Penelitian Sosial Sosiologi: Definisi, Jenis dan Ciri-cirinya

Oleh: Farizqa Ayuluqyana Putri - 4 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Penelitian sosial sosiologi adalah upaya ilmiah untuk mengungkap gejala sosial di masyarakat. Jenis penelitiannya beragam. Cirinya, sistematis dan logis.
tirto.id - Fenomena seperti anak jalanan, kelompok punk, aksi kenakalan remaja, dan lain sebagainya adalah beberapa contoh gejala sosial. Gejala sosial ini bisa dikaji lebih mendalam melalui penelitian sosial.

Definisi Penelitian Sosial

Penelitian sosial berasal dari terjemahan bahasa inggris yaitu social research, dengan re berarti kembali dan search atau to search maknanya mencari. Sehingga penelitian sosial dapat diartikankan sebagai cara sistematis untuk mengkaji fenomena sosial secara ilmiah.

Sosiolog Soerjono Soekanto mendefinisikan penelitian sosial adalah kegiatan ilmiah yang didasarkan pada analisis sistematis, metodologis juga konsisten. Dengan upaya mengungkap kebenaran sebagai bentuk manifestasi keinginan manusia dalam mengetahui suatu hal.

Selain Soerjono, sejumlah pemikir sosial turut memberikan gagasan masing-masing terkait penelitian sebagai berikut:

Talcott Parson

Parson berpandangan bahwa penelitian merupakan pencarian atas suatu masalah yang dapat dipecahkan melalui penelitian secara sistematis.

Pauline V. Young

Penelitian sosial dalam perspektif Pauline V. Young adalah sebuah usaha ilmiah dengan metode logis dengan tujuan menemukan fakta serta menganalisis urutan, kaitan, penjelasan dan hukum alam yang mengaturnya.

Hill Way

Way mendefinisikan penelitian sebagai metode studi yang penerapannya hati-hati juga mendalam untuk menyingkap fakta agar dapat menyelesaikan suatu masalah yang diteliti.

Sutrisno Hadi

Penelitian diartikan Hadi sebagai rangkaian usaha dalam memperoleh informasi, menggali lebih dalam, mengembangkan, memperluas serta menguji kebenaran dari sesuatu yang sudah ada tetapi masih diragukan kesahihannya.

Dari sejumlah pemaparan definisi penelitian sosial menurut sejumlah ahli di atas, dapat dirangkum bahwa penelitian sosial merupakan upaya eksplorasi dari fenomena sosial dengan metode ilmiah dalam ilmu sosial.

Ketika seseorang menggarap penelitian sosial terdapat banyak sekali motif yang melandasi. Pada saat riset berlangsung, dalam riset sosial peneliti tidak berhenti pada mengeksplorasi, mengelaborasi fakta di lapangan tetapi peneliti juga memikirkan cara untuk mengatasi masalah sosial tersebut.

Motif seperti ini kebanyakan terdapat pada penelitian yang berparadigma advokasi. Maka dari itu, riset sosial berawal dari rasa keingintahuan dari sang peneliti.

Jenis-jenis Penelitian Sosial

Namun demikian, dalam melaksanakan penelitian sosial seorang peneliti tidak bisa langsung turun ke lapangan setelah menentukan isu yang akan diangkat. Peneliti wajib untuk memahami bagaimana cara menggali informasi dengan efektif, salah satunya dengan menyesuaikan tema dengan jenis penelitian yang akan digunakan.

Terdapat banyak sekali jenis dari penelitian sosial, sebagai contoh:

1. Penelitian Survei

Survei mungkin jadi satu jenis penelitian yang paling sering dijumpai masyarakat. Dalam pelaksanaannya, penelitian survei menggunakan kuesioner atau angket yang sudah dibuat sebelumnya sebagai instrumen peneliti. Jenis penelitian ini biasa dipilih untuk mengumpulkan informasi dengan populasi besar.


2. Penelitian Eksperimen

Jenis penelitian ini bertujuan menemukan hubungan sebab-akibat dari variabel yang diteliti. Selain itu, model penelitian eksperimen umumnya digunakan untuk memeriksa hipotesis dari penelitian tersebut. Sehingga data yang diperoleh sangat berperan menentukan relevansi dari teori atau hipotesis yang berlaku.

3. Studi Kasus

Model studi kasus spesifik untuk mengeksplorasi sebuah kasus yang menjadi fokus dari riset tertentu. Jenis riset ini juga merancang teori atau hipotesis yang nantinya akan diuji ketika di lapangan. Namun, dari data yang didapat hanya berfungsi mengkonfirmasi atau mengkonfrontasi dari teori atau hipotesis yang telah dibuat sebelumnya.

4. Grounded Research

Menjadi satu-satunya yang menggunakan istilah asing, grounded research merupakan jenis penelitian yang teorinya berasal dari fakta di lapangan. Ketika melangsungkan riset dengan jenis ini peneliti perlu untuk melepas semua asumsi dalam pikirannya sebelun terjun ke lapangan. Sehingga data diperoleh merupakan bangunan dari data lapangan tanpa intervensi peneliti.
Ciri Penelitian Sosial

Dengan banyaknya varian penelitian di muka bumi, anda dapat dengan mudah mengidentifikasi penelitian sosial dengan ciri-ciri meliputi:
  • penyusunan bahasan dalam penelitian dilakukan secara sistematis,
  • keseluruhan dari kajian dalam riset bersifat logis dan masuk akal,
  • data diperoleh sepenuhnya berasal dari pengalaman, pengamatan sepanjang proses penelitian,
  • riset dilakukan berdasarkan metode yang kebenarannya diakui,
  • pembahasan dilakukan dengan sudut pandang umum dan tidak subjektif, dan
  • bersifat akumulatif lantaran gejala sosial bersifat dinamis sehingga riset sosial akan terus bertambah dan berkembang.

Baca juga artikel terkait PENELITIAN SOSIAL atau tulisan menarik lainnya Farizqa Ayuluqyana Putri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Farizqa Ayuluqyana Putri
Penulis: Farizqa Ayuluqyana Putri
Editor: Agung DH
DarkLight