Soal Belajar dari Rumah Hari Ini untuk SD Sampai SMA di TVRI

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 6 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
Belajar dari Rumah hari ini untuk kelas 4-6 SD hingga SMA.
tirto.id - Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat virus corona COVID-19.

Pembelajaran dalam Program Belajar dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

"Tetap belajar dari rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan, dan pakai masker agar kita mencegah penyebaran COVID-19," tulis Kemendikbud.

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 6 Mei 2020


08.00-08.30 WIB Jalan Sesama: Panca Indra (PAUD dan sederajat)

08.30-09.00 WIB Sahabat Pelangi: Bermalam di Rumah Nisa (SD Kelas 1-3 dan sederajat)

09.00-09.30 WIB Mengenal Aneka Pantun (SD Kelas 4-6 dan sederajat)

09.30-10.00 WIB Tutorial Penyutradaraan dan Produksi Artistik (SMP dan sederajat)

10.00-10.30 WIB Bisnis Hidroponik Mainan Edukatif (SMA dan sederajat)

10.30-11.00 WIB Keluarga Indonesia: Menjadi Orang Tua Yang Lebih Baik (Parenting)

21.30-23.30 WIB Film Nasional: Perahu Kertas 1

Pertanyaan Belajar dari Rumah 6 Mei 2020 untuk SD-SMA


Pertanyaan Belajar dari Rumah untuk Kelas 1-3 SD

Sahabat Pelangi: Bermalam di Rumah Nisa

KOMPETENSI LITERASI: (1) Menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya; (2) Mengemukakan gagasan secara lisan.

Pertanyaan di akhir segmen:

1. Tuliskan dua hal yang kamu ketahui tentang Ambon dari cerita tersebut!

2. Alat transportasi apa yang dapat digunakan untuk bisa sampai ke Ambon?

3. Hal-hal baik apa yang dilakukan Wayan dan teman-teman terhadap Martha?

4. Nisa dan Martha memiliki makanan favorit sesuai daerah masing-masing. Apa makanan favorit keluargamu? Tuliskan bagaimana cara membuatnya! Mintalah bantuan orang tua di rumah.


Pertanyaan Belajar dari Rumah untuk Kelas 4-6 SD

Mengenal Aneka Pantun (1/2)

KOMPETENSI LITERASI: Menulis pantun untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur

1. Tuliskan ciri-ciri pantun!

2. VO awal video (3): Adik-adik, sekarang kita coba dengarkan yuk beberapa contoh pantun teka-teki dan pantun nasehat! Kita juga akan mendengar beberapa siswa-siswi di SDN 1, Kelurahan Pasar Sungai Penuh, Jambi, berpantun!

3. Buatlah satu bait pantun teka-teki!

5. Buatlah satu bait pantun nasehat dengan tema menjaga kesehatan!

6. Tahukah kamu kalau pantun ada di kehidupan kita sehari-hari? Misalnya, di Jambi ketika memanen madu, bapak-bapak ini saling bersahutan dengan syair pantun. Kenapa ya? Coba kita dengarkan!

7. Pantun juga ada di banyak lagu-lagu daerah. Misalnya di lagu Kicir-Kicir yang merupakan lagu daerah Betawi di Jakarta ini. Coba perhatikan lagunya, pantun apa yang ada di dalam lagu ini? Nah, adik-adik, catat pertanyaan ini yah!
Pertanyaan (di awal video):
Tuliskan salah satu pantun yang ada di lagu Kicir-Kicir!

Pertanyaan Belajar dari Rumah untuk SMP

Tutorial Penyutradaraan dan Produksi Artistik

KOMPETENSI LITERASI: Mempresentasikan pendapat secara lisan dengan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan

(VO awal video): Tertarik dengan karir sutradara? Simak yuk, penjelasan dari Ratrikala Bhre Aditya, sutradara yang pernah menjadi Asisten Sutradara dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 dan Sokola Rimba.

1. Pembuatan film tidak terlepas dari peran sutradara. Kemukakan pendapatmu, apakah sebuah film yang diminati penonton tergantung pada sutradara ataukah pemainnya?

(VO awal video): Tata artistik adalah seni bertutur secara sinematik. Dua pelaku penting di dalamnya adalah Perancang Artistik dan Penata Artistik. Dalam situasi tertentu, kedua peran ini sering digabungkan. Bagaimana pekerjaan seorang penata artistik, akan dijelaskan oleh Nanang Garuda, seniman sekaligus pengajar di institut seni.

Pertanyaan di akhir video:
3. Jika kamu ingin membuat film pendek dengan menggunakan gawai, tata artistik apa yang harus kamu gunakan agar film yang kamu buat bagus?

4. Tuliskan rangkuman tentang pengertianmu akan perancang artistik dan penata artistik!

Pertanyaan Belajar dari Rumah untuk SMA

Bisnis Hidroponik

KOMPETENSI LITERASI: (1) Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat dalam diskusi berdasarkan pengetahuan dan data yang dapat dipertanggungjawabkan; (2) Merepresentasikan tanggapan terhadap bacaan menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari bacaan lain dalam bentuk tulisan.

(VO akhir video): Menarik ya, teman-teman, bagaimana memotivasi generasi milenial yang ingin berwirausaha dan memajukan pertanian Indonesia. Bertani dengan cara modern seperti hidroponik pastilah memiliki tantangan dan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengurangi biaya, petani ini membuat alat konvensional yang kualitasnya tidak kalah dengan alat ekspor. Sekarang jawab pertanyaan berikut.

1. Jelaskan bagaimana cara petani hidroponik tersebut mengatasi tantangan dan memasarkan hasil pertaniannya?

(VO akhir video): Dari tayangan tersebut ada beberapa pernyataan menarik dari Pak Surya. Sebelum berbisnis industri hidroponik, ketahui lebih dahulu pangsa pasarnya dan hitung biayanya. Perlu keberanian agar tidak takut gagal. Beliau lebih fokus kepada bisnisnya daripada belajar. Belajar menyemai dan merawat diserahkan kepada siswa lulusan SMK yang pernah PKL di lokasinya.

2. Jika kamu ingin serius berbisnis, upaya apakah yang akan kamu lakukan? Apakah harus menunggu modal besar? Tuliskan gagasanmu dengan memanfaatkan berbagai sumber.


Baca juga artikel terkait BELAJAR DARI RUMAH atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight