Tips Pengobatan Alami untuk Mengatasi Sakit Perut Anak

Oleh: Balqis Fallahnda - 25 Juni 2020
Dibaca Normal 3 menit
Setidaknya ada 10 cara pengobatan alami untuk mengatasi sakit perut pada anak, terutama yang disebabkan oleh gangguan ringan.
tirto.id - Sakit perut sangat umum terjadi pada anak-anak. Seringkali sakit perut tersebut hanya penyakit yang ringan dan tidak disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius.

Sebagian besar kasus sakit perut pada anak terjadi karena gejala ringan, sembelit, atau lapar. Ada pula anak mengaku sakit perut hanya agar tidak melakukan sesuatu yang tidak diinginkannya.

Analisis tersebut berdasarkan kajian Claire McCarthy, MD, seorang Senior Faculty Editor, di Harvard Health Publishing.

Namun demikian, melihat anak kesakitan dan sampai menangis karena sakit perut tentu membuat banyak orang tua khawatir. Orang tua tentu juga ingin segera mengatasinya agar anaknya merasa nyaman kembali.

Sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi sakit perut pada anak, setidak ada ada 10 metode pengobatan alami yang bisa diterapkan. Berikut daftar 10 cara pengobatan alami untuk sakit perut pada anak, sebagaimana dilansir laman Firstcry Parenting.

1. Pastikan anak tetap terhidrasi

Tawarkan segala bentuk teh tanpa gula seperti teh mint atau teh jahe kepada anak Anda agar ia tetap terhidrasi. Cara ini bisa menenangkan saraf perut dan membantu menurunkan rasa sakit.

Jangan memberi anak produk susu atau produk goreng/berminyak sampai dia merasa lebih baik dan sakit perut mereda.

Anda juga bisa memberi anak roti bakar atau oatmeal saat dia merasa lapar. Jika sakit perutnya disertai muntah, jangan memberinya makanan padat. Biarkan dia mengkonsumsi makanan cair sampai rasa sakitnya mereda.

2. Coba kompres hangat

Salah satu solusi teraman dan paling efektif untuk sakit perut adalah kompres hangat. Hal terbaik tentang kompres hangat adalah tidak memiliki efek samping dan memberikan bantuan cepat. Jika Anda menggunakan bantal pemanas, pilih tingkat panas terendah dan letakkan di perut anak.

Jika Anda tidak memiliki bantal pemanas, gunakan botol berisi air hangat yang dibungkus dengan kain sebagai alat kompres. Pastikan bantalan pemanas atau botol air yang Anda gunakan hangat dan tidak panas. Kompres hangat efektif karena bisa merilekskan otot-otot anak dan meredakan sakit perutnya.

3. Gunakan asafoetida

Asafoetida juga merupakan obat yang efektif untuk sakit perut pada balita. Obat herbal tersebut bisa meredakan sakit perut dengan membantu pelepasan gas dari tubuh.

Cara penggunaanya: campurkan bubuk Asafoetida dengan air untuk membuat pasta dan oleskan di sekitar pusar anak. Pastikan anak berbaring dalam posisi horisontal saat Anda mengoleskannya. Hal ini agar pasta tidak masuk ke pusar.

Mencampur bubuk engsel dengan minyak zaitun dan memijat bagian perut bayi dengan itu selama beberapa waktu juga dapat memberinya bantuan cepat.

4. Berikan youghurt atau makanan probiotik lainnya

Makanan probiotik juga dikenal dapat membantu meredakan sakit perut. Misalnya, yoghurt, yang mengandung probiotik di dalamnya, dapat meredakan diare dan kram. Yoghurt juga penuh dengan bakteri baik yang mengkompensasi hilangnya mikroba di usus.

Biji fenugreek juga membantu mengobati sakit perut pada balita. Giling segenggam biji fenugreek, tambahkan yogurt, dan berikan kepada anak jika ia sakit perut.

5. Berikan teh herbal jahe

Teh herbal berbahan jahe juga bisa meredakan sakit perut pada anak usia balita. Parut jahe dan rendam dalam air hangat selama beberapa lama. Lalu, saring dan berikan kepada anak Anda jika ia berusia dua tahun ke atas. Jika ia berusia di bawah dua tahun, Anda bisa mengoleskan jus jahe di sekitar area pusarnya.

Anda juga bisa memberi anak secangkir teh dengan beberapa daun mint dan beberapa tetes jus lemon di dalamnya. Minuman ini bisa membantu meredakan sakit perut. Mint dapat membantu menghilangkan bakteri berbahaya dari usus sementara lemon bisa membantu mengatasi sembelit.

Namun, sebelum memberikan teh herbal kepada anak, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

6. Berikan madu

Madu adalah sumber karbohidrat, gula, dan antioksidan yang baik. Ini dapat diberikan kepada bayi dengan menambahkannya dalam teh herbal atau air hangat.

Anak-anak juga suka meminum madu secara langsung tanpa campuran. Namun, jangan memberi madu tanpa campuran air kepada anak Anda jika ia berusia kurang dari 2 tahun.

7. Pijat area sekitar perut anak dengan lembut

Rasa sakit pada perut dapat dihilangkan dengan meningkatkan sirkulasi darah di sekitarnya dan ini dapat dengan mudah dicapai dengan memberikan pijatan lembut yang merelaksasi saraf dan otot.

Dengan memakai telapak tangan dan jari-jari Anda, pijat area sekitar perut anak secara lembut. Saat memijat lakukan gerakan melingkar searah jarum jam di sekitar area pusar anak. Memijat area dari dagu hingga bagian bawah perut anak juga dapat memberikannya rasa nyaman.

8. Cobalah pijat refleksi kaki

Ada banyak saraf di tangan dan kaki yang bila ditekan ringan dapat memiliki efek terapi pada area tubuh tertentu.

Caranya: pegang kaki kiri anak dengan telapak tangan kanan. Dengan tangan kiri di bawah bola kakinya, berikan tekanan yang stabil menggunakan ibu jari. Berikan tekanan di lengkungan sentral kaki kirinya selama satu menit dan ulangi 4-5 kali. Lakukan pijatan ini sebelum anak makan.

9. Suruh Anak bergerak

Menyuruh anak bergerak juga bisa membantu meredakan sakit perutnya. Gerakan apa pun yang dapat membantu merangsang saluran pencernaan dianjurkan jika anak mengeluh sakit perut.

Aktivitas biasa seperti berjalan dan berlari dapat juga bisa membantu meredakan sakit perut si kecil.

10. Coba diet BRAT

Diet BRAT juga dapat memberikan pertolongan untuk sakit perut pada anak. BRAT ialah singkatan dari Banana (pisang), Rice (nasi), Applesauce (saus apel atau apel yang dihaluskan) dan Toast (roti panggang).

Diet pisang, nasi, saus apel, dan roti bakar (BRAT) dapat memberikan kelegaan bagi anak ketika ia menderita diare. Makanan ini tidak mengandung rempah-rempah sehingga tak akan memperburuk kondisi sakit perut anak.

Selain itu, diet hambar ini sangat cocok untuk anak-anak ketika mereka sakit dan menginginkan sesuatu untuk dimakan yang sesuai dengan seleranya.


Baca juga artikel terkait atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Addi M Idhom
DarkLight