Siapa Zulkifli Hasan: Menteri Perdagangan Baru di Resuffle Kabinet?

Penulis: Alexander Haryanto, tirto.id - 15 Jun 2022 17:44 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Profil Zulkifli Hasan, menteri perdagangan baru yang ditunjuk dalam reshuffle kabinet Jokowi.
tirto.id - Presiden Joko Widodo baru saja melakukan reshuffle kabinet pada hari ini, Rabu, 15 Mei 2022, salah satu menteri baru adalah Zulkifli Hasan. Zulkifli resmi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Lantas seperti apa profilnya?

Dalam mengemban tugas baru itu, Zulkifli berjanji akan mengatasi masalah harga dan pasokan minyak goreng curah dalam beberapa hari mendatang. "Ada beberapa cara dan formula yang bisa mengatasi itu. Kita tunggulah satu dua hari," kata Zulkifli seperti diberitakan Antara.

Zulkifli mengaku sudah berdiskusi dengan pelaku usaha minyak sawit. Kala itu, dia menyampaikan bahwa prioritas Presiden Jokowi adalah harga minyak goreng curah Rp14.000 per liter dengan pasokan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Sebulan lalu saya diskusi dengan teman-teman pelaku usaha minyak sawit. Ada skala prioritas. Prioritas Presiden itu 14.000 minyak curah, sampai di tempat barangnya ada. Nah itu yang tidak tuntas," ungkap Zulkifli.

Infografik SC Zulkifli Hasan
Infografik SC Zulkifli Hasan. tirto.id/Fuad


Profil Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan adalah pria kelahiran 31 Agustus 1962. Selain memegang posisi Menteri Perdagangan, dia juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) dan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024.

Dia pernah menjabat sebagai Ketua MPR RI pada periode 2014-2019 dan duduk di kursi Menteri Kehutanan sejak tahun 2009 sampai 2014.

Sebelum terjun ke dunia politik, Zulkifli merintis kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), kemudian beralih menjadi wirausahawan. Ia pernah menduduki posisi penting sebagai presiden direktur dari sejumlah perusaahan.

Dia terjun ke dunia politik tahun 2000 dengan bergabung di Lembaga Buruh Tani dan Nelayan PWM Jakarta dan terpilih sebagai ketua sampai tahun 2005.

PEMBEKALAN KADER PAN BAKAL CALON KEPALA DAERAH
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyampaikan paparan dalam Mentoring Kebangsaan di Amanat Institute, Jakarta, Sabtu (22/8/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.


Memasuki periode 2000 – 2005, Zulkifli menjabat sebagai Ketua Departemen Logistik di DPP PAN. Posisi itu pula yang akhirnya mengantar Zulkifli Hasan menjadi Ketua Fraksi PAN di DPR periode 2005 – 2009.

Selaku anggota dewan, Zulkifli ditempatkan di Komisi VI yang membidangi perhubungan dan infrastruktur. Di tahun 2015, dia ikut dalam pencalonan ketua umum PAN dan terpilih untuk periode 2015-2020.

Namanya juga pernah disebut dalam sidang kasus dugaan tindak pidana suap terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan Riau pada tahun 2014. Keterlibatan Zulkifli Hasan disebut ketika ia masih menjabat sebagai Menteri Kehutanan periode 2009 - 2014.

Tepat pada hari ini, Rabu, 15 Juni 2022, Presiden Jokowi melantik Zulkifli Hasan menjadi Mendag menggantikan Muhammad Lutfi yang menjabat sejak 23 Desember 2020.


Baca juga artikel terkait PROFIL ZULKIFLI HASAN atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight