Menuju konten utama

20 Soal Pedagogik Tes Substantif PPG Prajabatan 2024 & Jawaban

Contoh soal pedagogik tes substantif PPG Prajabatan 2024 untuk latihan menghadapi seleksi PPG Prajabatan 2024.

20 Soal Pedagogik Tes Substantif PPG Prajabatan 2024 & Jawaban
PPG Prajab. foto/Kemdikbud

tirto.id - Contoh soal pedagogik tes substantif PPG Prajabatan 2024 dan jawabannya dalam artikel ini bisa Anda gunakan sebagai bahan latihan menghadapi seleksi PPG Prajabatan 2024.

PPG Prajabatan adalah Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Ini adalah program pendidikan untuk mencetak calon guru yang bersertifikat pendidik. Program ini bisa diikuti oleh lulusan sarjana (S1), maupun sarjana terapan (D4), apakah itu dari jurusan kependidikan, atau non-kependidikan.

Bila Anda mengikuti PPG Prajabatan, maka Anda akan menjalani masa perkuliahan selama dua semester atau satu tahun. Anda juga tidak akan dibebani biaya kuliah, karena seluruh biaya akan ditanggung beasiswa dari penyelenggara program PPG Prajabatan.

Untuk mengikuti program PPG Prajabatan, Anda harus mengikuti sejumlah tes, di antaranya adalah tes substantif dan tes wawancara. Untuk pelaksanaan tes substantif akan digelar pada 3 sampai 7 Juni 2024 dan tes wawancara akan digelar pada 1 hingga 31 Juli 2024.

Kumpulan Contoh Soal Pedagogik Tes Substantif PPG Prajabatan dan Jawabannya

Salah satu tes yang harus Anda lewati dalam seleksi PPG Prajabatan 2024 adalah tes subtantif. Tes substantif ini meliputi, Tes Penguasaan Bidang dan Tes Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi.

Tes ini akan dilaksanakan secara luring di tempat Uji Kompetensi (TUK) dengan menggunakan aplikasi Computer Assisted Test Asesmen Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK).

Salah satu materi dalam ujian tes substantif berkaitan dengan kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru memahami peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

Agar Anda bisa berlatih, berikut ini adalah kumpulan contoh soal pedagogik tes subtantif dan jawabannya:

1. Kemampuan awal yang harus dimiliki peserta didik sebelum mempelajari KD tentang mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di negara tetangga adalah...

A. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika

B. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia

C. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa

D. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia

Jawaban: B

2. Guru akan mengajarkan materi produksi dan konsumsi. Agar pembelajaran bermakna dan menyenangkan sebaiknya...

A. Menjelaskan dengan cerita menarik

B. Menjelaskan materi dengan menggunakan media gambar

C. Berdiskusi tentang konsumsi dan produksi

D. Mengajak siswanya ke lokasi pabrik tahu di dekat sekolah

Jawaban : D

3. Tenda belajar bermakna pada matematika (meaningful theory) mendukung penggunaan benda untuk dimanipulasi sehingga siswa dapat memahami dari konsep dan keterampilan baru seperti contoh berikut...

A. Guru mengenalkan bilangan tiga menggunakan contoh tiga mangga, tiga balon, tiga pensil

B. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan mengajak siswa menyebutkan secara verbal

C. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan menuliskan simbol angka 3

D Guru mengenalkan bilangan 3 dengan menggunakan gambar tiga mangga, tiga balon, tiga pensil

Jawaban : A

4. Kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan siswa adalah...

1. Mempelajari konsep jenis-jenis pekerjaan

2. Menyusun laporan dengan sistematika dengan benar

3. Mencari informasi di lingkungan tempat tinggal

4. Melakukan wawancara kepada penduduk setempat

Dari pernyataan tersebut kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan anak adalah...

A. 1, 2, 3

B. 1,3,4

C. 2,3,4

D. 1,3,4

Jawaban: C

5. Dalam kaitannya dengan upaya motivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada...

A. Metode pembelajaran

B. Pendekatan pembelajaran

C. Strategi pembelajaran

D. Gaya pembelajaran

Jawaban: C

6. Jenis-jenis pembelajaran dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

A. Fakta, konsep, prinsip, sikap

B. Fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma

C. Fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur

D. Fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur

Jawaban: B

7. Standar ketuntasan minimal belajar (SKMB) ditentukan oleh faktor di bawah ini....

A. Intake siswa tingkat kesulitan dan sarana pendukungB. Tingkat kesulitan

C. Sarana pendukung

D. Bakat dan minat siswa

Jawaban: A

8. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan...

A. Kompetensi dasar

B. Standar kompetensi

C. Indikator

D. Metode pembelajaran

Jawaban: A

9. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegiatan refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk....

A. Mengukur ketuntasan peserta didik

B. Mengukur efektivitas proses pembelajaran

C. Mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik

D. Menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya

Jawaban: C

10. Penilaian diatur dalam permendiknas RI nomor....

A. Permendiknas RI Nomor 16 tahun 2007

B. Permendiknas RI Nomor 20 tahun 2007

C. Permendiknas RI Nomor 41 tahun 2007

D. Permendiknas RI Nomor 13 tahun 2007

Jawaban: B

11. Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi aspek....

A. Kepribadian, kognitif, afektif

B. Kognitif, kepribadian, psikomotor

C. Afektif, kognitif, afektif

D. Kognitif, psikomotor, afektif

Jawaban: D

12. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah...

A. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional

B. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa inggris

C. Melakukan kegiatan pre test

D. Melakukan post test

Jawaban: C

13. Indikator dalam RPP dikembangkan berdasarkan...

a. Standar kompetensi

b. Kompetensi dasar

c. Materi pembelajaran

d. Strategi pembelajaran

Jawaban: B

14. Seorang guru menuliskan indikator pembelajaran menunjukkan sikap jujur. Guru akan mengukur reaksi perilaku siswa menanggapi contoh perilaku tidak jujur (bertindak curang dengan mencontek). Siswa diminta untuk menunjukkan reaksinya bagaimana tindakan saat “mengakui kesalahan” guru harus mampu menyusun contoh penilaian karakter tindakan jujur terhadap “mengakui kesalahan” indikator perilaku dan kategori capaian perkembangannya.

Alat penilaian yang sesuai adalah.....

A. Lembar observasi

B. Portofolio hasil kegiatan

C. Tes tentang sikap jujur

D. Pengamatan perilaku

E. Wawancara dengan siswa tentang perilaku jujur

Jawaban: A

15. Perhatikan beberapa kompetensi berikut!

1) Menyusun perencanaan pembelajaran 2) Mengelola kelas dan lingkungan belajar 3) Membuat peta konsep materi esensial

4) Mengidentifikasi materi ajar yang memicu miskonsepsi

5) Menjadi tokoh masyarakat sebagai rujukan informasi

Guru yang profesional salah satunya ditandai dengan guru yang memiliki kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik guru merupakan kemampuan guru untuk.....

A. 3 dan 5

B. 2 dan 5

C. 4 dan 5

D. 1 dan 3

Jawaban: D

16. Dalam kaitannya dengan upaya motivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada...

A. Metode pembelajaran

B. Pendekatan pembelajaran

C. Strategi pembelajaran

D. Gaya pembelajaran

Jawaban :C

17. Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegiatan refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk....

A. Mengukur ketuntasan peserta didik

B. Mengukur efektivitas proses pembelajaran

C. Mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik

D. Menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya

Jawaban: C

18. Kepala sekolah meminta guru menyerahkan laporan kegiatan jika kegiatan telah dilaksanakan. Jika laporan kegiatan telah diserahkan, honor guru dibayarkan. Simpulan yang paling tepat adalah sebagai berikut ....

A. jika honor guru dibayarkan kepala sekolah dapat menugaskan guru membuat laporan B. laporan kegiatan belum diserahkan berarti honor kepala sekolah tidak dibayarkan

C. jika kepala sekolah menerima laporan, kegiatan segera dilaksanakan

D. honor guru tidak dibayarkan berani kegiatan belum dilaksanakan

Jawaban: D

19. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah...

A. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional

B. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa inggris

C. Melakukan kegiatan pre test

D. Melakukan post test

jawaban : C

20. Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan oleh...

a. Behavioris

b. Kognitivis

c. Kognitivis behavior

d. Konstruktivisme

Jawaban: D

Baca juga artikel terkait PPG 2024 atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani