Stadion 974 Piala Dunia 2022 dari Kontainer, Bisa Bongkar pasang

Kontributor: Dicky Setyawan, tirto.id - 29 Nov 2022 16:50 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Stadion 974 yang dipakai di Piala Dunia 2022 dibangun dari susunan kontainer. Berikut konstruksi bangunan Stadion 974.
tirto.id - Stadion 974 di Piala Dunia 2022 terbuat dari susunan kontainer, menjadikannya sebagai salah satu stadion terunik. Terlebih, stadion berkapasitas 40 ribu penonton ini bisa dibongkar-pasang. Rencananya, bangunan ini bakal dibongkar setelah penyelenggaraan World Cup 2022 selesai.

Nama Stadion 974 diambil dari kode panggilan negara Qatar dan diresmikan pada 20 November 2021. Nama tersebut juga merepresentasikan jumlah kontainer yang tersusun untuk membentuk bangunan itu.

Jika dilihat dari luar, stadion ini akan tampak seperti susunan lego raksasa dengan corak warna-warni. Stadion yang khusus dipakai untuk gelaran Piala Dunia 2022 ini terletak di ibu kota Qatar, Doha, tepatnya di distrik Ras Abu Aboud.


Stadion 974 bisa dibangun menggunakan kontainer lantaran lokasinya dekat dengan Pelabuhan Doha (sekitar 3 km) dan Bandara Internasional Hamad (sekitar 5 km). Kemudahan pembangunan stadion ini didukung karena didirikan di atas lahan bekas industri milik Qatar Petroleum, perusahaan minyak milik negara Qatar.


Pembangunan dan Konstruksi Stadion 974


Stadion 974 dirancang oleh arsitek Fenwick Iribarren. Sementara itu, kontraktor yang membawahi proyek pembangunan stadion ini adalah HBK Contracting Co. W.L.L. Rancangan dan desain stadion diresmikan pada 26 November 2017. Enam bulan setelahnya, tender kontraktor pengerjaan diumumkan.

Penggarapan konstruksi utama stadion dimulai pada 1 November 2019 dengan mendatangkan kontainer buatan produsen Tiongkok, China International Marine Containers.

Kontainer dipilih sebagai material konstruksi lantaran diklaim memiliki dampak karbon yang rendah, hemat biaya, dan lebih fleksibel. Material itu dipilih sehingga memungkinkan stadion dibangun dengan teknik prefabrikasi.

Secara definitif, prefabrikasi adalah metode pembangunan yang dilakukan dengan memanfaatkan komponen-komponen di luar lokasi proyek dan kemudian dibawa ke lokasi.

Konstruksi utama stadion rampung digarap per Maret 2021. Dilanjutkan sebulan setelahnya dengan pemasangan rumput stadion.


Sementara itu, konstruksi yang terbuat dari susunan kontainer memungkinkan ventilasi alami, sehingga sirkulasi udara terjaga dengan baik. Lokasi stadion yang berada tak jauh dari teluk pantai Arab tepat di sisi barat dan utara bangunan, juga meningkatkan pendinginan alami tersebut.

Stadion ini menjadi satu dari delapan stadion di Piala Dunia 2022 yang tidak menggunakan teknologi pendingin tambahan. Kebanyakan stadion lain di dunia menggunakan teknologi pendingin tambahan untuk menurunkan suhu hingga 20 derajat celcius. Mengingat, suhu udara yang terlalu panas dikhawatirkan mengganggu penyelenggaraan laga, khususnya para pemain di lapangan.

Dilansir dari Gulf Times Stadion 974 menerima sertifikat Sistem Penilaian Keberlanjutan Global alias Global Sustainability Assessment System (GSAS) dari Gulf Organization for Research and Development (GORD). Stadion tersebut mendapat peringkat bintang lima dalam desain dan konstruksi, serta kategori keunggulan dalam manajemen konstruksi.

Inovasi pembangunan dengan memanfaatkan material kontainer membuat Stadion 974 dapat menghemat hampir 40 persen penggunaan air. Menurut sumber yang sama, stadion ini nantinya dibongkar seluruhnya, termasuk kursi dan semua bagian fasilitasnya, untuk kemudian diberikan kepada negara-negara yang tidak memiliki infrastruktur stadion.

Saat Piala Dunia 2022 rampung digelar, Stadion 974 digadang-gadang bakal menjadi salah satu warisan terbaik dari tuan rumah Qatar. Warisan itu -tidak hanya bersifat monumental melainkan juga soal gagasan dan inovasi untuk menciptakan teknologi global yang berkelanjutan.


Jadwal Pertandingan di Stadion 974 di Piala Dunia 2022


Stadion 974 menjadi venue untuk 7 pertandingan dalam jadwal Piala Dunia 2022, dengan rincian 6 laga fase grup dan 1 laga babak 16 besar. Pertandingan perdelapan final yang akan digelar di stadion ini mempertemukan juara Grup H dan peringkat kedua Grup G.

Stadion bongkar-pasang ini telah menjadi saksi rekor pencapaian salah satu pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo. Di venue tersebut, pemain berjuluk CR7 itu mencatatkan sejarah sebagai pemain pertama yang mencetak gol di 5 edisi Piala Dunia berbeda. Pencapaian itu diraih ketika dia mencetak gol dari titik putih dalam duel Portugal vs Ghana, Kamis (24/11/2022).

Berikut jadwal pertandingan Piala Dunia 2022 di Stadion 974:

22 November: Meksiko v Polandia (Grup C)

24 November: Portugal v Ghana (Grup H)

26 November: Prancis v Denmark (Grup D)

28 November: Brasil v Swiss (Grup G)

30 November: Polandia v Argentina (Grup C)

2 Desember: Serbia v Swiss (Grup G)

5 Desember: Juara Grup H v Runner-up Grup G (16 Besar)

Baca juga artikel terkait RAGAM DAN HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Dicky Setyawan
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dicky Setyawan
Penulis: Dicky Setyawan
Editor: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof

DarkLight