Top Skor Liga 1: Sylvano Comvalius Kejar Catatan Rekor Peri Sandria

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 26 Oktober 2017
Dibaca Normal 1 menit
Sylvano Comvalius mengejar rekor 34 gol Peri Sandria selama semusim di liga Indonesia. Comvalius butuh dua gol lagi untuk memecahkan rekor itu dengan tiga laga tersisa Bali United.
tirto.id - Gol Sylvano Comvalius di masa injury time pada laga melawan tuan rumah Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Rabu (25/10/2017) kemarin menyisakan cerita tersendiri. Tak hanya menyelamatkan Serdadu Tridatu dari kekalahan, torehan tersebut membuat Comvalius di ambang rekor pencetak gol terbanyak dalam satu musim sepanjang sejarah Liga Indonesia.

Gol pada laga kemarin merupakan gol ke-33 Comvalius musim ini. Artinya, Comvalius telah melewati torehan Cristian Gonzales yang menyumbang 32 gol selama satu musim kala memperkuat Persik Kediri tahun 2007 silam. Semenjak rekor Gonzales tersebut, belum ada pemain lain (selain Comvalius) yang bisa melampaui angka 32 gol.

Kendati demikian, rekor tertinggi pencetak gol terbanyak dalam semusim ternyata bukan milik Gonzales. Jauh sebelum tahun 2007, tepatnya pada 1995, striker tim Mastrans Bandung Raya, Peri Sandria mencatatkan rekor dengan capaian 34 gol selama semusim. Sejak saat itu, tak satupun pemain di Liga Indonesia dapat melampaui rekor Peri, termasuk Gonzales.

Dengan menyisakan tiga pertandingan, peluang Comvalius untuk memecahkan atau setidaknya menyamai rekor tersebut terbuka lebar. Ia hanya perlu tambahan dua gol untuk melewati, atau satu gol saja untuk menyamai. Situasi seolah makin menguntungkan karena dari tiga laga sisa tersebut, dua diantaranya bakal berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, kandang Bali United.

Sebelas Laga Beruntun

Nama Comvalius sebenarnya tak lebih diunggulkan di bursa perebutan top skor GoJek Traveloka Liga 1 pada awal musim. Di laga-laga awal, produktivitasnya masih kalah dibanding striker ternama lain, sebut saja salah satunya marquee player Madura United Peter Odemiwingie.

Comvalius baru membuktikan tajinya kala tak pernah berhenti menyumbang gol dalam sebelas pertandingan beruntun Bali United. Catatan tersebut dicapainya sejak pekan ke-11 hingga pekan ke-21. Bahkan, dalam beberapa pertandingan di rentang tersebut Comvalius kerap membukukan lebih dari satu gol dalam satu pertandingan, antara lain pada laga melawan Barito Putera di putaran pertama (dua gol), Persela (dua gol), Madura United (tiga gol), dan Mitra Kukar (lima gol).

Capaian tersebut kemudian mengantarkan pemain asal Belanda itu memimpin telak dalam di perolehan top skor sementara Liga 1. Marclei Santos membuntuti di posisi kedua, bahkan tertinggal 11 gol dari Comvalius.

Pada laga berikutnya, Comvalius dan Bali United akan menjamu Sriwijaya FC, Senin (30/10/2017). Setelah itu petualangan Comvalius bakal berlanjut kala berkunjung ke markas PSM Makassar dan menjamu tim juru kunci Persegres Gresik United. Melihat tren kemenangan besar yang didapat Bali United kala bermain di kandang, keberhasilan Comvalius menyalip rekor Peri Sandria seolah tinggal menunggu waktu.

Kendati demikian, rekor dan gelar top skor Comvalius akan terasa lebih manis jika ia mampu mengantar Bali United menjuarai GoJek Traveloka Liga 1 musim ini. Saat ini Bali United sendiri menempati peringkat tiga dengan 59 poin. Mereka terpaut dua angka dari pemuncak klasemen sementara PSM Makassar, serta kalah selisih Gol dari Bhayangkara FC yang menempati peringkat dua dengan satu sisa pertandingan lebih banyak.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2017 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Agung DH