Lebaran 2022

Puncak Arus Balik Mudik Lebaran 2022 & Aplikasi Cek Lalu Lintas

Kontributor: Risa Fajar Kusuma, tirto.id - 8 Mei 2022 00:06 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jasa Marga memprediksi, puncak arus balik mudik Lebaran 2022 diprediksi terjadi pada 7-8 Mei 2022.
tirto.id - Setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri pada Senin, 2 Mei 2022, besok seluruh masyarakat Indonesia akan sama-sama mengakhiri masa cuti bersama dan mulai melaksanakan aktivitas masing-masing.

Kini para pemudik akan kembali menuju domisili masing-masing dan memadati jalur mudik baik di jalan raya maupun jalan tol, hingga jalur penyeberangan laut.

Dilansir dari laman resmi Instagram Jasa Marga, puncak arus balik mudik Lebaran 2022 diprediksi akan terjadi pada 7-8 Mei 2022.

Saat ini Jasa Marga telah mencatat sebanyak 815.612 kendaraan kembali menuju Jabodetabek pada H2 hingga H+3 yang jatuh pada 3-6 Mei 2022, ini meningkat 51,1 persen pada lalu lintas normal.

Sebelumnya Jasa Marga telah mencatat 1.757.837 juta kendaraan telah meninggalkan Jabodetabek pada H-10 sampai H-1 Lebaran, ini meningkat 18,6 persen dari lalu lintas normal.

Distribusi kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek kali ini menuju pada tiga arah, yaitu arah Timur sebanyak 945.000 (Transjawa dan Bandung), Barat sebanyak 484.653 (Merak) dan Selatan sebanyak 328.184 (Puncak).

Adapun mulai 6 Mei 2022 Pukul 14.00 WIB, Diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas one way dan contraflow dari GT Kalikangkung, Jalan Tol Batang-Semarang, sampai dengan Jalan Tol Jakarta Cikampek.

Sementara itu pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way itu masih terus diterapkan pada 7 Mei 2022. Rekayasa lalu lintas ini juga diterapkan di ruas jalan tol Transjawa.

Sementara itu terkait arus balik mudik Lebaran, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat untuk menyeberang kembali dari Bakauheni menuju ke Merak setelah 8 Mei 2022.

Mengingat, puncak arus balik angkutan penyeberangan diprediksi akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu ini (7-8 Mei 2022).

“Sampai hari Sabtu pagi ini, baru sekitar 37 persen yang bergerak. Artinya ada kecenderungan sisanya yang 63 persen akan menyeberang dalam satu-dua hari ini. Saya mengimbau jangan kembali hari ini dan besok. Kalau bisa ditunda hari Senin atau Selasa (9/10 Mei 2022)," kata Budi saat meninjau Pelabuhan Panjang, Lampung, Sabtu (7/5/2022).

Budi mengatakan, untuk memecah kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, telah disiapkan Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan tambahan.

“Kami siapkan Pelabuhan Panjang menjadi Pelabuhan untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju Pelabuhan di Ciwandan, Banten,” ujarnya.

Secara kumulatif, mulai Rabu sampai dengan Sabtu siang ini, terdapat total sebanyak 4.787 penumpang, 862 sepeda motor, 380 mobil pribadi, dan 45 truk/bus yang menyeberang melalui Pelabuhan Panjang Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Untuk mengendalikan lonjakan arus balik, sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah. Selain mengimbau masyarakat untuk menghindari kembali pada puncak arus balik (6 sampai 8 Mei 2022), kebijakan lainnya yang telah dilakukan yaitu: membolehkan para pekerja untuk cuti setelah tanggal 8 Mei 2022 dan membolehkan anak-anak untuk sekolah secara daring.

“Jadi bapak ibunya bisa cuti, anak-anak bisa sambil sekolah daring,” tuturnya.

Travoy Aplikasi Cek Lalu Lintas Terkini

Untuk mengantisipasi titik lokasi kemacetan akibat arus balik mudik Lebaran 2022, tahun ini pemerintah menciptakan aplikasi yang diberi nama Travoy.

Aplikasi Travoy ini diluncurkan pada 29 April 2022 oleh PT Jasa Marga bersama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Travoy Aplikasi membantu pengendara untuk memantau secara langsung kondisi dan informasi lalu lintas terkini di jalan tol melalui fitur CCTV dan dapat juga memantau rekayasa lalu lintas hingga pemeliharaan jalan tol.

Apabila pengendara membutuhkan bantuan, Travoy juga menyediakan fitur “Chat Us” yang terhubung dengan WhatsApp.

Selain itu Travoy juga dapat menyediakan informasi berupa tarif tol, cek riwayat transaksi, pengecekan saldo, dan tersedia juga informasi rest area. Bahkan aplikasi ini menyediakan berbagai fitur penunjang dalam menu “Lainnya”. Aplikasi Travoy dapat di unduh melalui Playstore ataupun App Store.



Baca juga artikel terkait LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Risa Fajar Kusuma
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Risa Fajar Kusuma
Penulis: Risa Fajar Kusuma
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight