Piala AFF U-18 2019

Prediksi Timnas Indonesia U-18 vs Myanmar: Misi Jadi Juara Grup A

Oleh: Wan Faizal - 14 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Timnas Indonesia U-18 vs Myanmar di Piala AFF U-18 2019: Garuda berpeluang menang dan keluar sebagai juara Grup A.
tirto.id - Pertandingan pemungkas Grup A Piala AFF U-18 2019 yang melibatkan duel Tim nasional (Timnas) Indonesia U-18 vs Myanmar digelar di Thong Nhat Stadium, Rabu (14/8/2019) pukul 15.30 WIB. Melihat peta persaingan, Timnas U18 minimal tidak boleh kalah jika ingin menjadi juara Grup A.

Kedua tim saat ini memang menjadi penguasa dari Grup A. masing-masing sudah melakoni empat pertandingan. Baik Indonesia maupun Myanmar sama-sama bisa menyapu bersih semua laga alias sanggup mengoleksi 12 poin. Maka, pertemuan antara dua tim ini nanti bagaikan laga final.

Indonesia sendiri berharap bisa mengakhiri penyisihan grup dengan status juara. Penting bagi anak asuh Fakhri Husaini mendapatkan status tersebut meski di babak semifinal nanti mereka tetap tak bisa memilih lawan karena masih ada persaingan ketat antara Malaysia, Australia, dan Vietnam.

Melawan Myanmar, Fakhri berharap anak asuhnya bisa belajar banyak dari laga melawan Laos. David Maulana dan kawan-kawan keteteran menghadapi tipikal permainan Laos yang cenderung keras dan cepat. Myanmar sendiri punya gaya main yang tidak jauh berbeda sehingga sang pelatih berharap anak asuhnya sudah bisa mempelajari permainan lawan.

“Saya rasa Myanmar memiliki gaya permainan yang tidak jauh beda dengan Laos, yakni bermain menekan, keras kepala, dan berani duel. Saya harap anak-anak bisa memetik pelajaran dari pertandingan sebelumnya (kontra Laos). Mengenai target, tentunya kami ingin meraih poin penuh dan menjadi juara grup,” kata Fakhri.

Di sisi lain performa Myanmar memang tak bisa diremehkan. Tim satu ini punya grafik permainan yang lumayan meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, Indonesia pun kerap kesulitan ketika meladeni permainan Myanmar baru-baru ini.

Namun unggul secara kualitas, tak seharusnya Timnas U-18 sampai menelan kekalahan melawan Myanmar. Asal bisa tetap bermain dengan kepala dingin, kemenangan akan tetap berada dalam genggaman skuad Garuda Nusantara sebagai bekal maju ke semifinal.



Kondisi Tim Terkini

Kecuali Mohammad Supriadi, para pemain Indonesia lain dikatakan berada dalam kondisi fisik yang prima untuk turun berlaga. Supriadi sendiri mengalami cedera engkel saat bermain melawan Laos pada Senin (12/8/2019) dan masih riskan untuk diturunkan kontra Myanmar.

“Mengenai Supriadi bisa main atau tidak, kita masih harus melihat perkembangan terapinya. Namun jika melihat cedera di engkel kanannya yang merupakan cedera kambuhan, kemungkinan ia tidak bisa main melawan Myanmar,” kata dokter Timnas U-18, Syarif Alwi.

Perkiraan susunan pemain:

Indonesia: Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Yudha Febrian; Brylian Aldama, David Maulana, Beckham Putra Nugraha; Fajar Fatur Rahman, Bagus Kahfi, Sutan Zico

Myanmar: Nay Lin Htet; Thet Hein Soe, Nyan Lin Htet, Si Thu Moe Khant, Kaung Khant Kyaw; Yan Kyaw Soe, Aung Ko Oo, Moe Swe; Hein Htet Aung, Saw Kyaw Ae, La Min Htwe

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-18 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal
DarkLight