Menuju konten utama

25 Contoh Soal PPPK Guru Bahasa Indonesia SD & Jawabannya

Kumpulan contoh soal tes kompetensi PPPK Guru untuk formasi Guru Bahasa Indonesia SD dalam artikel ini dapat dipakai sebagai bahan pembelajaran.

25 Contoh Soal PPPK Guru Bahasa Indonesia SD & Jawabannya
Ilustrasi Bahasa Indonesia. FOTO/IStockphoto

tirto.id - Kumpulan contoh soal tes kompetensi PPPK Guru untuk formasi Guru Bahasa Indonesia SD dalam artikel ini dapat dipakai sebagai bahan pembelajaran. Anda bisa memelajari materi tersebut sebelum menghadapi ujian seleksi kompetensi.

Berhubungan dengan pelaksanaan tes, seleksi kompetensi PPPK 2024 dibagi atas dua periode sesuai kategori pelamar. Pelamar Prioritas, eks THK-II, dan pegawai non-ASN terdaftar di Badan Kepegawaian Negara (BKN), dijadwalkan ikut periode pertama pada 2-29 Desember 2024.

Sementara para pendaftar yang bukan kategori di atas, yakni Pelamar Tenaga non-ASN yang aktif di instansi dan lulusan PPG, dibedakan agendanya. Mereka menjalankan tes seleksi kompetensi PPPK periode kedua pada 17 April-16 Mei 2025.

Perlu diperhatikan bahwa ketentuan jadwal di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Jadwal yang dirancang ulang nanti tergantung keputusan panitia penyelenggara atas berbagai kondisi lapangan pelaksanaannya.

25 Contoh Soal PPPK Guru Bahasa Indonesia SD dan Jawabannya

Salah satu formasi yang disediakan dalam pendaftaran PPPK 2024 adalah Guru Bahasa Indonesia SD. Pelamar jabatan bisa memelajari sejumlah contoh soal pedagogik dan kompetensi profesional yang disajikan dalam artikel ini untuk bahan belajar.

Berikut daftar contoh latihan soal PPPK untuk formasi Guru Bahasa Indonesia SD, lengkap dengan kunci jawabannya.

1. Bu Hani sedang membacakan cerita untuk peserta didik di kelas, memberikan contoh membaca lancar, membacakan cerita untuk anak. Ada kalanya Bu Hani membaca sebuah kalimat, peserta didik melanjutkan kalimat berikutnya. Media yang digunakannya adalah buku bacaan dengan ukuran besar yang dapat terakses dengan baik oleh semua peserta didik di kelas.Strategi pembelajaran membaca yang diterapkan Bu Hani adalah strategi…

A. bersama

B. bergema

C. kor

D. terbimbing

E. mandiri

Jawaban: A

2. Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sasaran pembelajaran bahasa Indonesia di SD adalah peserta didik terampil dalam berbahasa Indonesia, dengan kata lain mampu berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Berdasarkan hal tersebut, rumusan yang tidak terkait dengan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di SD adalah...

A. Peserta didik mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien dengan etika yang berlaku, baik lisan maupun tertulis.

B. Peserta didik dapat menghargai bahasa dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.

C. Peserta didik mampu menguasai konsep fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik dalam bahasa Indonesia.

D. Peserta didik dapat menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk meningkatkan wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bahasa.

E. Peserta didik mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial.

Jawaban: C

3. “Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran berdasarkan teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.”

Indikator pembelajaran yang cocok untuk KD di atas adalah ...

A. Menunjukkan sikap percaya diri dalam menyajikan pokok pikiran dalam teks tulis.

B. Menyebutkan ciri-ciri pokok pikiran berdasarkan teks Organ Gerak Hewan secara tulis.

C. Mengidentifikasi pokok pikiran berdasarkan teks Organ Gerak Hewan secara tulis.

D. Memahami pokok pikiran berdasarkan teks Organ Gerak Hewan secara tulis.

E. Mempresentasikan hasil identifikasi pokok pikiran berdasarkan teks Organ Gerak Hewan secara lisan.

Jawaban: E

4. Dalam menyelenggarakan pembelajaran bahasa yang berwawasan whole language, maka pembelajaran bahasa Indonesia harus mempunyai keterpaduan antara (a) pembelajaran kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan, (b) isi pembelajaran dengan pengetahuan dan pengalaman peserta didik, (c) perolehan pengalaman belajar peserta didik dengan kenyataan penggunaan bahasa sesuai dengan aktivitas penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupannya. Hal ini sejalan dengan ciri-ciri pendekatan whole language, kecuali ....

A. eklektika

B. menyeluruh

C. bermakna

D. berfungsi

E. alamiah

Jawaban: A

5. Pembelajaran yang melibatkan peserta didik melakukan kegiatan memilih bentuk tulisan, menyusun draft tulisan, memperbaiki tulisan, menyunting tulisan, dan berbagi tulisan merupakan tahapan pembelajaran bahasa dengan pendekatan....

A. keterampilan proses

B. konstruktivisme

C. komunikatif

D. writing process

E. whole language

Jawaban: D

6. Bahasa mempunyai peranan penting dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar pendidikan di semua jenis jenjang pendidikan. Di bawah ini, peran penting pembelajaran bahasa Indonesia di SD kecuali ...

A. Sebagai sarana berpikir untuk menumbuhkembangkan cara berpikir logis, sistematis, dan kritis.

B. Sebagai sarana mempercepat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

C. Dapat membantu peserta didik dalam mengemukakan gagasan dan berpartisipasi di tingkat internasional.

D. Bekal kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dapat digunakan untuk mempelajari berbagai macam mata pelajaran.

E. Sarana untuk mengenal dirinya dan budaya di lingkungannya.

Jawaban: C

7. Lengkapilah langkah-langkah kegiatan pembelajaran di bawah ini!

1) Peserta didik membaca dalam hati teks prosedur cara membuat anyaman.

2) Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang isi teks prosedur, terkait alat bahan dan langkah-langkah membuat anyaman.

3) Peserta didik membuat anyaman dengan panduan LKPD.

4) Peserta didik secara berpasangan membandingkan karya anyamannya.

5) Guru mengambil teks prosedur yang telah dibagikan.

Langkah-langkah kegiatan yang tepat untuk melengkapi kegiatan pembelajaran di atas adalah...

A. Peserta didik menentukan langkah-langkah kunci dan menuangkannya dalam graphic organizer.

B. Peserta didik menuliskan kembali langkah-langkah membuat anyaman dengan kalimat sendiri secara runtut.

C. Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas kelompok untuk membuat anyaman dengan pola yang berbeda dilengkapi dengan langkah-langkah pembuatannya secara runtut.

D. Guru meminta peserta didik memberikan pendapat mengenai anyaman.

E. Peserta didik menyajikan hasil anyaman disertai dengan penjelasan secara lisan tentang langkah-langkah pembuatannya.

Jawaban: E

8. Pak Budi telah merancang sebuah instrumen penilaian yang akan digunakannya di kelas saat proses pembelajaran. Pak Budi telah memperhatikan hal-hal yang harus ada pada rubrik, yaitu ....

A. kejelasan kriteria, tingkatan skor, ketepatan deskripsi

B. kriteria ketuntasan minimal, pedoman penggunaan, gradasi skor

C. kejelasan kriteria, gradasi skor, kriteria ketuntasan minimal

D. ketepatan deskripsi, pedoman penggunaan, kunci jawaban

E. pedoman perhitungan skor, kunci jawaban, ketepatan deskripsi

Jawaban: A

9. Rubrik penilaian di atas dapat digunakan oleh Pak Budi untuk menilai kegiatan ....

A. bermain peran

B. menyimak

C. berbicara

D. membaca

E. diskusi

Jawaban: E

10. Perhatikan bacaan berikut!

Dengan cepat kehebatan Serunting menyebar luas hingga ke negeri seberang. Kabar tentang kehebatan Si Pahit Lidah pun terdengar oleh Si Empat Mata, yaitu pendekar yang mempunyai kesaktian mandraguna dari negeri India, karena merasa kesaktiannya tersaingi oleh Si Pahit lidah, ia pun memutuskan untuk pergi ke Sumatra dan menantang Si Pahit Lidah bertarung untuk menentukan siapakah yang paling kuat diantara mereka. Sesampainya di Sumatera, ia pun mencari dan bertemu dengan Si Pahit Lidah, pertarungan pun tak bisa terelakkan lagi, mereka berdua bertarung dengan mengeluarkan segala kesaktian yang dimilikinya, namun setelah beberapa hari bertarung mereka berdua masih saja imbang, tidak ada yang menang ataupun kalah.

Tiba-tiba di tengah pertarungan mereka tibalah tetua kampung untuk memberikan solusi agar mereka bisa menentukan siapakah yang paling hebat diantara mereka. Tetua kampung itu menantang mereka berdua untuk memakan buah aren yang telah dibawa oleh tetua kampung yang sebelumnya tanpa sepengatahuan mereka telah diberi racun yang sangat mematikan. Karena kesombongan mereka, mereka pun menerima tantangan itu. Si Pahit lidah mendapat giliran yang pertama, ia berpikir bahwa ia tidak akan apa-apa kalau hanya memakan buah aren saja, itu adalah tantangan yang sangat mudah, maka segera ia memakan buah aren itu, tidak lama setelah ia memakan buah aren itu, ia pun terkapar dan mati seketika.

Mengetahui Saingannya mati, Si Empat mata merasa bahwa kini tidak ada lagi yang bisa menyaingi kekuatannya, ia pun segera mengambil buah aren sisa Si Pahit lidah dan memakannya, namun nasib yang sama menghampirinya, ia pun mati terkapar setelah memakan buah itu. Jasad mereka berdua pun dimakamkan di Danau Ranau oleh masyarakat sekitar. Kini di kampung itu tidak ada lagi orang kuat yang berperilaku sombong dan berbuat semaunya untuk menyakiti masyarakat, dan masyarakat pun kembali hidup damai setelah kepergian Si Pahit Lidah dan Si Empat Mata untuk selamanya.

Pepatah yang tepat untuk menggambarkan cerita di atas adalah ... .

A. di atas langit masih ada langit

B. nasi sudah menjadi bubur

C. sedia payung sebelum hujan

D. sepandai-pandainya tupai melompat akan jatuh jua

E. hiduplah seperti ilmu padi

Jawaban: A

11. Tema puisi adalah…

A. tema puisi

B. pokok pikiran puisi

C. narasi puisi

D. gaya puisi

E. Ide khayalan puisi

Jawaban: B

12. Sebut ada puisi berjudul “Guruku Pahlawanku”, maka temanya adalah…

A. motivasi

B. cita-cita

C. pengharapan

D. sekolah

E. pendidikan

Jawaban: E

13. Sebut ada puisi berjudul “Hijaunya Alamku”, maka temanya adalah…

A. penghijauan

B. lingkungan

C. pohon

D. alam

E. tanaman

Jawaban: D

14. Bacalah narasi-narasi berikut!

(1) Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

(2) Dengan demikian, organ gerak pada hewan dan manusia dapat dikatakan memiliki kesamaan.

(3) Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.

(4) Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan.

Urutan kalimat agar padu adalah...

A. (3), (4), (1), (2)

B. (1), (2), (3), (4)

C. (4), (3), (2), (1)

D. (3), (1), (4), (2)

E. (1), (3), (4), (2)

Jawaban: A

15. Status sosial dan latar belakang budaya yang berbeda dari setiap anggota masyarakat memunculkan adanya idiolek, dialek, dan ragam bahasa. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa itu bersifat ... .

A. dinamis

B. konvensional

C. unik

D. produktif

E. bervariasi

Jawaban: E

16. Ani, peserta didik kelas 3 SD, sudah bisa berbicara dengan lancar dengan jumlah kata bisa sampai 12 kata dalam satu kalimat. Ani juga sudah dapat memahami penjelasan guru di kelas, sehingga mampu mengikuti pelajaran dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa Ani berada pada fase ....

A. semantik

B. pragmatik

C. morfologis

D. fonologis

E. sintaksis

Jawaban: A

17. Pemenggalan kata transmigrasi yang paling tepat adalah ....

A. tran-smi-gra-si

B. tran-smig-ra-si

C. trans-mi-gra-si

D. trans-mig-ra-si

E. trans-mi-gras-i

Jawaban: D

18. Proses pembentukan kata pertanggungjawaban berasal dari ....

A. tanggung jawab + per-an

B. pertanggung + jawaban

C. pertanggung + jawab + -an

D. per- + tanggung + jawaban

E. per- + tanggung + jawab + -an

Jawaban: A

19. Kelompok kata di bawah ini yang merupakan frasa adalah ... .

A. ayah pergi

B. bapakku guru

C. sepatu baru

D. aldo mahasiswa

E. adik menangis

Jawaban: C

20. Penggunaan ejaan yang tidak tepat pada kalimat di bawah ini adalah ... .

A. “Dimana rumahmu, Dik?” tanya Jani.

B. Ibu menasehati adik, “Hati-hati di jalan!”

C. “Kek, saya sudah menyampaikan pesan ini kepada Nenek.”

D. Kakak Kinan membeli jeruk bali di pasar.

E. Gubernur Papua Barat mengunjungi para pengungsi.

Jawaban: A

21. Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 21.

Ujian nasional untuk sekolah dasar, sekolah dasar luar biasa, dan madrasah ibtidaiyah mulai tahun 2014 dihapuskan. Dengan demikian, mulai tahun depan, tidak ada lagi peserta didik sekolah dasar yang tinggal kelas. Peserta didik yang belum memahami atau menguasai pelajaran tetap boleh naik kelas, tetapi harus mengulang pelajaran yang belum dikuasainya.

Hasil penilaian yang dituangkan pada rapor sekolah dasar juga berubah. Hasil penilaian sikap dilaporkan dalam bentuk predikat dan deskripsi, sedangkan hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan dilaporkan dalam bentuk nilai, predikat, dan deskripsi pencapaian kompetensi mata pelajaran. Penilaian deskriptif dalam rapor harus menggunakan bahasa positif karena usia anak yang masih dalam batasan usia emas.

Penilaian deskriptif juga harus bisa memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuannya. Untuk memperkenalkan sistem yang baru tersebut, telah dilakukan pelatihan untuk guru tentang bentuk rapor, cara penilaian, dan pemberian angka.

Dengan dihapusnya ujian nasional, maka ujian akhir yang diselenggarakan oleh sekolah tetap menggunakan kisi-kisi soal dari pemerintah agar ada standar kualitas soal. Soal ujian akhir itu terdiri dari 25 persen dibuat pemerintah dan 75 persen dari satuan pendidikan yang berkoordinasi dengan kabupaten/kota serta provinsi.

Keterlibatan pemerintah dalam membuat soal-soal ujian akhir bukan sebagai intervensi pemerintah. Semata-mata hanya agar ada standar kualitas soal dan memudahkan sekolah, sekaligus meningkatkan mutu sekolah secara bertahap.Kelebihan sistem baru dalam penilaian rapor sekolah dasar dibandingkan dengan penilaian rapor sebelum tahun 2014 adalah…

A. gambaran kemampuan peserta didik dapat digunakan sebagai pemacu peningkatan kompetensinya

B. adanya predikat dalam rapor memudahkan guru dalam menentukan rangking peserta didik di kelas

C. untuk menilai sikap, keterampilan, dan pengetahuan hanya dapat dilakukan dalam bentuk penilaian deskriptif

D. hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dilaporkan dalam bentuk nilai, predikat, dan deskripsi

E. sebagai pengganti ujian nasional untuk sekolah dasar sekolah dasar luar biasa, dan madrasah ibtidaiyah yang telah dihapuskan

Jawaban: A

22. Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan perbedaan menyimak dan membaca adalah...

A. menyimak bersifat reseptif, sedangkan membaca bersifat produktif

B. membaca membutuhkan sumber bahan tulisan, sedangkan menyimak membutuhkan sumber lisan

C. menyimak bertujuan untuk memahami secara mendalam, sedangkan membaca dan sekedar memahami

D. membaca dilakukan dengan bersuara, sedangkan menyimak tidak bersuara

E. menyimak adalah kegiatan yang disengaja, membaca adalah kegiatan yang tidak disengaja

Jawaban: B

23. Seorang penyair memilih kata-kata tertentu sesuai dengan maksud dan perasaan yang ingin disampaikannya ketika menulis puisi. Fungsi bahasa yang digunakan oleh penyair tersebut adalah…

A. fungsi adaptasi

B. fungsi informasi

C. fungsi ekspresi

D. fungsi kontrol sosial

E. fungsi integrasi

Jawaban: C

24. “Seekor anak gajah terperangkap dalam lubang yang sangat besar”.

Kata yang mengandung morfem terikat pada kalimat di atas adalah ....

A. seekor dan gajah

B. seekor dan terperangkap

C. anak dan terperangkap

D. terperangkap dan lubang

E. lubang dan besar

Jawaban: B

25. Kata nyanyian terdiri atas ....

A. enam fonem, yaitu /ny/, /a/, /ny/, /i/, /a/, /n/

B. delapan fonem, yaitu /n/, /y/, /a/, /n/, /y/, /i/, /a/, /n/

C. empat fonem, yaitu /ñ/, /a/, /i/, /n/

D. tiga fonem, yaitu /nya/, /nyi/, /an/

E. enam fonem, yaitu /ñ/, /a/, /ñ/, /i/, /a/, /n/

Jawaban: E

Baca juga artikel terkait PPPK 2024 atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Edusains
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani