Menuju konten utama

30 Contoh Soal PPPK Teknis SMA/SMK dan Jawabannya

Temukan 30 contoh soal PPPK Teknis lulusan SMA dan jawabannya di sini. Siapkan diri Anda dengan baik untuk menghadapi ujian PPPK tahun ini. Semangat!

30 Contoh Soal PPPK Teknis SMA/SMK dan Jawabannya
Peserta mengikuti tes seleksi PPPK (Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang digelar Pemkab Tulungagung di Tulungagung, Jawa Timur, Senin (13/9/2021). ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/foc.

tirto.id - Soal PPPK SMA kompetensi teknis bisa digunakan oleh peserta PPPK sebagai bahan latihan dalam rangka persiapan menjelang pelaksanaan tes atau ujian. Dalam artikel ini tidak hanya tersedia contoh soal PPPK Teknis SMA, tetapi juga beserta jawabannya.

Para peserta yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tahap seleksi kompetensi teknis untuk PPPK.

Berkaitan dengan hal itu, pelamar yang akan menjalani seleksi kompetensi PPPK dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan mempelajari dan mengerjakan berbagai contoh soal P3K SMA tentang kompetensi teknis yang tersedia dalam artikel ini.

Kisi-Kisi Soal Tes Kompetensi PPPK Teknis Lulusan SMA/SMK

Menurut Kemenpan RB Nomor 347 Tahun 2024, seleksi kompetensi PPPK 2024 mencakup empat jenis seleksi, yaitu seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial, seleksi kompetensi sosial kultural, dan wawancara.

Adapun penjelasan mengenai kisi-kisi soal tes kompetensi PPPK Teknis Lulusan SMA/SMK ini adalah berkaitan dengan materinya.

Materi ini bertujuan untuk mengukur penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diukur dan dikembangkan, khususnya yang berhubungan dengan bidang teknis dalam jabatan.

Kumpulan Soal Tes Kompetensi PPPK Teknis SMA Sederajat dan Jawabannya

Kumpulan contoh soal PPPK teknis SMA bisa dijumpai dalam bagian ini. Contoh soal PPPK SMA yang tersedia sudah dilengkapi dengan jawabannya.

Selengkapnya tentang 30 contoh soal P3K SMA kompetensi teknis PPPK adalah sebagai berikut:

1. Sekelompok peserta didik dengan minat tertentu diberikan tugas untuk memecahkan permasalahan dan melakukan pembacaan di perpustakaan terkait dengan KD yang sedang dipelajari, baik di dalam maupun di luar jam pelajaran. Pemecahan masalah tersebut bisa berupa proyek atau penelitian ilmiah. Pernyataan di atas menjelaskan pengertian pembelajaran pengayaan...

  • A. Belajar kelompok, belajar mandiri, belajar berbasis tema
  • B. Belajar kelompok, belajar berbasis tema
  • C. Belajar Kelompok
  • D. Belajar mandiri, pemadatan kurikulum
  • E. Belajar mandiri

Kunci Jawaban C

2. Dari evaluasi tes formatif di mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen, Ibu Mery memperoleh data bahwa ada siswa yang sudah mencapai atau melampaui KKM, serta ada yang belum. Dari informasi yang diperoleh, kemudian dianalisis untuk mencari kelemahan dan kelebihan siswa. Ibu Mery kemudian merespons dengan program remedial dan pengayaan. Ilustrasi ini menggambarkan...

  • A. Prinsip evaluasi
  • B. Acuan evaluasi
  • C. Fungsi evaluasi
  • D. Syarat evaluasi
  • E. pendekatan evaluasi

Kunci Jawaban C

3. Program remedial dapat dilaksanakan melalui bimbingan individu jika ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda dan memerlukan bimbingan secara personal. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat...

  • A. Kelemahan yang dialami oleh peserta didik
  • B. keberhasilan yang dialami oleh peserta didik
  • C. Keterbatasan yang dialami oleh peserta didik
  • D. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik
  • E. Kesalahan

Kunci Jawaban D

4. Setelah melaksanakan tes praktik menulis doa, Pak Thomas berencana melaksanakan tes tertulis sebagai program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai KKM. Ilustrasi ini menunjukkan bahwa Pak Thomas akan melakukan tes tertulis untuk mengevaluasi aspek...

  • A. Afektif
  • B. Kognitif
  • C. Psikomotorik
  • D. Konasi
  • E. Behavior

Kunci Jawaban B

5. Ibu Windi akan menjelaskan konsep operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian tanpa sisa pada bilangan cacah yang mencakup bilangan ribuan, maka guru perlu memilih alat peraga yang sesuai, yaitu...

  • A. Blockdienes
  • B. Kartu-kartu bilangan
  • C. Neraca bilangan
  • D. Batang cuisenaire

Kunci Jawaban A

6. Pak Andri, guru mata pelajaran X, memiliki keponakan bernama Keren. Dalam tes formatif yang diberikan kepada Keren, Keren tidak menjawab satu soal pun dengan benar. Dalam situasi ini, Pak Andri harus bersikap objektif dalam penilaian. Ilustrasi ini menggambarkan...

  • A. Acuan penilaian
  • B. Prinsip evaluasi
  • C. Pendekatan penilaian
  • D. Fungsi evaluasi
  • E. Tujuan evaluasi

Kunci Jawaban B

7. Sebagai guru mata pelajaran X, penilaian yang dilakukan tidak hanya kognitif tetapi juga mencakup aspek afektif dan psikomotorik, yang berusaha mencerminkan kondisi nyata kemampuan peserta didik. Ilustrasi ini menunjukkan bahwa guru tersebut telah melakukan penilaian...

  • A. Autentik
  • B. Sumatif
  • C. Diagnostik
  • D. Formatif
  • E. Evaluatif

Kunci Jawaban A

8. Dalam penyusunan silabus, berbagai aspek perlu diperhatikan, salah satunya adalah kemampuan silabus untuk mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta perubahan dan tuntutan masyarakat. Hal ini sesuai dengan prinsip...

  • A. Relevan
  • B. Sistematis
  • C. Menyeluruh
  • D. Fleksibel
  • E. Aktual kontekstual

Kunci Jawaban D

9. Penilaian sikap dalam pembelajaran berbasis HOTS berbeda dari konsep penilaian sikap pada kurikulum 2013, di mana terdapat instrumen seperti jurnal dan penilaian diri. Penilaian diri adalah evaluasi terhadap kelebihan dan kekurangan peserta didik terkait pencapaian kompetensi, sedangkan jurnal berfungsi sebagai catatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik terkait sikap dan perilaku. Perbedaan antara penilaian diri dan jurnal terlihat dari...

  • A. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian antar teman, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh peserta didik tentang sikap dan perilakunya
  • B. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan perilaku peserta didik
  • C. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan perilaku peserta didik.
  • D. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh temannya tentang sikap dan perilaku peserta didik.
  • E. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh dirinya tentang sikap dan perilaku peserta didik.

Kunci Jawaban C

10. Dalam menyusun tes hasil belajar, langkah-langkah yang benar dalam penyusunan tes akhir belajar dapat diurutkan sebagai berikut...

  • A. Tabel spesifikasi tes, menelaah soal tes, menulis soal, analisis butir soal, uji coba, perbaiki tes, merakit tes, menafsirkan tes
  • B. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, analisis butir soal, menelaah soal tes, uji coba, perbaiki tes, merakit tes, menafsirkan tes
  • C. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, menelaah soal tes, analisis butir soal, perbaikan tes, merakit tes, uji coba, menafsirkan tes
  • D. Tabel spesifikasi tes merakit tes, menulis soal, menelaah soal tes, uji coba, analisis butir soal, perbaiki tes, menafsirkan tes
  • E. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, menelaah soal tes, uji coba, analisis butir soal, perbaiki tes, merakit tes, menafsirkan tes

Kunci Jawaban E

11. Dasar untuk menentukan distribusi alokasi waktu per minggu pada program semester adalah...

  • A. Rincian minggu efektif
  • B. Silabus pembelajaran
  • C. Program tahunan
  • D. KI dan KD
  • E. RPP

Kunci Jawaban C

12. Berdasarkan langkah-langkah pelaksanaan program remedial, ada prosedur untuk menetapkan nilai yang diperoleh peserta didik setelah program remedial dilaksanakan, dan terdapat tiga metode penetapan yang dapat dipilih yaitu...

  • A. Menggunakan nilai capaian tertinggi, nilai rerata, dan nilai capaian akhir
  • B. Menggunakan nilai rerata, nilai modus (yang sering muncul) , nilai batas KKM
  • C. Menggunakan nilai tertinggi, batas KKM, nilai median
  • D. Menggunakan nilai batas KKM, nilai capaian tertinggi, nilai capaian akhir
  • E. Menggunakan nilai batas KKM, nilai rerata dan nilai capaian akhir

Kunci Jawaban E

13. Perlakuan dalam pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan melalui beberapa metode, termasuk pembelajaran mandiri dan kelompok. Salah satu bentuk pembelajaran mandiri yang merupakan gabungan antara program remedial dan pengayaan adalah...

  • A. Tugas proyek dan pemadatan kurikulum
  • B. Tugas proyek dan penelitian ilmiah
  • C. Tugas sebaya dan penelitian ilmiah
  • D. Tugas sebaya dan pemadatan kurikulum
  • E. Tutor sebaya dan pengembangan latihan

Kunci Jawaban A

14. Guru melakukan penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, mencakup semua aspek kompetensi, baik afektif, kognitif, maupun psikomotorik, yang merupakan prinsip penilaian...

  • A. Beracuan kriteria dan menyeluruh
  • B. Beracuan kriteria dan sistematis
  • C. Akuntabel dan menyeluruh
  • D. Objektif dan menyeluruh

Kunci Jawaban A

15. Penilaian yang berbentuk tugas bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya tertentu secara kelompok adalah...

  • A. Penilaian proyek
  • B. Penilaian portofolio
  • C. Penilaian jurnal
  • D. Penilaian kinerja
  • E. Penilaian diri

Kunci Jawaban A

16. Menurut model pembelajaran kontekstual, komponen utama yang lengkap meliputi...

  • A. Inquiry, masyarakat belajar, pemodelan, penilaian autentik dan refleksi
  • B. Konstruktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik
  • C. Konstruktivisme, inquiry, masyarakat belajar, pemodelan, penilaian autentik dan refleksi
  • D. Konstruktivisme, inquiry, masyarakat belajar, pemodelan dan refleksi.

Kunci Jawaban B

17. Suatu pedoman bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sehingga dapat mendukung proses belajar peserta didik secara optimal adalah...

  • A. Deskripsi mata pelajaran
  • B. Pengalaman belajar
  • C. Silabus mata pelajaran
  • D. Struktur pembelajaran
  • E. Kompetensi Dasar

Kunci jawaban C

18. Prosedur yang digunakan dalam penilaian dengan tes adalah...

  • A. Menentukan tujuan penilaian, apakah untuk penilaian harian, tengah semester, akhir semester atau penilaian akhir dalam satuan pendidikan
  • B. Menentukan aspek keterampilan atau nilai-nilai yang diintegrasikan
  • C. Menyusun rubrik pengamatan
  • D. Merumuskan indikator pencapaian aspek keterampilan
  • E. Menentukan skor tiap-tiap tingkatan

Kunci Jawaban A

19. Salah satu model pembelajaran inovatif adalah discovery learning, di mana siswa diberikan kesempatan untuk mengolah data dan informasi yang telah diperoleh melalui berbagai aktivitas. Untuk pembelajaran tentang hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem, hasil pengolahan data yang akan disajikan oleh siswa adalah...

  • A. Tabel hubungan kelompok tumbuhan dan hewan
  • B. Tabel kelompok makhluk hidup sesuai dengan perannya di dalam ekosistem
  • C. Skema rantai makanan dan jaring makanan dalam suatu ekosistem
  • D. Gambar hubungan timbal balik antar makhluk hidup dalam ekosistem

Kunci Jawaban C

20. Bapak Roni, guru mata pelajaran X, mengajarkan bahasa Indonesia dengan fokus pada "Membaca". Setelah melakukan kegiatan awal, Pak Roni masuk ke inti pelajaran dan meminta siswa memperhatikan contoh cara membaca teks “Bergotong royong” dengan suara jelas selama 2 menit. Setelah selesai, siswa dipanggil satu per satu untuk membaca di depan kelas. Jenis membaca yang diajarkan Pak Roni adalah...

  • A. Membaca pemahaman
  • B. membaca dalam hati
  • C. Membaca nyaring
  • D. membaca permulaan

Kunci Jawaban C

21. Susunan RPP yang tepat terdiri dari komponen-komponen berikut...

  • A. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode/model,media, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi
  • B. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode/model, media, langkah langkah pembelajaran, evaluasi, sumber belajar
  • C. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, materi, tujuan,metode/model,media, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi
  • D. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, media, metode/model, langkah langkah pembelajaran, evaluasi, sumber belajar
  • E. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, media, metode/model, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi

Kunci Jawaban A

22. Untuk menilai keterampilan proses IPA peserta didik, nilai dapat diperoleh dengan cara...

  • A. Memperlihatkan gambar-gambar hewan yang ada di Indonesia
  • B. Menjelaskan materi IPA yang akan dipraktekan
  • C. Menunjukkan habitat laut dan habitat darat
  • D. Menugasi peserta didik melakukan praktikum IPA

Kunci Jawaban D

23. Pembelajaran kontekstual dalam IPA untuk siswa kelas I SD, khususnya pemodelan, harus sesuai dengan karakteristik perkembangan peserta didik. Pemodelan yang tepat untuk mengidentifikasi bagian-bagian tubuh adalah...

  • A. Mengamati gambar tubuh manusia
  • B. Memperagakan tubuh diri sendiri
  • C. Memasangkan kartu kata dengan anggota tubuh
  • D. Tanya jawab nama bagian-bagian anggota tubuh

Kunci Jawaban B

24. Indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian yang dicantumkan dalam silabus harus mencukupi untuk mendukung pencapaian kompetensi dasar, yang sejalan dengan prinsip...

  • A. Ilmiah
  • B. Relevan
  • C. Sistematis
  • D. Memadai
  • E. Konsisten

Kunci Jawaban D

25. Budi, seorang anak berusia 7 tahun yang sedang belajar bahasa Indonesia, mengikuti pelajaran membaca awal dan berusaha memahami huruf-huruf yang dibacanya. Kegiatan yang dilakukan Budi adalah...

  • A. Mendengar
  • B. Melihat
  • C. Imitasi
  • D. Menghafal

Kunci Jawaban C

26. Pendidikan nilai tidak hanya dapat dilakukan melalui taksonomi Bloom, tetapi juga dapat menggunakan jenjang afektif dalam bentuk...

  • A. Penerimaan nilai (receiving), penanggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), individualisasi nilai (characterization).
  • B. Penerimaan nilai (receiving), penanggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (transferring), karakterisasi nilai (characterization).
  • C. Penerimaan nilai (receiving), penanggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karakterisasi nilai (characterization).
  • d. Penerimaan nilai (receiving), penerapan nilai (emphaty), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karakterisasi nilai (characterization).

Kunci Jawaban C

27. Berdasarkan hasil penilaian harian dari 32 siswa yang dites dengan 10 soal, ditemukan bahwa 15 siswa menjawab semua soal dengan benar, 7 siswa menjawab 3 soal salah, dan 5 siswa menjawab 6 soal dengan benar. Sisa siswa menjawab benar 2 soal. Apa tindakan remedial yang perlu dilakukan Pak Burhan jika KKM ditetapkan 70, dan nilai setiap soal adalah 10...

  • A. Memberi tugas kelompok untuk mengerjakan LKS
  • B. Tugas individu dan mengumpulkannya
  • C. Meminta siswa yang tuntas untuk menjadi tutor sebaya
  • D. Melakukan pembelajaran remedial berupa mengulang materi pada peserta remidi E. Melanjutkan materi pelajaran

Kunci Jawaban A

28. Cerita atau kasus dapat menjadi contoh dalam pembelajaran PKn. Media yang efektif untuk menyajikan cerita atau kasus adalah...

  • A. Media audio
  • B. Media visual
  • C. Media gambar
  • D. media audiovisual

Kunci Jawaban D

29. Hasil penilaian dan evaluasi terhadap proses belajar mengajar dapat dimanfaatkan sebagai...

  • A. Bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya
  • B. Penentuan ranking kelas
  • C. Bahan mengisi rapor siswa
  • D. Penentuan ranking sekolah

Kunci Jawaban A

30. Penanaman nilai-nilai moral yang berakar dari budaya lokal sangat penting dalam pendidikan di era globalisasi saat ini, dengan tujuan agar...

  • A. Terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia
  • B. Tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa luar
  • C. Adaptif dengan arus globalisasi saat ini
  • D. Nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa kita

Kunci Jawaban D

Baca juga artikel terkait PPPK 2024 atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Edusains
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ibnu Azis