Soal Uang Rp75.000 Dijual Jutaan di Platformnya, Ini Respons Shopee

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 18 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Shopee Indonesia mengklaim sudah menghapus iklan penjualan uang baru Rp75 ribu dengan harga tidak wajar di platformnya.
tirto.id - Setelah sempat viral uang baru pecahan Rp75.000 dijual online dengan harga 1,5 juta-8,8 juta per lembar, Public Relations Lead Shopee Indonesia Aditya Maulana Noverdi mengklaim pihaknya sudah menghapus iklan penjualan uang baru di platform belanja online Shopee.

"Saat ini kami telah memastikan semua produk terkait dan toko yang menjual uang tunai Rp75.000 dengan harga tidak sesuai dari aplikasi Shopee sudah diturunkan, guna menjaga kenyamanan dan keamanan semua pengguna Shopee," jelas dia dalam keterangan resmi yang diterima Tirto.id, Selasa (18/8/2020).

Aditya menjelaskan, penyediaan uang Rp75.000 versi terbaru sesuai dengan dengan regulasi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, secara resmi uang tunai tersebuthanya dapat diakses melalui Bank Indonesia, Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga setelah melakukan pemesanan online melalui aplikasi dan/atau website Bank Indonesia.

"Kami mendedikasikan tim internal Shopee untuk melakukan pemantauan secara aktif dan rutin terhadap produk-produk yang dijual di dalam aplikasi kami, agar sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku dari pemerintah," tandas dia.

Berdasarkan penelusuran tirto, akun r1k16 yang berlokasi Kabupaten Aceh Barat menjual dengan harga Rp1,5 juta per lembar di platform belanja online. Akun ini memiliki dua lembar uang baru Rp75.00 yang dicetak terbatas.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meresmikan secara virtual uang kertas rupiah khusus pecahan 75.000 sebanyak 75 juta lembar untuk memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia.

“Pengeluaran uang peringatan Kemerdekaan 75 tahun RI juga telah melalui perencanaan matang dilakukan tahun 2018,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam peresmian uang rupiah khusus secara virtual di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Menkeu menjelaskan perencanaan dan penentuan jumlah rupiah yang dicetak khusus itu sudah melalui koordinasi lintas sektor yakni BI, Kementerian Keuangan, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Sosial dan para ahli waris pahlawan.

Adapun pahlawan yang ada di lembaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun Republik Indonesia itu yakni Proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta.


Baca juga artikel terkait UANG BARU 75000 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Reja Hidayat
DarkLight