Sinopsis Anime Barakamon: Kisah Seniman Kaligrafi Jepang

Oleh: Hana Afifah Nuraini - 6 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis anime Bakaramon yang mengisahkan Seishuu Handa, seorang seniman kaligrafi Jepang.
tirto.id - Anime Barakamon (2014) yang diadaptasi dari manga berjudul sama karya Satsuki Hoshino terdiri dari 12 episode. Anime bergenre komedi dan slice of life ini mengisahkan perjalanan hidup Seishuu Handa, seorang seniman kaligrafi Jepang atau disebut shodo.

Di Jepang, anime Barakamon yang diproduksi oleh Kinema Citrus tayang sejak 6 Juli 2014 hingga 27 September 2014. Sementara itu, manganya terdiri dari 18 tankobon (134 act) yang setiap babnya dirilis oleh Gangan Online sejak 21 Februari 2019 hingga 12 Desember 2018.

Bakaramon mengisahkan Seishuu Handa, bernama asli Sei, yang mencurahkan hidupnya untuk seni. Handa yang berusia 23 tahun tidak terima ketika kaligrafinya dikritik oleh seorang kurator membosankan dan terlalu sesuai dengan buku contoh. Handa yang temperamental memukul kurator tersebut.

Untuk menenangkan hati dan pikiran Handa, sang ayah mengirimnya ke pulau kecil bernama Goto. Di sini, mau tidak mau Handa mesti beradaptasi dengan kehidupan desa, yang jauh dari kemudahan dan modernitas yang selama ini dirasakannya di Tokyo.

Handa menemukan berbagai hal baru di pulau ini: para tetangga yang baik sekaligus aneh, anak-anak yang menjadikan rumahnya sebagai markas, dan sebagainya. Kebaikan hati orang-orang desa menjadi inspirasi dan semangat Handa dalam melukis kaligrafinya.

Keberadaan tokoh-tokoh lain seperti Naru Kotoishi, Miwa Yamamura, Tamako Arai, Hiroshi Kido, Hina Kubota, Kawafuji Takao dan Kousuke Kanzaki menambah semarak kehidupan Handa di pulau itu. Bersama dengan kawan-kawan barunya, Handa perlahan-lahan makin dewasa. Ia kembali percaya diri dalam menciptakan shodō.

Suasana sehari-hari tentang tekanan dalam pekerjaan, kebingungan menentukan pilihan, rasa takut gagal dan rasa tidak aman yang menghantui Handa mengilustrasikan beban hidup kebanyakan anak muda pada rentang usia 20 tahunan.

Keberadaan tokoh anak kecil, Naru Kotoishi yang baru 6-7 tahun, meringankan beban Handa. Naru menunjukkan kepada Handa bahwa hidup harus dinikmati, selayaknya anak kecil menikmati permainan.

Berdasarkan penilaian IMDb, anime Barakamon mendapatkan rating 8,2 dari 10.

Lagu pembuka anime Barakamon adalah "Rashisa" yang dinyanyikan Super Beaver, sedangkan lagu penutupnya "Innonence" oleh NoisyCell.




Baca juga artikel terkait SINOPSIS BARAKAMON atau tulisan menarik lainnya Hana Afifah Nuraini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Hana Afifah Nuraini
Penulis: Hana Afifah Nuraini
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight