Wagub Riza Pertimbangkan Kritik JJ Riza soal Halte Bundaran HI

Reporter: Riyan Setiawan, tirto.id - 30 Sep 2022 16:08 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sejarawan JJ Rizal menilai pembangunan halte Bundaran HI tersebut dianggap arogan dan merusak pandangan warga ke Patung Selamat Datang.
tirto.id -
Wakil Gubernur DKI, Riza Patria mempertimbangkan kritikan dari Sejarawan JJ Rizal yang meminta agar menghentikan pembangunan Halte Transjakarta di Tosari - Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Pasalnya, pembangunan halte tersebut dianggap begitu arogan dan merusak pandangan warga ke Patung Selamat Datang En Henk Ngantung Fontein yang merupakan warisan Presiden Sukarno dengan Gubernur Henk Ngantung sebagai poros penanda perubahan Ibu Kota kolonial ke Ibu Kota nasional.

"Jadi nanti kami cek kembali ya. Jadi informasi dari JJ Rizal saya kira itu perlu menjadi perhatian, pertimbangan. Tapi nanti kami akan cek kembali ya," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).

Ketua DPD Jakarta Partai Gerindra itu menjelaskan, pembangunan Halte Busway HI tersebut dikarenakan jumlah penumpang yang terus meningkat signifikan sehingga bangunan perlu diperluas lagi.

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengalami kenaikan jumlah pelanggan hingga 10% dalam sebulan terakhir usai pemerintah menaikan harga
Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 3 September 2022.

Berdasarkan data Transjakarta, pada 26 Agustus jumlah pengunjung sebanyak 707.000. Kemudian pada 26 September naik menjadi 784 penumpang, lalu pada 28 September naik menjadi 792.000.
Ia mencontohkan kasus kedai kopi yang dibangun di Halte Busway Harmoni yang malah mempersempit bangunan. Akhirnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menutup kedai kopi tersebut.
"Seperti temen-temen ketahui, waktu kejadian di Harmoni yang ada kedai kopi itu saja, terpaksa ditutup kedai kopinya karena meningkatnya jumlah penumpang sehingga luasannya dibutuhkan, begitu juga di semua titik, enggak kecuali di Bundaran HI," tuturnya.
Sejarawan JJ Rizal meminta Gubernur DKI, Anies Baswedan menghentikan pembangunan Halte Transjakarta di Tosari - Bundaran HI, Jakarta Pusat.
Hal tersebut dikatakannya melalui akun Twitter pribadinya @JJRizal , Kamis (29/9/2022).
"Mohon pak Gubernur @aniesbaswedan stop pembangunan halte @PT_Transjakarta yang arogan di kawasan cagar budaya, penanda sejarah perubahan kota kolonial jadi kota nasional warisan Sukarno. Jangan biarkan halte-halte itu jadi noda di buku sejarah masa pemerintahan bapak yang kaya prestasi," kata JJ Rizal.


Baca juga artikel terkait BUNDARAN HI atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight