Soal TVRI Belajar dari Rumah Kelas 1-3 SD Sampai SMA 13 Mei 2020

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 13 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
Soal TVRI Belajar dari Rumah kelas 1-3 SD hingga SMA 13 Mei hari ini.
tirto.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyarankan masyarakat untuk tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Untuk mendukung anjuran tersebut, Kemendikbud membuat Program Belajar dari Rumah yang menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19.

Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan.

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 13 Mei 2020


08.00-09.00 WIB Jalan Sesama: Sehari-hari (PAUD)

08.30-09.00 WIB Sahabat Pelangi: Chandra Oh Chandra (Kelas 1-3 SD)

09.00-09.30 WIB Mengenal Masyarakat Bugis Makassar (Kelas 4-6 SD)

09.30-10.00 WIB Membaca itu Asyik! (SMP)

10.03-10.30 WIB Matematika itu Menyenangkan! (SMA)

10.30-11.00 WIB Mendidik Anak (Parenting)

21.30-23.30 WIB Film: Mondok

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 13 Mei 2020


Soal TVRI Belajar dari Rumah Kelas 1-3 SD

Sahabat Pelangi: Chandra Oh Chandra

KOMPETENSI LITERASI: Memahami isi tayangan, mengingat kembali inti tayangan, menyampaikan gagasan secara lisan, serta menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya.

1. Mengapa Chandra harus membantu orang tuanya?

2. Apa yang dapat kita lakukan jika teman mengalami kesulitan menemukan alamat seperti Chandra?

3. Bagaimana cara menjaga amanah atau titipan yang diberikan kepada kita?

Soal TVRI Belajar dari Rumah Kelas 4-6 SD

Mengenal Masyarakat Bugis Makassar

KOMPETENSI LITERASI: Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya.

Pertanyaan setelah video (2)
1. Menurutmu, apa saja kehebatan orang Bugis Makassar pada masa lalu berdasarkan tayangan tadi?

(VO sebelum video (3): Wah jauh sekali yah orang-orang Bugis Makassar berlayar menyeberangi laut. Memang, pelaut Bugis sangat terkenal dalam mengarungi lautan. Mereka bahkan sampai ke Afrika! Seperti apa ya kapal orang Bugis ini? Mari kita lihat tayangan berikut mengenai perahu Pinisi, perahu orang Bugis!

Pertanyaan setelah video (4):
1. Bagaimana cara membuat Perahu Pinisi? Ceritakan dengan singkat kepada keluargamu!
2. Apa yang bisa kita teladani dari Bapak Muhammad Djafar, pembuat perahu Pinisi? Mengapa?

Soal TVRI Belajar dari Rumah SMP

Membaca Itu Asyik!

KOMPETENSI LITERASI: (1) Mempresentasikan pendapat secara lisan dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan; (2) Membuat hipotesis sederhana dalam konteks yang spesifik.

(VO sebelum video): Teman-teman, membaca buku adalah salah satu cara mengetahui isi dunia. Melalui tayangan ini kalian bisa menyaksikan bagaimana kecintaan proklamator kita Mohammad Hatta pada buku.

1. Pertanyaan setelah video (2): Dari kisah Mohammad Hatta, apa manfaat membaca buku yang masih relevan dengan kehidupanmu saat ini?

2. Pertanyaan setelah video (4): Berikan pendapatmu bagaimana meningkatkan kegemaran membaca buku di tengah banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk sekadar bermain media sosial dalam gawai!

3. Pertanyaan setelah video (5): Apa dampak negatif jika banyak generasi muda Indonesia yang tidak suka membaca buku?

Soal TVRI Belajar dari Rumah SMA/SMK

Matematika Itu Menyenangkan!

KOMPETENSI LITERASI: (1) Menilai akurasi informasi dan keragaman penggambaran masyarakat dalam tayangan; (2) Merepresentasikan tanggapan dalam bentuk tulisan; (3) Menulis riset menggunakan rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan dan metodologi sederhana dalam mencari teknik menghafal seru.

(VO sebelum video): Katanya, matematika itu susah, karena kita harus banyak menghitung dan menghafalkan rumus-rumus. Namun jika sejak SD berpikir seperti itu, artinya apa yang kita lakukan selama ini salah. Untuk mengubah cara pandang kita tentang matematika, yuk kita tonton tayangan berikut ini!

1. Pertanyaan di akhir Segmen 1 dari video (2) (0:00-6:00): Berikanlah 2 contoh pengaplikasian konsep matematika dalam kehidupan manusia sehari-hari!

2. Pertanyaan di akhir Segmen 2 dari video (2) (6:01-12:53): Menurutmu, mengapa mempelajari matematika bermanfaat untuk menyelesaikan masalah dan menjadikan kita mengerti tentang dunia?

(VO sebelum video): Ada banyak trik untuk membuat matematika dan IPA lebih mudah dipelajari. Teman-teman ingin tahu?

3. Pertanyaan di akhir video (3): Cari dan jabarkanlah teknik atau metode menghafal seru yang baru dalam usahamu memahami suatu materi (seperti tabel periodik, rumus tertentu, atau lainnya)!


Baca juga artikel terkait BELAJAR DARI RUMAH atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight