Pendiri Google Larry Page Mundur dari Alphabet

Oleh: Nurul Qomariyah Pramisti - 4 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sundar Pichai selanjutnya akan memegang dua jabatan: CEO Google dan induk perusahaan, Alphabet.
tirto.id - Pendiri Google, Larry Page mengundurkan diri dari posisi CEO Alphabet Inc. Ia akan digantikan oleh Chief Executive Google Sundar Pichai.

Pichai selanjutnya akan memegang dua jabatan: CEO Google dan induk perusahaan, Alphabet.

“Hari ini tahun 2019, jika perusahaan adalah seorang manusia, maka ia sudah menjadi seorang pemuda berusia 21 tahun dan sudah waktunya untuk meninggalkan sarangnya,” tulis Page dalam blognya, Selasa (3/12/2019).

"Terlibat secara mendalam pada manajemen sehari-hari di perusahaan untuk waktu yang lama adalah sebuah privilage yang luar biasa. Namun, kami meyakini bahwa ini adalah waktu untuk menjalankan peran sebagai orang tua yang bangga: menawarkan nasihat dan cinta, tapi tidak mengomel sepanjang hari,” tambahnya

Ia menambahkan, dengan Alphabet yang kini sudah kokoh, dan Google serta Other Bets beroperasi dengan efektif sebagai perusahaan independen, maka tiba waktunya untuk membuat struktur manajemen yang lebih sederhana.

“Kami tidak pernah menjadi orang-orang yang memegang peran manajemen ketika kami pikir ada cara yang lebih baik untuk menjalankan perusahaan. Alphabet dan Google tidak lagi butuh dua CEO dan seorang presiden,” tambah Page.

Larry Page akan tetap berada di jajaran direksi Alphabet. Bersama dengan pendiri Google lainnya, Sergey Brin, mereka berdua akan tetap mempertahankan voting kontrol bisnis Google

Pengunduran diri Page terjadi saat Google sedang menghadapi sorotan. Regulator dan politisi di AS dan Eropa mempertanyakan ukuran perusahaan, praktik-praktik privasi data dan dampak potensial pada masyarakat.

Page sendiri sudah jarang muncul ke publik. Ia juga absen saat perusahaan mengumumkan pendapatan kuartalan dan tidak muncul saat dengar pendapat di Capitol Hill. Pada 2018, Page dipanggil sebelum Senate Intelligence Committee menginvestigasi soal turut campur asing dalam pemilu, tapi ia tak muncul.

Page dan Brin mendirikan Google pada 1998. Google terus membesar, hingga kini menjadi salah satu perusahaan raksasa global. Keduanya pun menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Forbes menaksir Larry Page memiliki harta kekayaan US$58,9 miliar dolar.


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Nurul Qomariyah Pramisti
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Nurul Qomariyah Pramisti
Editor: Nurul Qomariyah Pramisti
DarkLight