Tottenham vs Arsenal: Adu Tajam Harry Kane & Pierre Aubameyang

Oleh: Fitra Firdaus, Fabrieka Pambudi - 1 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Harry Kane dan Pierre Emerick Aubameyang yang hanya terpaut satu gol di Liga Inggris, akan menjadi pemain penting dalam laga Tottenham vs Arsenal pada Sabtu (2/3/2019).
tirto.id - Derbi London Utara antara Tottenham melawan Arsenal pada Sabtu (2/3/2019) akan menjadi ajang adu tajam antara Harry Kane dan Pierre Emerick Aubameyang. Kedua pemain hanya terpaut satu gol, dan sama-sama berada di deretan teratas top skor Liga Inggris.

Sejak datang ke Stadion Emirates pada putaran kedua musim 2017/2018, Pierre Emerick Aubameyang memiliki catatan gol yang meyakinkan. Hingga laga kontra Bournemouth pada Kamis (28/2), Auba mengemas 29 gol dari 49 pertandingan bersama Arsenal. Khusus di Liga Inggris, catatannya adalah 26 gol dari 40 laga.

Sementara itu, Harry Kane sudah lebih lama menjadi idola penggemar Tottenham Hotspur. Ia sudah menarik perhatian ketika mencetak 31 gol dalam 51 laga di semua kompetisi untuk Spurs pada musim 2014/2015. Ia sudah dua kali mendapatkan gelar top skor Liga Inggris pada 2015/2016 dan 2016/2017.

Menjelang Derbi London Utara, Harry Kane mencetak 3 gol dari lima pertandingan terakhir. Namun, saat Tottenham dikalahkan Chelsea 2-0 pada Kamis (28/2) ia tidak mampu mengoyak gawang lawan.

Sebaliknya, Aubameyang sempat tumpul dalam empat laga sebelum membukukan satu gol ke gawang Bournemouth dalam kemenangan 5-1 Arsenal pertengahan pekan lalu.

Baik Kane maupun Aubameyang saat ini sama-sama dalam jalur perebutan gelar sebagai top skor Liga Inggris bersama Mohamed Salah dan Sergio Aguero. Aubameyang saat ini telah mengoleksi 16 gol dan berada di peringkat ketiga dalam daftar perolehan gol. Sementara Hary Kane menempel di bawahnya, dengan perolehan 15 gol.

Di posisi puncak, ada Salah yang mencetak 18 gol, atau 3 angka di atas Aubameyang. Sedangkan Augero, memiliki 17 gol, tiga lebih banyak dari Kane.



Berdasarkan statistik Soccerway, sejak Aubameyang bermain untuk Arsenal, timnya sudah tiga kali bertemu Tottenham Hotspur. Pertemuan pertama terjadi di Liga Inggris pada 10 Februari 2019. Ketika itu, Tottenham menang 1-0 berkat gol tunggal Harry Kane. Auba tampil 90 menit di laga itu.

Pertandingan kedua, terjadi di putaran pertama Liga Inggris musim ini, saat Arsenal menang 4-2. Aubameyang mencetak dua gol, sedangkan Kane satu.

Pertemuan paling belakangan terjadi di Piala Liga Inggris. The Lily Whites mampu menundukkan The Gunners 0-2, lewat 2 gol yang masing-masing dicetak oleh Son Heun-Min (20’) dan gol pengunci kemenangan Delle Ali (59’) lewat assist Hary Kane. Aubameyang tampil penuh, sedangkan Kane bermain sejak menit ke-58.

Kini, dalam pertemuan keempat Aubameyang dan Kane, apakah yang akan terjadi? Mampukah mereka berdua kembali menjadi sumber gol tim masing-masing di Derbi London Utara?

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus & Fabrieka Pambudi
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Fabrieka Pambudi
Penulis: Fitra Firdaus & Fabrieka Pambudi
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight