Rekrutmen D3 PLN: Daftar 15 Perguruan Tinggi yang Jalin Kerja Sama

Oleh: Yulaika Ramadhani - 20 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Daftar 15 Perguruan Tinggi yang menjalin kerja sama dengan PLN
tirto.id - PT PLN kembali membuka rekrutmen program D3, bekerja sama dengan 15 Perguruan Tinggi di 14 kota.

Hal ini diumumkan pihak PLN di laman resminya pada Selasa (19/3/2019). PLN menyatakan bekerja sama dengan 15 Perguruan Tinggi telah membuka Program Diploma III Kelas Kerja Sama Tahun Ajaran 2019/2020.

"Guna menjaring dan membina tenaga-tenaga teknik terbaik untuk memenuhi kebutuhan pegawai, PLN kembali membuka rekrutmen Program D3 kerja sama dengan 15 Perguruan Tinggi di 14 kota," tulis PLN.

Berikut daftar 15 Perguruan Tinggi yang menjalin kerja sama dengan PLN :

1. Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih
2. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
3. Politeknik Negeri Ambon
4. Politeknik Negeri Bali
5. Politeknik Negeri Banjarmasin
6. Politeknik Negeri Jakarta
7. Politeknik Negeri Kupang
8. Politeknik Negeri Malang
9. Politeknik Negeri Manado
10. Politeknik Negeri Medan
11. Politeknik Negeri Padang
12. Politeknik Negeri Semarang
13. Politeknik Negeri Ujung Pandang
14. Politeknik Negeri Sriwijaya
15. Sekolah Tinggi Teknik PLN

Pihak PLN juga menyampaikan, informasi rekrutmen selengkapnya dapat dilihat di masing-masing perguruan tinggi.

Untuk di Politeknik Negeri Semarang (polines), jalur penerimaan mahasiswa baru jalur kelas kerjasama PT PLN (Persero) tahun akademik 2019/202 ini diperuntukkan bagi lulusan khusus.

Sebagaimana diumumkan di laman resminya, lulusan tersebut di antaranya adalah siswa/lulusan SMA IPA dan SMK jurusan Kelistrikan Pesawat Udara, Teknik Pembangkit Tenaga Listrik, Teknik Jaringan Tenaga Listrik, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Otomasi Industri, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Audio-Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Elektronika Telekomunikasi, Teknik Mekatronika dan Teknik Ototronik.

Jalur ini dibuka untuk pendidikan jenjang diploma tiga (D3) bidang teknik elektro yang disesuaikan dengan kebutuhan bidang teknik di PT PLN. Jurusan yang dibuka yakni Teknik Elektro Program Studi Teknik Listrik (Konsentrasi gardu induk / sistem transmisi dan distribusi).

“Lewat kelas ini diharapkan lulusannya siap bekerja dan dikembangkan kompetensinya setelah diterima sebagai pegawai PLN," kata Direktur Polines, Ir. Supriyadi, MT.

Kuota yang tersedia untuk jalur ini sebanyak 48 mahasiswa baru (2 kelas). Lebih lanjut dijelaskan, melalui jalur ini perkuliahan aktif hanya lima semester, pemagangan atau On Jobs Training (OJT) selama 6 bulan di PLN dan selama OJT peserta mendapat uang saku dan asuransi.

Selain itu lulusannya langsung mengikuti diklat prajabatan sebagai prasyarat untuk diangkat menjadi pegawai PT PLN (Persero).

Pendaftaran secara online untuk Polines berlangsung mulai 1 Maret – 11 April 2019 di laman https://pmb.polines.ac.id/pln.



Baca juga artikel terkait LOWONGAN BUMN atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH