Daftar Wisata Bogor: Gunung Pancar, Situ Gede, Hingga Curug Seribu

Oleh: Balqis Fallahnda - 5 September 2019
Dibaca Normal 3 menit
Wisata Alam Kota Bogor: Situ Gede, Gunung Pancar, Air Panas Tirta Sanita Ciseeng, Telaga Warna, & Curug Seribu
tirto.id - Melepaskan penat dari hiruk pikuk kota agaknya sudah menjadi kebutuhan bagi kaum perkotaan. Rutinitas padat yang berjalan cepat setiap harinya merupakan pemicu stres yang nyata.

Berlibur dengan menghirup udara segar yang masih alami bersama keluarga dan orang terdekat adalah escape plan yang tepat untuk merenggangkan pikiran atau sekadar merecharge kembali energi.

Namun, acap kali untuk mendapatkan suasana alami yang masih terawat, kita harus bepergian ke tempat yang jauh dari pusat kota.

Untuk mereka dengan kendala tersebut, Wisata Alam Kota Bogor dapat menjadi pilihan tepat.

Telaga Warna Puncak Bogor

Berlokasi di sekitar Gunung Lemo dan Gunung Mega Mendung, Telaga Warna Puncak Bogor menawarkan keindahan alami yang dapat memanjakan mata para pengunjung.

Lokasi Telaga Warna ini terletak di dekat Perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas membuat Telaga Warna Puncak Bogor memiliki hawa sejuk dan segar.

Tempat wisata ini juga dilengkapi berbagai macam fasilitas seperti area outbond, track alam, shelter, pos jaga, pusat informasi, dan menara pengintai burung.

Dinamakan Telaga Warna karena warna air dapat berubah-ubah karena pantulan cahaya matahari dari pohon-pohon yang tumbuh di sekitarnya, pantulan tersebut kemudian menyebabkan timbulnya gradasi warna yang beraneka ragam.

Seperti kebanyakan wisata alam yang ada di Indonesia, Telaga Warna Puncak Bogor memiliki mitos yang menambah keeksotisannya.

Konon, Telaga Warna terbentuk karena luapan rasa sedih Prabu Suarnalaya dan Permaisurinya Purbamanah atas sikap kasar putri mereka Putri Ayu Kencana Ungu.

Wisata alam Telaga Warna Puncak Bogor dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Bagi yang berminat untuk berkunjung ke Telaga Warna Puncak Bogor, harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang pada hari biasa dan Rp7.500 pada hari libur untuk tiket masuknya.

Situ Gede

Situ Gede terletak di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, Situ Gede memiliki luas hingga 6 hektar dan dengan kedalaman hingga 6 meter. Awalnya sebelum terkenal dan dijadikan tempat wisata, Situ Gede berfungsi untuk pengairan sawah masyarakat sekitarnya.

Danau yang berlokasi 25 menit dari Kota Bogor ini menawarkan keindahan alam dan udara sejuk, karena berlokasi di tepi hutan Dramaga, sebuah hutan penelitian milik Departemen Kehutanan Republik Indonesia yang terletak bersebelahan langsung.

Jika mengunjungi tempat ini, mengajak orang terdekat untuk memancing atau sekedar mendayung perahu bersama adalah pilihan yang wajib dicoba.

Hal yang unik yang dimiliki Situ Gede ini adalah adanya makam Eyang Prabudilaya seorang tokoh penguasa yang melegenda, yang terletak di pulau kecil di tengah danau.

Keindahan Situ Gede sudah sangat tersohor, terbukti dengan banyaknya film yang syuting di tempat ini.

Tiket masuk ke Situ Gede sangat terjangkau, cukup dengan merogoh kocek Rp4.000 untuk orang dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak.


Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Berendam di air hangat untuk melemaskan otot-otot yang tegang setelah beraktifitas memang sangat baik untuk tubuh. Air hangat juga bagus untuk kesehatan kulit.

Berlokasi di Desa Bojong Indah, Ciseeng, Kecamatan Parung, Bogor. Sumber air panas ini bukan hanya pemandian biasa. Dikelilingi dengan tumbuhan hijau yang masih asri serta terletak di ketinggian, Air Panas Trita Sanita selalu berhasil menyuguhkan suasana alami untuk bersantai.

Karena tempatnya yang berada di ketinggian, maka pengunjung dapat melihat keindahan Kota Bogor sembari berendam. Menunggu sunset pada sore hari juga patut di coba jika berkunjung ke sana.

Bagi para pencinta foto-foto kece yang instagramable, wajib untuk berkunjung dan mengabadikan momen dengan berbagai gaya dan angle foto menarik.

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Tiket masuk terbilang terjangkau yakni, Rp15.000 untuk orang dewasa dan Rp.10.000 untuk anak-anak.

Gunung Pancar

Gunung Pancar merupakan salah satu alternatif tempat wisata alam Bogor yang wajib dikunjungi.

Terletak di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Gunung ini menyajikan keindahan hutan pinus serta berbagai vegetasi yang hidup dan tumbuh, yaitu Rasamala, Puspa, Pasang, Beringin, dan masih banyak lagi.

Dikelola dengan baik, Gunung Pancar menyediakan fasilitas lengkap bagi para pengunjungnya untuk mengadakan Camping, Glamping, Team Building, hingga Outbound.

Keindahan hutan pinus yang ditawarkan membuat Gunung Pancar menjadi tempat favorit bagi para pecinta fotografi, terbukti dengan banyaknya sesi foto pranikah yang diadakan di sini. Tentu, tempat ini juga digilai para pemburu spot instagramable.

Melansir laman resminya, Gunung Pancar dibuka setiap hari dengan biaya tiket masuk pada hari kerja yakni Rp5.000/orang, Rp10.000/mobil, Rp5.000/motor, dan Rp100.000/Warga Negara Asing. Sedangkan, untuk biaya tiket masuk pada akhir pekan atau libur nasional yakni, Rp7.500/orang, Rp15.000/mobil, Rp7.500/motor, dan Rp150.000/Warga Negara Asing.

Curug Seribu

Bagi para wisatawan pecinta alam, Curug Pangeran dapat menjadi pilihan bagus. Saat sampai di sana, pengunjung akan disuguhi air terjun setinggi 6 meter dengan air yang sangat jernih berwarna hijau kebiruan, yang dapat menggoda semua pengunjung untuk berendam dan mandi di sana.

Curug Seribu berada di Desa Gunung Picung,Pamijahan,Bogor,Jawa Barat, dalam lingkup kawasan Wisata Gunung Bunder Taman Nasional Halimun Salak. Berlokasi sekitar 5 menit dari Penginapan Pondok Rasamala.

Meski harus sedikit trekking untuk mencapainya, keindahan dan kesegaran alam yang disuguhkan Curug Seribu tidak akan membuat pengunjung menyesal.

Dibuka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00, tiket masuk Curug Seribu bisa dibilang terjangkau, yaitu berkisar Rp10.000 hingga Rp20.000 per orang.








Baca juga artikel terkait WISATA atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight