Pendidikan Agama Islam

Perkembangan Islam Dunia di Benua Asia: dari India hingga Indonesia

Kontributor: Abdul Hadi, tirto.id - 10 Mar 2021 10:15 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Perkembangan Islam di dunia, perkembangan Islam di Asia, perkembangan Islam di Indonesia.
tirto.id - Perkembangan Islam di benua Asia memiliki perjalanan sejarah yang panjang, mulai dari India, Cina, hingga Indonesia.

Saat ini, populasi muslim terbesar di dunia terletak di wilayah Asia dan Asia Tenggara.

Posisi pertama diduduki oleh Indonesia dengan lebih dari 200 juta penduduk muslimnya, diikuti dengan India, Pakistan, Bangladesh, dan seterusnya.

Modal populasi yang amat besar ini menunjukkan dinamika sosial dan penyebaran Islam yang bervariasi antara negara-negara di benua Asia.

Perkembangan Islam di Asia


Berikut penjelasan mengenai perkembangan Islam di beberapa negara di benua Asia sebagaimana dijelaskan dalam uraian "Rahmat Islam bagi Alam Semesta" yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:

1. India

MUSLIM KASHMIR
Seorang pria Muslim meninggalkan mesjid setelah melakukan ibadah solat Jumat saat anggota pasukan keamanan India berjaga saat pemberlakuan pembatasan menyusul pencabutan status konstitusional khusus untuk Kashmir oleh pemerintah India, di Jammu, Jumat (9/8/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Mukesh Gupta/wsj/cfo


Di masa lalu, Islam berkembang di India karena terdapat kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam. Berkat penguasa atau raja-raja ini, banyak rakyatnya turut memeluk Islam.

Sebagai misal, kerajaan-kerajaan bercorak Islam di India adalah kerajaan Sabaktakin, kerajaan Ghazi, kerajaan Mamalik, kerajaan Keturunan Kilji, kerajaan Taglak, dan lain sebagainya.

Salah satu peninggalan kerajaan Islam yang terkenal adalah menumen Taj Mahal di Agra.

Monumen ini dibangun oleh Syah Jihan dari kerajaan Taglak. Taj Mahal termasuk salah satu dari keajaiban-keajaiban dunia dalam sejarah.

Kendati tergolong berpopulasi besar, umat Islam di India masih tergolong minoritas.

Namun, menurut prediksi Pew Research Center, pada 2060, umat Islam di India akan meningkat pesat hingga meraih posisi pertama sebagai negara dengan populasi muslim terbesar sedunia.

2. Pakistan

belajar matematika dan sains di Pakistan
Siswa belajar matematika dan sains di sekolah kota Islamabad, Pakistan. FOTO/Getty Images


Pakistan adalah negara yang memisahkan diri dari India. Islam berkembang amat pesat di Pakistan, terutama pada abad ke-13 hingga abad 15.

Puncaknya, pada tahun 1940-an, Pakistan dapat dikategorikan sebagai negara Islam. Rancangan UU Pakistan sempat diajukan ke Liga Muslim, yang memutuskan bahwa aturan negaranya mesti sesuai dengan Alquran dan hadis.

Kendati menuai polemik, Pakistan berhasil mengeluarkan aturan undang-undang yang kuat corak keislamannya. Bahkan, pada tahun 1950-an, nama negaranya adalah "Republik Islam Pakistan".

Namun, pada tahun 1962, kata "Islam"-nya dihilangkan, yang kemudian diganti dengan pendirian dua lembaga, yaitu Dewan Penasihat Ideologi Islam dan Lembaga Penelitian Islam.

3. Afganistan

HARI PENGUNGSI SEDUNIA
Sejumlah pengungsi dari berbagai negara menghadiri acara Hari Pengungsi Sedunia di Jakarta, Selasa (20/6). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja


Saat ini, nyaris 99 persen penduduk Afganistan beragama Islam. Segala aspek kehidupan penduduknya pun dipengaruhi oleh ajaran Islam.

Awalnya, Islam masuk pertama kali ke wilayah Afganistan berkat ekspansi yang dilakukan khalifah Umar bin Khattab.

Kemudian, pada pemerintahan Utsman bin Affan, pengaruh Islam mencapai Kabul, ibukota Afganistan.

Berkat pengaruh Islam juga, banyak ulama lahir di negeri tersebut, mencakup Ibnu Hibban Al-Basti, Abu Bakar Ahmad Al-Baihaqi, dan lain sebagainya.

4. Cina

PENUTUPAN MASJID DI BEIJING AKIBAT WABAH VIRUS CORONA
Pintu gerbang utama Masjid Nanxiapo, Beijing, terpasang pengumuman ditiadakannnya aktivitas masyarakat di tempat-tempat umum termasuk kegiatan shalat Jumat untuk menghindari meluasnya wabah virus corona yang telah merengggut puluhan nyawa di Kota Wuhan, Jumat (24/1/2020). ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/ama.


Penyebaran Islam di Cina dimulai dari usaha perniagaan darat dan laut di masa dinasti Tang.

Agama Islam di Cina kemudian berkembang amat pesat hingga mencapai populasi lebih dari 20 juta muslim.

Salah satu peninggalan Islam di Cina adalah berdirinya Masjid Agung Chin Cheen The She di RRC Tengah. Masjid itu dibangun 1300 tahun lampau.

Arsitekturnya merupakan perpaduan antara arsitektur Cina dan Islam, serta mampu menampung sekitar 8000 jamaah.

5. Malaysia

Malaysia Rally
Para pengunjuk rasa menghadiri aksi untuk merayakan langkah pemerintah menarik rencana meratifikasi konvensi anti-diskriminasi PBB di Independent Square di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu, 8 Desember 2018. Ribuan Muslim Malaysia berkumpul di Kuala Lumpur melawan setiap upaya untuk mengupas mayoritas etnis Melayu dari keistimewaan mereka, dalam pertemuan jalanan besar pertama sejak aliansi Perdana Menteri Mahathir Mohamad memenangkan pemungutan suara bersejarah di bulan Mei. AP PHOTO / Vincent Thian


Islam di Malaysia berkembang berkat tumbuhnya kerajaan Islam di sana. Ulama bernama Sidi Abdul Aziz dari Jeddah berhasil mengislamkan beberapa pejabat kerajaan Malaysia.

Di masa pemerintahan Sultan Mansyur Syah (1414-1477 M), kerajaan Malaysia kemudian menyambung tali persahabatan dengan kerajaan Siam, Majapahit, hingga Tiongkok.

Hubungan kerajaan ini kian mengokohkan kekuatan Malaysia, serta memberi pengaruh sebagai kerajaan Islam yang kuat di masanya.

Hingga sekarang, pertumbuhan Islam di Malaysia semakin pesat. Bahkan, konstitusi negaranya menyatakan bahwa Islam merupakan "agama resmi federasi" di Malaysia.

Kendati demikian, pada praktiknya, Malaysia tetap menganut kebebasan beragama yang ramah terhadap pemeluk-pemeluk agama lain.

6. Brunei Darussalam

Seperti Islam di Malaysia, Brunei Darussalam menyatakan bahwa Islam merupakan agama resmi di sana.

Untuk pengembangan Islam lebih lanjut, pemerintah Brunei mendatangkan banyak ulama dari luar negeri untuk memberi pengajaran Islam di Brunei.

Hinggi kini, mayoritas penduduk Brunei beragama Islam.

7. Indonesia

Masjid Demak
Masjid Demak. FOTO/wikipedia


Sebagaimana masuknya Islam ke Cina, penyebaran Islam di Indonesia juga dilakukan oleh para pedagang dari Arab, Persia, dan India.

Islam berkembang pesat di Indonesia berkat dakwah sembilan wali atau Wali Songo yang menyebarkan Islam melalui niaga, pendekatan adat dan budaya, serta pengaruh politik.

Saat ini, agama Islam dianut oleh sebagian besar penduduk Indonesia dan termasuk dalam negara dengan populasi muslim terbesar di dunia.


Baca juga artikel terkait PERKEMBANGAN ISLAM DUNIA atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Dhita Koesno

DarkLight