tirto.id - Soal PPPK Teknis Operator Layanan Operasional dan jawabannya bisa dijadikan bahan belajar bagi para peserta seleksi sebelum menghadapi ujian seleksi kompetensi.
Seleksi PPPK 2024 dibagi menjadi dua periode dengan rangkaian jadwal yang berbeda-beda. Seleksi kompetensi periode pertama akan berlangsung 2 – 19 Desember 2024. Sementara itu, seleksi kompetensi periode kedua akan digelar pada 17 April – 16 Mei 2024.
Seleksi PPPK 2024 periode pertama ditujukan untuk pelamar prioritas, mereka adalah eks tenaga honorer kategori II dan tenaga non ASN terdata BKN.
Di sisi lain, seleksi PPPK 2024 periode kedua ditujukan untuk pelamar yang berkedudukan sebagai tenaga non ASN yang aktif bekerja di instansi pemerintah serta lulusan PPG untuk formasi Guru di instansi daerah.
Kumpulan Soal Tes Kompetensi PPPK Operator Layanan Operasional dan Jawabannya
Salah satu formasi yang dibuka dalam seleksi PPPK 2024 adalah Operator Layanan Operasional. Pada tes kompetensi, peserta diharapkan dapat memahami dan menjawab soal mengenai pekerjaan yang berkaitan dengan tugas sebagai Operator Layanan Operasional.
Peserta yang paling banyak menjawab dengan benar soal dalam tes kompetensi PPPK, nantinya akan memiliki peluang besar untuk lolos sebagai PPPK. Berikut ini adalah contoh soal tes PPPK Operator Layanan Operasional dan jawabannya.
1. Seorang Operator Layanan Operasional menemukan bahwa server jaringan berjalan sangat lambat. Tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengidentifikasi penyebabnya?
A. Melakukan restart server.
B. Mengecek penggunaan CPU dan RAM server.
C. Menghubungi penyedia layanan internet.
D. Memperbarui perangkat lunak server.
E. Memeriksa kabel jaringan.
Jawaban: B. Mengecek penggunaan CPU dan RAM server.
2. Sistem pemantauan mendeteksi anomali dalam data yang diolah. Langkah apa yang harus diambil untuk memastikan keakuratan data?
A. Mengabaikan anomali.
B. Mengganti perangkat keras.
C. Melakukan backup data.
D. Memverifikasi sumber data.
E. Menyetel ulang sistem pemantauan.
Jawaban: D. Memverifikasi sumber data.
3. Seorang Operator Layanan Operasional harus memastikan kelancaran operasi selama pemadaman listrik yang tidak terduga. Apa yang harus dilakukan untuk menjaga operasi tetap berjalan?
A. Menggunakan generator cadangan.
B. Mematikan semua perangkat.
C. Meminta semua staf untuk berhenti bekerja.
D. Menghubungi penyedia listrik.
E. Menjalankan sistem pada mode hemat energi.
Jawaban: A. Menggunakan generator cadangan.
4. Sistem mengalami downtime yang tidak terduga selama jam kerja. Apa yang seharusnya dilakukan seorang Operator Layanan Operasional untuk meminimalkan dampak pada operasi?
A. Menghubungi tim teknis.
B. Menginformasikan kepada manajemen.
C. Mengalihkan layanan ke sistem cadangan.
D. Menunggu sistem kembali normal.
E. Menghubungi pelanggan.
Jawaban: C. Mengalihkan layanan ke sistem cadangan.
5. Alat yang berfungsi untuk melubangi dokumen agar bisa dimasukkan ke dalam map snelhecter/ ordner dalam memproses dokumen, disebut....
A. Perforator.
B. Stepler.
C. Remover.
D. Steples.
E. Stempel.
Jawaban: A. Perforator.
6. Dalam memproses dokumen, peralatan kantor yang digunakan adalah....
A. Kartu kendali dan daftar pengendali.
B. Lembar pengantar dan lembar disposisi.
C. Buku agenda dan buku ekspedisi.
D. Filing cabinet dan folder.
E. Perforator, stapler dan stempel/cap.
Jawaban: E. Perforator, stapler dan stempel/cap.
7. Jika hendak mencari kembali dokumen tentang "latihan training" dengan menggunakan filing sistem subjek, maka dapat dicari dalam laci ....
A. Personalia.
B. Training.
C. Latihan training.
D. Pendidikan.
E. Kepegawaian.
Jawaban: B. Training.
8. Kegiatan menyatukan dokumen yang sejenis dan dibuat seperti buku dengan tujuan agar dokumen tersebut tidak mudah hilang, merupakan kegiatan.....
A. Pustaka.
B. Kliping.
C. Binding/penjilid.
D. Pembuatan buku.
E. Pengarsipan.
Jawaban: C. Binding/penjilid.
9. Surat yang berisi masalah yang harus diselesaikan sesegera mungkin oleh beberapa pejabat sekaligus, maka langkah penanganan surat yang tepat adalah ....
A. Surat diperbanyak dan diserahkan kepada pejabat yang terkait.
B. Surat ditangani oleh pejabat tertentu dulu sampai selesai, baru ditangani pejabat lain.
C. Surat langsung disampaikan kepada salah satu pejabat untuk dibaca bergantian.
D. Surat dikumpulkan untuk membalas bersama-sama.
E. Surat diserahkan kepada pejabat yang berkompeten terhadap masalah tersebut.
Jawaban: E. Surat diserahkan kepada pejabat yang berkompeten terhadap masalah tersebut.
10. Seorang Operator Layanan Operasional perlu memastikan bahwa sistem berjalan optimal setelah pembaruan perangkat lunak besar. Apa yang harus diperiksa terlebih dahulu?
A. Kinerja CPU.
B. Ketersediaan memori.
C. Kondisi jaringan.
D. Respons aplikasi.
E. Kompatibilitas perangkat lunak.
Jawaban: E. Kompatibilitas perangkat lunak.
11. Sebagai Operator Layanan Operasional, pemahaman dan penerapan nilai-nilai administratif sangat penting dalam menjalankan tugas sehari-hari. Nilai administratif mencakup berbagai prinsip dan standar yang menjadi pedoman dalam mengelola dan mengorganisir berbagai aspek operasional di lingkungan kerja. Dengan menerapkan nilai-nilai administratif tersebut, dapat berkomitmen untuk mendukung terciptanya lingkungan kerja yang produktif, teratur, dan terpercaya. Sebagai Operator Layanan Operasional, nilai-nilai ini menjadi dasar dalam setiap langkah dan keputusan yang diambil, guna mendukung tercapainya tujuan instansi secara keseluruhan. Pernyataan yang tepat mengenai nilai administratif adalah ....
A. nilai yang diberikan kepada pemberi arsip.
B. nilai yang dimiliki arsip dari pencipta arsip.
C. nilai penuh dalam kegiatan administratif.
D. nilai sementara pada sebuah arsip.
E. nilai ekonomis arsip itu sendiri.
Jawaban: B. nilai yang dimiliki arsip dari pencipta arsip.
12. Seorang Operator Layanan Operasional menemukan bahwa ada banyak keluhan tentang kesalahan penagihan. Langkah yang tepat untuk menangani masalah ini adalah
A. Mengabaikan keluhan dan meneruskan penagihan.
B. Meninjau dan memverifikasi sistem penagihan untuk menemukan kesalahan.
C. Menyuruh pelanggan untuk memeriksa laporan bank mereka sendiri.
D. Menurunkan tarif layanan secara acak.
E. Mengirimkan permintaan maaf tanpa memperbaiki masalah.
Jawaban: B. Meninjau dan memverifikasi sistem penagihan untuk menemukan kesalahan.
13. Daftar berkas paling sedikit memuat informasi tentang hal berikut ini, kecuali ....
A. Unit pengolah.
B. Nomor berkas.
C. Kode klasifikasi.
D. Tujuan.
E. Uraian informasi berkas.
Jawaban: D. Tujuan.
14. Kegiatan menyusun kode menurut urutan Abjad dari nama atau judul yang sudah diindeks disebut ...
A. Unit.
B. Mengkode.
C. Mengabjad.
D. Caption.
E. Wilayah.
Jawaban: C. Mengabjad.
15. Sistem operasi mengalami kerusakan setelah instalasi pembaruan yang gagal. Langkah apa yang sebaiknya diambil?
A. Menghubungi teknisi.
B. Menghapus pembaruan.
C. Melakukan sistem restore.
D. Menginstal ulang sistem operasi.
E. Menjalankan perangkat lunak diagnostic.
Jawaban: C. Melakukan sistem restore.
16. Prosedur pengurusan surat keluar yang benar adalah....
A. Buat konsep-persetujuan konsep-agenda-ketik-tanda tangan-beri cap-lipat-sampul-kirim.
B. Buat konsep-agenda-ketik-tanda tangan-sampul-kirim.
C. Buat konsep-persetujuan konsep-agenda-ketik-tanda tangan-capsampul-kirim.
D. Buat konsep-persetujuan konsep-ketik-agenda-tanda tangan-capsampul-kirim.
E. Buat konsep dengan computer-persetujuan-tanda tangan-capsampul-kirim.
Jawaban: A. Buat konsep-persetujuan konsep-agenda-ketik-tanda tangan-beri cap-lipat-sampul-kirim.
17. Sistem penyimpanan dan penemuan kembali arsip berdasarkan hari, tanggal, bulan dan tahun, disebut sistem ....
A. Alfabeti.
B. Geografis.
C. Numeric.
D. Kronologis.
E. Subjek.
Jawaban: D. Kronologis.
18. Memutar film dan video dalam kecepatan normal sekurang kurangnya 6 bulan sekali, merupakan langkah pemeliharaan dari ...
A. Arsip rekaman gambar.
B. Arsip rekaman suara.
C. Arsip moving audio visual.
D. Arsip elektronik.
E. Arsip suara dan elektronik.
Jawaban: C. Arsip moving audio visual.
19. Bila menerapkan kearsipan sistem subjek dengan setiap laci digunakan untuk beberapa masalah utama, guide yang dibutuhkan untuk memisahkan masalah satu dengan yang lainnya ialah guide posisi .....
A. I.
B. II.
C. III.
D. IV.
E. V.
Jawaban: B. II.
20. Arsip yang disimpan dengan sistem nomor terminal digit, diambil dari.....
A. Nomor surat.
B. Nomor di buku agenda.
C. Nomor di buku verbal.
D. Nomor di buku arsip.
E. Nomor urut penyimpanan arsip.
Jawaban: E. Nomor urut penyimpanan arsip.
21. Keahlian untuk berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain disebut...
A. Konseptual.
B. Communication.
C. Interpersonal.
D. Teknis.
E. Simpati.
Jawaban: C. Interpersonal.
22. Beberapa minggu yang lalu atasan Anda memberitahu Anda bahwa dia mempunyai jadwal untuk menandatangani kontrak dengan beberapa orang klien baru dalam beberapa minggu ke depan untuk pengembangan perusahaan, namun tampaknya atasan Anda lupa akan hal tersebut karena terlalu sibuk mengurusi banyak hal terkait pekerjaan dan sering pergi ke luar kota.Sebagai seorang yang akan Anda lakukan adalah....
A. Mengingatkan atasan bahwa punya rencana untuk bertemu klien.
B. Membuat rencana pertemuan dan memberitahu atasan untuk disetujui.
C. Membuat rencana pertemuan dengan klien atasan dan memberitahukannya.
D. Memberitahu atasan bahwa dia harus bertemu klien untuk urusan bisnis dalam waktu dekat.
E. Menunggu atasan membicarakannya lagi, lalu baru melakukan persiapan pertemuan.
Jawaban: B. Membuat rencana pertemuan dan memberitahu atasan untuk disetujui.
23. Karena terjadinya beberapa permasalahan di perusahaan Anda yang mengakibatkan terjadinya penurunan finansial. Hal ini tentu saja berdampak bagi kelangsungan seluruh komponen perusahaan termasuk karyawan. Melihat situasi tersebut, yang akan Anda lakukan adalah....
A. Tetap bekerja dengan baik seperti hari hari sebelumnya.
B. Membuat strategi baru untuk meningkatkan hasil kinerja.
C. Mempelajari hal yang mungkin jadi penyebab penurunan tersebut.
D. Sebagai karyawan saya akan mengikuti arahan dari atasan dan kebijakan perusahaan.
E. Tetap bertahan di perusahaan dan meminta perusahaan mencari jalan keluar.
Jawaban: B. Membuat strategi baru untuk meningkatkan hasil kinerja.
24. Teori manajemen yang memusatkan kajiannya pada aspek manusia dan perlunya memahami manusia. Aliran ini menggunakan disiplin ilmu psikologi dan sosiologi dalam menerapkan teori teorinya. Teori ini disebut...
A. Aliran manajemen mutu.
B. Aliran perilaku.
C. Aliran klasik.
D. Aliran analisis sistem.
E. Aliran manajemen ilmiah.
Jawaban: B. Aliran perilaku.
25. Hampir setiap minggu Anda selalu menjalankan dinas ke luar kota. Pekerjaan Anda menuntut Anda untuk selalu mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan ketika bertugas, mulai dari barang barang pribadi sampai ke dokumen penting yang harus dibawa. Kendala yang sering terjadi adalah Anda agak sedikit pelupa, terkadang barang bawaan Anda bisa tertinggal, belum lagi risiko kerusakan selama perjalanan atau hilang. Untuk mengantisipasi hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?...
A. Menyiapkannya jauh jauh hari agar tidak lupa.
B. Selalu membawa dokumen cadangan di tempat berbeda.
C. Menyimpan dengan sistem online agar bisa diakses dimana saja.
D. Menyimpan dokumen di dalam hard disk.
E. Tetap mempersiapkan seperti biasa yang anda lakukan.
Jawaban: C. Menyimpan dengan sistem online agar bisa diakses dimana saja.
26. Salah satu tujuan utama seseorang bekerja adalah ingin mendapat penghasilan. Hal tersebut sesuai dengan prinsip administrasi kepegawaian yang disebut...
A. The right man on the right place.
B. Equal pay for equal work.
C. Planning, organizing, controlling, actuating.
D. Legalitas.
E. Prosedural.
Jawaban: B. Equal pay for equal work.
27. Berikut yang bukan merupakan sumber-sumber hukum kepegawaian atau hukum ketenagakerjaan adalah....
A. Undang-undang.
B. Peraturan.
C. Keputusan pejabat.
D. Traktat.
E. Akad.
Jawaban: E. Akad.
28. Ketika rapat sedang berlangsung, terdapat dua pendapat yang samasama bagus. Sebagai pemimpin rapat, hal yang akan Anda lakukan adalah…..
A. Langsung memilih salah satu tanpa pertimbangan terlebih dahulu.
B. Tidak memilih keduanya dengan alasan agar adil.
C. Menyerahkan keputusan kepada peserta rapat.
D. Memilih menggunakan pendapat pribadi sebagai seorang pemimpin.
E. Melakukan voting untuk menentukan pendapat yang akan digunakan.
Jawaban: E. Melakukan voting untuk menentukan pendapat yang akan digunakan.
29. Terdapat peraturan baru tentang efisiensi pekerjaan di tempat Anda. Sebagai seorang pemimpin, berikut ini hal yang Anda lakukan dalam menyikapi peraturan baru tersebut adalah....
A. Menolaknya dengan keras karena tidak siap menghadapi perubahan.
B. Mempersiapkan diri dan karyawan untuk menyambut peraturan tersebut.
C. Tidak menolak maupun menerima peraturan baru tersebut.
D. Menerimanya dengan terpaksa tetapi tidak melakukan apa-apa setelahnya.
E. Menerimanya karena tidak pilihan lain memiliki.
Jawaban: B. Mempersiapkan diri dan karyawan untuk menyambut peraturan tersebut.
30. Pandangan Anda mengenai masalah yang sedang dihadapi oleh kelompok yang Anda pimpin adalah...
A. Masalah tersebut seharusnya diselesaikan oleh orang yang bertanggung jawab.
B. Seharusnya masalah tersebut tidak muncul jika semua anggota bekerja sama.
C. Memarahi anggota kelompok yang menyebabkan masalah tersebut.
D. Mengundurkan diri dari kelompok tersebut karena sudah tidak ada rasa persatuan.
E. Semua anggota kelompok berkewajiban untuk bersama-sama menyelesaikannya.
Jawaban: E. Semua anggota kelompok berkewajiban untuk bersama-sama menyelesaikannya.
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yulaika Ramadhani