Liga Champions 2019

Prediksi Munchen vs Liverpool, Mencari Pemenang di Allianz Arena

Oleh: Permadi Suntama - 13 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tuan rumah lebih diunggulkan dalam prediksi Bayern Munchen vs Liverpool di Liga Champions pada Kamis (14/3/2019).
tirto.id - Bayern Munchen akan menjamu Liverpool di Alianz Arena, pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis (14/3/2019) pukul 03.00 WIB. Tuan rumah mengincar kemenangan untuk lolos ke perempat final. Peluang masih sama-sama terbuka karena di leg pertama tercipta skor 0-0 tanpa gol di Anfield.

Nico Kovac menyebutkan, kali ini, tidak akan ada hasil imbang tanpa gol seperti di leg pertama. Juru taktik berkebangsaan Kroasia itu pun yakin, anak asuhnya akan menumbangkan The Reds.

“Tidak akan ada lagi [hasil akhir] 0 -0 karena jika kami ingin melaju [ke babak berikutnya], kami harus menang. [Liverpool adalah] tim terbaik [dalam melakukan] serangan balik. Anda harus memulai permainan dengan baik dan menemukan ritme [permainan ketika berjumpa dengan mereka," ungkap Kovac, dikutip laman resmi Bayern Munchen.

"Anda tidak dapat mengharapkan kami hanya maju [menyerang] dan mungkin [justru] menghukum diri sendiri [dengan melupakan pertahanan]. Kami perlu menemukan keseimbangan [dalam menyerang dan bertahan]," tambah sang juru taktik.

Bayern Munchen memang harus menang untuk lolos ke babak berikutnya, karena jika laga berakhir imbang tanpa gol, akan ada babak perpanjangan waktu hingga adu penalti. Sementara itu, jika laga seri dengan kedua tim sama-sama mencetak gol, maka Liverpool yang akan lolos ke babak berikutnya berkat agresivitas gol tandang.

Manuel Neuer harus memastikan bahwa gawangnya tidak akan kebobolan dalam pertandingan leg kedua kontra Liverpool nanti. Namun, itu bukan keuntungan bagi kubu tim tamu. Pasalnya, dukungan dari suporter tuan rumah, akan membuat Robert Lewandowski dan kolega tampil habis-habisan di laga tersebut.

Terkait peluang Liverpool, pelatih Jurgen Klopp menegaskan, yang terpenting bagi timnya adalah memanfaatkan yang terbaik dari semua situasi yang tercipta.

"[Dalam pertandingan esok] Akan ada saat-saat ketika kami bisa mendominasi, [dan sebaliknya] akan ada momen, ketika Bayern mendominasi, tetapi di kedua momen itu Anda dapat menggunakan situasi dan itulah yang kami coba. Tetapi soal keseimbangan [menyerang dan bertahan], itu benar," kata Klopp dikutip situs resmi Liverpool.



Perkiraan Susunan Pemain

Bayern Munchen (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Niklas Sule, Matt Humels, David Alaba; Thiago Alcantara, Javi Martinez; Serge Gnabry, James Rodriguez, Frank Ribery; Robert Lewandowski.

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Giorginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firminho, Sadio Mane.

Prediksi Pertandingan

Kedua tim yang bermain imbang di leg pertama, akan sama-sama mengusung misi wajib menang di laga Kamis (14/3) nanti. Dukungan suporter yang memadati Alianz Arena, diprediksi akan menambah semangat Thiago Alcantara dan rekan-rekan untuk memenangi pertandingan.

Bayern Munchen pun diprediksi akan sedikit menguasai jalannya pertandingan, sementara Liverpool akan memainkan sepakbola yang lebih efektif, dengan mengandalkan trio Salah, Firminho dan Mane di lini depan. Selain itu dua full back Liverpool pun diprediksi tidak akan bermain terlalu agresif, mengingat Die Roten punya pemain-pemain sayap yang cepat di kedua sisi untuk melakukan serangan.

Berdasarkan statistik dari whoscored, kedua tim sama-sama mengandalkan sisi sayap dalam merancang serangan. Dengan 76% dilakukan melalui sisi sayap, sementara Liverpool 73%.

Dalam urusan penguasaan bola, tuan rumah sedikit lebih unggul dari tamunya, dengan rerata 55% penguasaan bola per laga, berbanding rerata 52% yang dibuat tim tamu.

Namun, dalam hal menciptakan peluang, Liverpool lebih baik dengan rerata membuat 15,9 tendangan ke gawang per laga, kendati hanya berhasil mengkonversikan 8% di antaranya. Sementara itu tuan rumah yang membuat rerata 14,9 tendangan ke gawang per laga, berhasil mengkonversikan 14% di antaranya menjadi gol.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight