Sebagian Korban Pengepungan YLBHI Bertahan di Komnas HAM

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 18 September 2017
Dibaca Normal 1 menit
Saat ini, peserta "Asik Asik Aksi: Indonesia Darurat Demokrasi" YLBHI yang masih bertahan di Komnas HAM mencapai 56 orang.
tirto.id - Sebagian besar peserta "Asik Asik Aksi: Indonesia Darurat Demokrasi" di YLBHI masih dievakuasi di kantor Komnas HAM di Jl. Latuharhari, Menteng. Mereka terpaksa dievakuasi dari gedung YLBHI karena pengepungan yang dilakukan massa anti-demokrasi sejak malam hingga dini hari tadi.

Berdasarkan pantauan Tirto di kantor Komnas HAM, terdapat beberapa orang yang sudah meninggalkan Komnas HAM untuk kembali ke kediamannya masing-masing. Mereka yang sudah meninggalkan Komnas HAM umumnya pergi seorang demi seorang.

Sejauh ini belum ada rombongan peserta yang meninggalkan Komnas HAM dalam jumlah banyak. Menurut pihak kepolisian, sedang dilakukan pendataan per lokasi dari para peserta "Asik Asik Aksi: Indonesia Darurat Demokrasi". Tujuannya agar para peserta yang sekiranya berasal dari lokasi yang berdekatan, akan diantar pulang secara bersamaan.

Terdapat sekitar 120-an orang peserta yang dievakuasi dari gedung YLBHI. Proses evakuasi sendiri berlangsung sangat alot karena massa yang mengepung tidak mengindahkan seruan kepolisian untuk mundur. Evakuasi peserta aksi di YLBHI mulai dilakukan sekitar pukul 02.52 WIB oleh pihak kepolisian.

Peserta yang sudah dipulangkan menggunakan satu bus sebanyak 12 orang ke Pasar Minggu dan Depok, sedangkan ke Jakarta Timur sebanyak 4 orang menggunakan mobil Avanza. Selain itu, 9 orang juga berhasil dievakuasi menggunakan satu bus ke daerah Blok M dan 14 orang dievakuasi ke Stasiun Kota dengan dua mobil. Saat ini peserta yang masih bertahan di Komnas HAM mencapai 56 orang.

Sebagian dari massa meminta perwakilan LBH menemui mereka. Kejadian bermula saat LBH Jakarta sedang mengadakan acara “Asik Asik Aksi: Indonesia Darurat Demokrasi”. Acara selesai menjelang pukul 22.00. Usai acara, beberapa orang mulai mendatangi gedung LBH dan berteriak-teriak tentang "Bahaya PKI”, "G30S itu kejam!" “Ganyang PKI!”

Seiring waktu bergerak mendekati tengah malam, jumlah massa justru semakin bertambah. Evakuasi tidak terhindarkan karena massa yang melakukan pengepungan semakin beringas. Lemparan batu menghujani kantor YLBI mengakibatkan beberapa polisi mengalami luka, kaca-kaca di kantor YLBHI pecah, dan belasan peserta kegiatan mengalami luka-luka.

Baca juga: Polisi Mulai Evakuasi Peserta Acara di LBH Jakarta

Baca juga artikel terkait PEMBUBARAN SEMINAR 1965 atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel & Dieqy Hasbi Widhana
Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Maya Saputri