Sejarah dan Profil Anggota X1, Grup Bentukan "Produce X 101" Mnet

Oleh: Maria Ulfa - 14 November 2019
Dibaca Normal 5 menit
Profil personel X1 dan sejarah grup bentukan survival show Produce X 101 produksi Mnet.
tirto.id - Boy group bentukan acara survival Produce X 101 di Mnet, X1 baru-baru ini diterpa sejumlah kontroversi terkait manipulasi pemungutan suara. Selain itu, beredar kabar yang mengungkapkan bahwa sebenarnya sejumlah personel X1 belum menandatangani kontrak dengan CJ ENM, agensi yang membentuk program acara Produce X 101.

Sebagaimana dilansir Soompi, Kamis (14/11/2019), sejumlah agensi dari para anggota X1 telah beberapa kali berdiskusi mengenai isi kontrak, akan tetapi kontrak yang sudah diselesaikan pada akhirnya belum diteken oleh para agensi tersebut.

Selain itu, terdapat laporan yang juga menyatakan bahwa sejumlah agensi dari anggota X1 telah menandatangani kontrak dengan CJ ENM, sementara sejumlah agensi lainnya belum melakukannya karena mereka belum menyetujui isi dari kontrak tersebut.

Sementara itu, alasan lain mengapa perwakilan agensi masing-masing anggota belum menandatangani kontrak tersebut karena mereka ingin melihat bagaimana hasil investigasi mengenai manipulasi pemungutan suara berakhir.

“Para anggota dan agensi melihat ke masa depan karier mereka lima tahun di masa depan, bukan hanya lima tahun mereka sebagai anggota X1. Mereka berpikir secara mendalam tentang apakah benar untuk terus promosi sebagai anggota X1 atau tidak,” ujar salah satu sumber dari industri hiburan, kembali seperti dikutip Soompi.

Sumber tersebut juga menambahkan, "Anggota sudah menerima banyak komentar jahat, dan itu melukai mereka. Ini situasi yang mengerikan. Mereka berpikir keras tentang apa keputusan terbaik untuk X1 dan apa penggemar mereka. Sangat melegakan bahwa mereka belum menandatangani kontrak dengan CJ ENM. Tetapi dari sudut pandang CJ ENM, jika mereka memikirkan pendapatan yang akan mereka peroleh dari lima tahun promosi X1, mereka tidak akan bisa melepaskan X1 dengan mudah."


Sejarah Pembentukan X1

X1 dibentuk melalui program survival Produce X 101 yang tayang di Mnet mulai 3 Mei hingga 19 Juli 2019. Dari 101 trainee, Mnet memilih 10 dari 20 trainee yang masuk ke babak final melalui pemungutan suara dari penggemar.

Sementara, anggota terakhir yang disebut sebagai peringkat X dipilih dari trainee yang tersisa dan memiliki peringkat pemungutan suara tertinggi, jika digabungkan dari semua episode yang telah ditayangkan. Semua anggota X1 diumumkan melalui siaran langsung di Mnet yang digelar pada 19 Juli 2019, demikian seperti dikutip Hankuk Gyeongjae.

Setelah program berakhir, X1 disebut-sebut akan meneken kontrak dengan Swing Entertainment, agensi yang sebelumnya menaungi Wanna One. Para anggota juga akan berpromosi sebagai anggota X1 selama 5 tahun.

Dari 5 tahun itu, 2,5 tahun akan digunakan untuk promosi secara ekslusif sebagai anggota X1, dan sisanya, bisa digunakan oleh para anggota untuk beraktivitas bersama agensinya masing-masing.

Pada 19 Agustus, X1 mengumumkan nama fandom mereka “ONE IT”. ONE IT memiliki dua arti berbeda, yakni “want it X1” sebagai suku kata pertama dari kata "ingin" dalam bahasa Korea (원하다), dan terdengar seperti "one" dalam bahasa Inggris.

Sementara itu, arti kedua adalah "one of it”, dengan begitu, para anggota ingin menjelaskan bahwa penggemar adalah salah satu orang yang penting bagi X1.

Sementara itu, menyambut debut resmi mereka, program reality show bertajuk “X1 Flash” telah ditayangkan oleh Mnet sejak 22 Agustus 2019. Program reality show tersebut dibuat untuk memperlihatkan bagaimana kegiatan para anggota X1 menjelang debut, dan juga memperlihatkan kegiatan sehari-hari dari para anggota X1.

X1 resmi melangsungkan debut pada 27 Agustus 2019 melalui lagu “Flash” dengan album debut bertajuk Emergeny: Quantum Leap. Setelah resmi debut, X1 menggelar debut showcase di Gocheok Sky Dome, Seoul pada tanggal yang sama.


Pencapaian dan Prestasi X1

Sebelum debut resmi, X1 telah membuat debut di Billboard pada tangga lagu Social 50 dan Emerging Artists di Nomor 6 dan Nomor 11. Hal tersebut menjadikan mereka sebagai artis Korea pertama yang mendapatkan tempat di Social 50 sebelum melangsungkan debut.

X1 juga telah berhasil menjual lebih dari 500 ribu keping mini album Emergency: Quantum Leap pada minggu pertama penjualannya. X1 berhasil memecahkan rekor album debut dengan penjualan minggu pertama tertinggi. Di mana sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh Kang Daniel, mantan personel Wanna One yang debut dengan album Color On Me.

Setelah debut dengan lagu “Flash”, X1 berhasil memboyong total 11 trofi kemanangan di program musik Korea Selatan. Trofi terakhir X1 dapatkan melalui program musik “M Countdown” di Mnet dengan perolehan poin total sebesar 10.945.


Profil Personel X1

Berikut ini adalah profil lengkap para personel X1, sebagaimana dikutip Kprofiles.

Han Seung Woo (한승우)


Han Seung Woo yang biasa dipanggil Seung Woo ini merupakan leader X1, dan ia adalah anggota X1 yang menduduki peringkat ketiga dalam episode final program acara Produce X 101 dengan total voting sebanyak 1.079.200 suara.

Seung Woo lahir pada 24 Desember 1994 di Busan, dan ia didapuk oleh anggota lainnya sebagai leader, sekaligus berperan main vocalist di dalam grup. Seung Woo juga menjadi anggota tertua di dalam grup X1.

Sebelum menjadi personel X1, Seung Woo telah melangsungkan debut sebagai personel boy group VICTON pada November 2016 di bawah naungan PLAN A Entertainment. Di dalam grup VICTON, Seung Woo juga ditunjuk sebagai leader.

Cho Seung Youn (조승연)

Cho Seung Youn memiliki nama panggung WOODZ sebelum debut sebagai anggota X1. Seung Youn merupakan anggota yang menduduki peringkat kelima dalam episode final Produce X 101 dengan total voting sebanyak 929.311 suara.

Seung Youn lahir 5 Agustus 1996 dan kampung halamannya adalah Gyeonggi. Posisinya di dalam X1 adalah sebagai main vocalist dan lead rapper.

Seung Youn juga dikenal sebagai produser, dan sebelum berpatisipasi dalam Produce X 101, Seung Youn telah mengikuti program survival lainnya, seperti Show Me The Money 5 dan Unpretty Rapstar 3 yang keduanya juga tayang di Mnet.

Sebelum debut sebagai anggota X1, Seung Youn telah debut sebagai anggota UNIQ di bawah naungan Yuehua Entertainment.


Kim Woo Seok (김우석)

Kim Woo Seok, atau yang akrab dengan sapaan Wooseok adalah anggota yang menduduki peringkat kedua dengan jumlah voting sebanyak 1.304.033 suara. Selama program acara Produce X 101, Wooseok selalu berada di peringkat 10 besar.

Wooseok lahir di Daedeok Gu, Daejeon pada 27 Oktober 1996, dan posisinya di dalam grup adalah sebagai visual dan lead vocalist.

Sebelum debut sebagai anggota X1, Wooseok telah debut sebagai personel UP10TION pada 2015 di bawah naungan TOP Media. Wooseok menggunakan nama panggung Wooshin saat beraktivitas sebagai anggota UP10TION.

Kim Yo Han (김요한)

Yohan adalah personel X1 yang menduduki peringkat pertama dengan jumlah voting mencapai 1.334.011 suara pada final Produce X 101. Karena menduduki peringkat pertama, Yohan berperan sebagai centre dan face of group di dalam X1. Yohan juga memiliki posisi sebagai lead rapper di dalam grup.

Yohan lahir pada 22 September 2019, dan ia berasal dari Jungnang Gu, Korea Selatan. Sebelum berpartisipasi dalam acara Produce X 101, Yohan baru menjalani pelatihan selama 3 bulan di bawah naungan OUI Entertainment.

Lee Han Gyul (이한결)

Lee Han Gyul adalah personel X1 yang menduduki peringkat ke-7 dalam episode final Produce X 101 dengan jumlah suara mencapai 794.411. Lee Han Gyul yang akrab disapa Hangyul ini memiliki posisi sebagai main dancer dan lead vocalist di dalam grup X1.

Hangyul lahir di Namdong Gu pada 7 Desember 1999. Sebelum debut sebagai anggota X1, Hangyul pernah menjadi penari latar untuk sejumlah idol K-Pop, seperti Jiyeon T-ARA dalam lagu “Lullaby” dan Shannon William dengan lagu “Hello”.

Sebelum debut sebagai anggota X1, Hangyul pernah debut sebagai anggota IM, akan tetapi, kini grup tersebut telah dibubarkan. Hangyul juga pernah berpartisipasi dalam program acara surival lainnya, yakni The Unit yang tayang di KBS. Kini, Hangyul berada di bawah naungan MBK Entertainment sebagai trainee.

Cha Jun Ho (차준호)

Junho merupakan anggota yang menduduki peringkat ke-9 dalam episode final Produce X 101 dengan total suara mencapai 756.939. Di dalam grup, Junho berperan sebagai visual dan vokalis.

Junho lahir pada 9 Juli 2002, dan ia berasal dari daerah Hongseong Gun, Korea Selatan. Sebelum debut sebagai personel X1, Junho adalah trainee di Woolim Entertainment, agensi yang menaungi INFINITE dan Lovelyz.


Son Dong Pyo (손동표)

Son Dong Pyo menduduki posisi ke-6 dalam episode final Produce X 101 dengan total suara 824.389. Dalam X1, Dongpyo memiliki posisi sebagai lead dancer dan vokalis. Idol kelahiran 9 September 2002 ini berasal dari daerah Yeongdeok Gun, Gyeongsang Utara.

Dalam program Produce X 101, Dongpyo pernah terpilih sebagai centre untuk lagu utama “X1-MA”. Sebelum debut sebagai anggota X1, Dongpyo adalah trainee di bawah naungan DSP Media. Dongpyo juga pernah tergabung dalam grup dance bernama ARTBEAT.

Kang Min Hee (강민희)

Kang Min Hee merupakan anggota yang mengamankan posisi ke-10 dalam episode final Produce X 101 dengan total suara mencapai 749.444. Di dalam grup X1, Minhee memiliki posisi sebagai vokalis.

Idol kelahiran 17 September 2002 ini berasal dari Suncheon, di Jeolla Selatan. Sebelum menjadi anggota X1, Minhee adalah trainee di bawah naungan Starship Entertainment, agensi yang menaungi SEVENTEEN dan Nu’est.

Lee Eun Sang (이은상)

Eunsang adalah personel X1 yang mendapat peringkat X dalam episode final Produce X 101, yakni anggota yang dipilih berdasarkan hasil pengumpulan suara secara kumulatif sejak program acara ditayangkan.

Eunsang lahir di Jeju pada 26 Oktober 2002. Di dalam grup X1, Eunsang memiliki posisi sebagai vokalis. Sebelum debut sebagai X1, Eunsang adalah trainee di bawah naungan Brand New Music, agensi yang menaungi AB6IX.

Song Hyeong Jun (송형준)

Song Hyeong Jun atau yang akrab disapa Hyeongjun adalah anggota yang berhasil mengamankan posisi ke-4 dalam episode final Produce X 101 dengan mengumpulkan voting sebanyak 1.049.222 suara.

Idol kelahiran 30 November 2002 ini berasal dari daerah Gyeongnam, Yongyeong, Korea Selatan. Di dalam grup, Hyeongjun memiliki posisi sebagai lead dancer, rapper dan vokalis. Sebelum debut sebagai anggota X1, Hyeongjun adalah trainee di bawah naungan Starship Entertainment, bersama dengan Minhee.

Nam Do Hyon (남도현)

Dohyun adalah anggota termuda dalam grup X1, dan ia berhasil mengamankan posisi ke-8 dalam episode final Produce X 101 dengan total perolehan suara mencapai 764.433. Di dalam grup X1, Dohyun memiliki posisi sebagai main rapper.

Dohyun lahir pada 10 November 2004 dan ia berasal dari daerah Incheon, Gyeonggi, Korea Selatan. Sebelum debut sebagai personel X1, Dohyun pernah berpartisipasi dalam program acara Under Nineteen yang tayang di MBC.

Sebelum debut sebagai personel X1, Dohyun merupakan trainee di bawah naungan MBK Entertainment bersama Hangyul.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Ibnu Azis
DarkLight