattern Recognition, Abstraction, Algorithm

D. Decomposition, Pattern Recognition, Algorithm, Abstraction

Jawaban: C

56. Penyelesaian masalah sistem komputer dengan menggunakan pola-pola tertentu disebut...

A. Decomposition

B. Pattern Recognition

C. Abstraction

D. Algorithm

Jawaban: B

Contoh Soal Ujian Informatika Kelas 7 Semester 2 Essay

57. Untuk mempermudah pembuatan program, ada yang disebut dengan Flowchart. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Flowchart tersebut!

Jawaban: Flowchart adalah urutan proses program secara detail dengan menggunakan gambar atau simbol.

58. Dalam pemrograman Scratch Offline 2 editor, ada yang disebut Sprite. Jelaskan langkah-langkah untuk mengganti sprite tersebut!

Jawaban: Langkah-langkah untuk mengganti sprite tersebut pada pemrograman scratch adalah sebagai berikut:

  • Klik Pilih Sprite dari Pustaka pada bagian Sprite baru
  • Pilih objek Sprite yang diinginkan, misal abby
  • Klik OK

59. Dalam pemrograman Scratch Offline 2 editor, ada yang disebut Backdrop/Latar Baru. Jelaskan langkah-langkah untuk mengganti Backdrop/Latar Baru tersebut!

Jawaban: Langkah-langkah untuk mengganti Backdrop/Latar Baru adalah sebagai berikut:

  • Klik Pilih Latar dari Pustaka pada bagian Latar baru
  • Pilih objek Latar yang diinginkan, misal atom playground
  • Klik OK

60. Jelaskan mengapa penyedia aplikasi transportasi online dapat lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan taksi konvensional!

Jawaban: Aplikasi transportasi online dapat lebih unggul dibandingkan perusahaan taksi konvensional karena:

  • Tarif yang bisa dilihat melalui aplikasi online oleh pengguna;
  • Pelayanan dan keamanan lebih terjamin dikarenakan ditanggung pihak perusahaan transportasi online;
  • Menggunakan teknologi yang mendukung dan memudahkan pengguna dalam pemakaian;
  • Tampilan kendaraan lebih bagus dibanding taksi konvensional.

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ibnu Azis