5 Wisata Alam Malang: Gunung Bromo, Pulau Sempu, Hingga Air Terjun

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 5 September 2019
Dibaca Normal 2 menit
Salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Malang dan mendunia adalah Gunung Bromo.
tirto.id - Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata alam yang bisa dikunjungi saat liburan. Kabupaten ini merupakan daerah terluas kedua di Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi.

Kabupaten Malang juga merupakan kabupaten terluas ketiga di Pulau Jawa setelah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Sukabumi di Provinsi Jawa Barat. Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya.

Kabupaten Malang berbatasan langsung dengan Kota Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasurua, dan Kota Batu di utara, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri di barat.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Malang merupakan pegunungan yang berhawa sejuk, sehingga dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Jawa Timur.

Salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Malang dan mendunia adalah Gunung Bromo. Gunung ini sebenarnya tidak terletak persis di Kabupten Malang, tetapi di empat wilayah yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Selain Bromo, Malang juga memiliki wisata alam lain seperti air terjun, pemandian, dan pantai. Berikut ini wisata-wisata alam di Malang yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi liburan.

  • Gunung Bromo
Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini dan berada di empat, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Salah satu yang menarik dari Gunung Bromo selain keindahannya adalah karena statusnya masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Bagi suku Tengger, Gunung Bromo dipercaya sebagai gunung suci. Setiap tahun, masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo dan dilanjutkan ke puncak Bromo.

Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

  • Pulau Sempu
Pulau Sempu terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis ini merupakan cagar alam yang dikelola Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur.

Pulau Sempu memiliki berbagai jenis ekosistem mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh pulau.

Di tengah pulau terdapat semacam laguna atau danau berair asin yang bernama Segara Anakan. Danau ini terhubung dengan laut melalui suatu celah karang.

  • Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo terletak di Kecamatan Pujon, Kota Batu, Kabupaten Malang. Lokasi air terjun ini bisa dijangkau dengan kendaraan umum.

Akses yang paling mudah adalah melalui jalan raya dari Malang ke Batu dari sebelah timur atau dari Kediri ke Pare menuju Malang dari arah barat.

Coban Rondo terletak pada ketinggian 1.135 m di atas permukaan laut. Coban Rondo sebenarnya merupakan bagian dari kelompok air terjun bertingkat, dimulai dengan air terjun kembar bernama Coban Manten yang bergabung menjadi satu dinamakan Coban Dudo, dan mengalir ke bawah dengan nama Coban Rondo.

  • Sumber Sira Putukrejo
Mata air Sumber Sira ini terletak di Desa Sumberjaya, Gondanglegi. Tempat wiasata ini berupa mata air tawar yang sangat jernih. Di dalamnya terdapat ikan-ikan kecil dan tanaman-tanaman air.

Mata air ini bisa untuk berenang atau snorkling. Di lokasi tersebut juga terdapat tempat penyewaan kaca mata renang dan gogle untuk snorkling.

  • Pantai Balekambang
Pantai Balekambang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Daya tarik Balekambang adalah keindahan alam, berupa pantai dan hamparan pasir yang luas.

Area pasir putih terlihat bersih dari sampah maupun kotoran sehingga cukup nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga. Bahkan tak jarang di pantai ini menjadi tempat latihan sejumlah klub sepak bola.

Pantai ini kerap disebut-sebut mirip Tanah Lot, karena terdapat pura bernama Amerta Jati yang berada agak di tengah laut. Balekambang juga dikenal sebagai salah satu tempat untuk melihat sunset di Malang.


Baca juga artikel terkait WISATA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight