Copa del Rey

Prediksi Athletic Bilbao vs Granada: Mimpi Los Leones ke Final

Oleh: Permadi Suntama - 12 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Athletic Bilbao vs Granada di leg pertama semifinal Copa del Rey pada Kamis (13/2/2020): tuan rumah unggul segalanya dari tim tamu.
tirto.id - Athletic Bilbao akan menjamu Granada di Estadio San Mames, dalam semifinal leg pertama Copa del Rey 2019/2020 pada Kamis (13/2/2020) pukul 03.00 WIB. Los Rojiblancos bakal berupaya mencapai final dan kembali meraih trofi yang terakhir mereka raih 36 tahun lalu.

Dilansir dari situs web resmi klub, Athletic Bilbao selalu gagal meraih gelar Copa del Rey juara pada musim 1983/1984. Namun musim ini anak asuh Gaizka Garitano telah menunjukkan kepantasan mereka menjadi kandidat terkuat juara. Di semifinal, Los Rojiblancos berhasil menumbangkan Barcelona sang juara terbanyak Piala Raja dengan skor 1-0.

Selain itu, tiga tim lain yang tersisa di babak semifinal Copa del Rey musim ini di atas kertas dapat dikalahkan oleh Inaki Williams dan rekan-rekan, yaitu Granada, Real Sociedad, dan Mirandes. Bicara performa terkini, Athletic memang kesulitan memenangi 5 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi (hanya menang sekali). Namun Los Leones punya rekor yang apik saat bersua Granada.

Athletic selalu menang, dalam 3 pertemuan termutakhir jumpa klub Andalusia. Kekalahan terakhir Los Leones atas calon lawan terjadi pada 23 November 2015. Situasi ini membuat Athletic Bilbao lebih diunggulkan untuk memenangi leg pertama, terlebih mereka akan bermain di depan pendukung sendiri.

Namun, Granada juga bukan lawan yang bisa diremehkan. Mereka hanya tertinggal satu angka dari Athletic di klasemen sementara La Liga. Selain itu, mereka sukses menumbangkan juara bertahan Copa del Rey, Valencia di babak sebelumnya dengan skor 2-1.

Masalahnya, pelatih Granada, Diego Martinez, terancam tak dapat menurunkan full bek kanan andalannya, Dimitri Foulquier. Pemain asal Perancis itu memiliki masalah keluarga, yang disebut Martinez harus segera diselesaikan.

"Dia memiliki keluarga yang lebih utama, sebelum sepak bola. Kami menghargai itu. Dan kami akan menunggunya sampai sebelum laga [apakah Foulquier, dapat bermain atau tidak]," kata Diego Martinez, dikutip dari Evening Standard.

Prediksi Jalannya Pertandingan

Berdasarkan catatan dari Whoscored, jika mengacu konteks performa di Liga Spanyol, Athletic Bilbao memiliki keunggulan dalam duel udara. Rata-rata, mereka Inaki Williams memenangi 59% duel yang mereka lakukan di setiap pertandingan. Hal itu harus menjadi perhatian khusus bagi tim tamu jika tak ingin menderita kekalahan di leg pertama.

Di sisi lain, Roberto Soldado dan kawan-kawan memiliki modal yang cukup bagus untuk meredam permainan tuan rumah. Mereka memiliki zona marking yang cukup bagus untuk menutup pergerakan tim tamu. Ditambah, keduanya kemungkinan besar akan menggunakan skema yang sama, yakni 4-2-3-1.



Perkiraan Susunan Pemain

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Iago Herrerin; Ander Capa, Yeray Alvarez, Inigo Martinez, Yuri; Mikel Vesga, Dani Garcia; Iker Muniain, Raul Garcia, Inigo Cordoba; Inaki Williams.

Granada (4-2-3-1): Aaron Escandell; Dimitri Foulquier, German Sanchez, Jesus Vallejo, Carlos Neva; Maxime Gonalons, Yangel Herrera; Antonio Puertas, Carlos Fernandez, Alvaro Vadillo; Roberto Soldado.

Baca juga artikel terkait COPA DEL REY 2020 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight