5 Jenis Makanan & Minuman Pemicu Kanker: Susu, Gula, Hingga Alkohol

Oleh: Destri Ananda Prihatini - 2 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jenis makanan pemicu timbulnya penyakit kanker: susu, gula dan karbohidrat olahan, hingga minuman alkohol.
tirto.id - Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penyakit ini terjadi ketika ada perubahan sel tubuh yang menyebabkan pertumbuhan dan pembelahan sel yang tidak terkendali, demikian seperti diwartakan Medical News Today,

Penyakit kanker dapat ditimbulkan dari gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu yang terlalu sering sehingga dapat meningkatkan risiko kanker,

Sebuah studi yang dipublikasikan Healthline mengungkapkan, perubahan gaya hidup sederhana, seperti melakukan diet sehat dapat mencegah risiko terjadinya kanker hingga 50 persen.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat memicu kanker:

1. Susu

Dikutip dari Physicians Committee for Responsible (PCRM), beberapa penelitian mengindikasikan bahwa kebiasaan mengonsumsi susu dapat meningkatkan risiko terkena kanker prostat.

Susu juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker ovarium dengan intoleransi laktosa.

Dalam sebuah studi yang diikuti oleh hampir 4 ribu pria dengan kanker prostat diketahui bahwa asupan susu murni dapat meningkatkan risiko perkembangan penyakit kanker hingga menyebabkan kematian.

2. Gula dan Karbohidrat Olahan

Makanan olahan yang memiliki kandungan gula tinggi dan rendah serat berkaitan terhadap risiko kanker yang lebih tinggi.

Secara khusus, para peneliti telah menemukan bahwa diet yang menyebabkan kadar glukosa darah meningkat terkait dengan peningkatan risiko beberapa jenis kanker seperti kanker perut, kanker payudara, dan kanker usus besar.

Sebuah studi yang melakukan riset pada 47 ribu orang dewasa juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan hampir dua kali lipat berkemungkinan meninggal akibat kanker usus besar dibandingkan dengan yang memakan rendah karbohidrat murni.

Faktor terjadinya risiko kanker adalah karena kadar glukosa darah dan insulin yang lebih tinggi. Insulin telah terbukti merangsang pembelahan sel, mendukung pertumbuhan dan penyebaran sel kanker sehingga membuatnya lebih sulit dihilangkan.

3. Makanan terlalu matang

Memasak makanan tertentu dalam suhu tinggi seperti memanggang atau menggoreng, dapat menghasilkan senyawa berbahaya seperti senyawa heterosiklik dan advanced glycation end-products (AGEs) yang dapat berperan dalam peradangan dan mengembangkan sel kanker maupun penyakit lainnya apabila dikonsumsi secara berlebihan.

4. Daging Olahan

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) mengindikasikan bahwa di dalam produk daging olahan, termasuk ham, sosis, bacon, dan hot dog mengandung senyawa karsinogen, zat yang dapat menyebabkan kanker.

5. Minuman beralkohol

Minuman alkohol memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Menurut American Cancer Society, meminum alkohol dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Semakin banyak seseorang mengonsumsi alkohol maka risiko terkena kanker akan semakin meningkat.

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) juga telah mengelompokkan minuman beralkohol sebagai minuman yang bersifat karsinogenik.



Baca juga artikel terkait PENYAKIT KANKER atau tulisan menarik lainnya Destri Ananda Prihatini
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Destri Ananda Prihatini
Penulis: Destri Ananda Prihatini
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight