Periksa Fakta

Prabowo Mengundurkan Diri sebagai Capres, Hoaks atau Fakta?

Penulis: Alfitra Akbar, tirto.id - 27 Nov 2023 13:00 WIB | Diperbarui 28 Nov 2023 11:11 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berdasarkan penelusuran fakta, tidak ditemukan keterangan resmi yang menyebut Prabowo mengundurkan diri sebagai capres dalam Pemilu 2024.
tirto.id - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) pada Senin (13/11/2023) resmi menetapkan tiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.


Mengutip laman resmi KPU-RI, ketiga paslon telah memenuhi ketentuan pasal 220 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, di mana partai politik atau gabungan partai politik bisa mendaftarkan bakal paslon telah memenuhi ketentuan 25 persen kursi di DPR atau 25 persen perolehan suara sah secara nasional.


Hasil pemeriksaan kesehatan oleh Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto juga menyatakan ketiga paslon capres dan cawapres telah memenuhi syarat.

Meski begitu, sejumlah narasi miring tentang ketiga paslon ramai beredar di media sosial, salah satunya menyebut Prabowo mengundurkan diri sebagai capres.


Akun Facebook “Daily Qinan” mengunggah klaim tersebut dalam bentuk video berdurasi 10 menit dan 24 detik. Terdapat keterangan “BREAKING NEWS SAMBIL MENAHAN AIR MATA DEPAN MEDIA PRABOWO MENGUNDURKAN DIRI DARI CAPRES 2024” disertai takarir “P4nik dan t4kut k4l4h, prabowo mengundurkan diri," yang menyertai unggahan.

Foto Periksa Fakta Prabowo Mundur
Foto Periksa Fakta Prabowo Mundur. foto/Hotline periksa fakta tirto


Thumbnail
(sampul) video memperlihatkan foto Prabowo yang sedang memberikan keterangan pers di tengah kerumunan awak media.


Sepanjang 25 November—27 November 2023 atau selama dua hari tersebar di Facebook, unggahan ini telah memperoleh 883 tanda suka, 683 komentar dan telah dilihat 73 ribu kali.

Lantas, benarkah Prabowo mengundurkan diri sebagai capres dalam Pemilu 2024?

Penelusuran Fakta

Pertama-tama, Tim Riset Tirto membedah thumbnail video. Lewat penelusuran melalui reverse image search Google Images, kami menemukan foto tersebut identik dengan dokumentasi Kompas.


Foto tersebut dijepret saat Prabowo Subianto (sebagai Menteri Pertahanan RI) memberikan keterangan sebelum rapat kerja bersama Komisi I pada Senin (11/11/2019). Foto tersebut tidak ada hubungannya dengan klaim tentang Prabowo mengundurkan diri sebagai capres dalam Pemilu 2024.

Tirto melanjutkan penelusuran dengan menonton video ini dari awal sampai akhir. Dari pengamatan Tim Riset Tirto, di menit awal video berisi beberapa footage, salah satunya pendapat politisi PDIP Andreas Hugo Pareira tentang drama politik.

Kami kemudian mengambil tangkapan layar footage tersebut dan menelusurinya lewatreverse image search Google Images.

Hasilnya, kami menemukan footage itu identik dengan video di kanal YouTube Kompas TV Riau berjudul “Politikus PDIP Jawab Jokowi Soal Drama Politik Siapa Sutradaranya?” yang diunggah pada Rabu (8/11).

Setelah ditonton secara utuh, pernyataan Andreas sama sekali tidak membahas dan membenarkan klaim tentang Prabowo mengundurkan diri sebagai capres dalam Pemilu 2024.


Video unggahan akun Facebook “Daily Qinan” juga berisi pembacaan narasi. Tim Riset Tirto memasukkan kata kunci “Membongkar Ketakutan Prabowo Di Balik Klarifikasi Isu Mundurnya Dari Pilpres” (sesuai hasil transkrip dari informasi yang disampaikan narator dalam video) ke mesin pencarian Google.

Hasilnya, kami menemukan artikel Seword.com berjudul “Membongkar Ketakutan Prabowo Di Balik Klarifikasi Isu Mundurnya Dari Pilpres!” yang diunggah pada (15/1/2019).

Artikel ini membahas isu mundurnya paslon Prabowo-Sandiaga dalam Pemilu 2019. Disebutkan, Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Djoko Santoso menegaskan Prabowo akan mundur jika potensi kecurangan tidak bisa dihindari.

Secara keseluruhan, artikel tersebut merupakan artikel lama yang ditulis pada tahun 2019 lalu dalam konteks Pemilu 2019, sama sekali tidak membahas dan membenarkan klaim yang menyebut bahwa Prabowo mengundurkan diri sebagai capres dalam Pemilu 2024.


Per Senin (27/11/2023) atau saat artikel periksa fakta ini ditulis, tidak ada informasi resmi dari Prabowo, Partai Gerindra, Koalisi Indonesia Maju dan KPU tentang Prabowo mengundurkan diri sebagai capres dalam Pemilu 2024.

Melansir akun Instagram resmi Prabowo dan Partai Gerindra, pada Sabtu (25/11/2023) Prabowo pun baru saja menghadiri sekaligus melantik Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Jawa Barat.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran fakta yang dilakukan, tidak ditemukan keterangan resmi yang menyebut Prabowo mengundurkan diri sebagai capres pada Pemilu 2024.

Per Senin (27/11/2023) atau saat artikel periksa fakta ini ditulis, tidak ada informasi resmi dari Prabowo, Partai Gerindra, Koalisi Indonesia Maju dan KPU tentang Prabowo mengundurkan diri sebagai capres dalam Pemilu 2024.

Jadi, informasi yang menyebut Prabowo mengundurkan diri sebagai capres dalam Pemilu 2024 itu bersifat salah dan menyesatkan (false and misleading).

==

Bila pembaca memiliki saran, ide, tanggapan, maupun bantahan terhadap klaim Periksa Fakta dan Periksa Data, pembaca dapat mengirimkannya ke email factcheck@tirto.id

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Alfitra Akbar
(tirto.id - Politik)

Penulis: Alfitra Akbar
Editor: Shanies Tri Pinasthi

DarkLight