World Cup 2018

Piala Dunia 2018: Timnas Senegal Yakin Lampaui Prestasi 2002

Oleh: AS Rimbawana - 14 Juni 2018
Timnas Senegal bertekad melampaui pencapaian yang pernah diraih pada Piala Dunia 2002.
tirto.id - Bek andalan Timnas Senegal, Kara Mbodji, mengatakan dengan percaya diri bahwa timnya mampu bersaing di babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 Rusia dan lolos ke fase berikutnya untuk mengulangi kejayaan yang pernah dicapai pada 2002 silam. Di edisi 2018 ini, Senegal berada dalam satu grup dengan Polandia, Kolombia, dan Jepang.

"Siapapun bisa lolos. Senegal bukan favorit melawan Polandia dan Kolombia, tetapi segalanya mungkin. Kami hanya harus menunggu dan melihat apa yang terjadi di Rusia,” kata Mbodji dikutip dari laman FIFA.

Senegal memang butuh waktu paling tidak 16 tahun untuk kemungkinan kembali mengulangi masa jayanya seperti di Piala Dunia 2002 yang digelar di Jepang dan Korea Selatan. El Hadji Diouf dan kawan-kawan mampu melangkah hingga ke perempatfinal sebelum dihentikan Turki.


Sebelumnya di babak penyisihan Grup A, Senegal membuat kejutan dengan mempecundangi Perancis serta mengimbangi Uruguay dan Denmark. Kemudian, di fase 16 besar, pasukan Singa Teranga secara dramatis menyingkirkan Swedia melalui babak tambahan waktu berkat dua gol Henri Camara.


Kini, menjelang tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia, Mbodji yakin Senegal mampu melampaui capaian gemilang tersebut. “Wajar jika kita ingin melangkah lebih jauh daripada generasi 2002,” kata pemain yang baru saja pulih dari cedera ini.

“Kami harus bangkit untuk kesempatan di Piala Dunia. Kami harus melewati fase grup dan kemudian melangkah sejauh yang kami bisa. Akan sangat fantastis bagi kami dan, orang-orang Senegal, jika kami melakukannya lebih baik daripada tahun 2002," tandasnya.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya AS Rimbawana
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: AS Rimbawana
Editor: Iswara N Raditya