STOP PRESS! Jadi Saksi di Sidang E-KTP Hari Ini, Setnov Sibuk Acara HUT Golkar

PAN Umumkan Nama Capres Bila Sudah Lolos Ikut Pemilu 2019

PAN Umumkan Nama Capres Bila Sudah Lolos Ikut Pemilu 2019
Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais didampingi Sekjen Eddy Soeparno menyerahkan berkas pendaftaran partai kepada Ketua KPU Arief Budiman di KPU Pusat, Jumat (13/10/2017). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.
13 Oktober, 2017 dibaca normal 1 menit
PAN tidak akan mengumumkan nama Capres yang akan diusung partai itu di Pilpres 2019 dalam waktu dekat. Meski Rakernas PAN sudah merekomendasikan Zulkifli Hasan, keputusan final soal ini baru muncul tahun depan.
tirto.id - Wakil Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Hanafi Rais mengatakan partainya belum berfokus untuk memutuskan figur Calon Presiden yang akan diusung di Pilpres 2019. PAN masih menunggu keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai nasib pendaftaran partai ini sebagai peserta Pemilu 2019.

Meski Rakernas PAN pada Agustus 2017 lalu mengeluarkan rekomendasi untuk pencalonan Ketua Umum partai ini, Zulkifli Hasan, sebagai Capres pada 2019, keputusan final soal usulan ini tidak akan keluar dalam waktu dekat. Pertimbangan untuk mendukung Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019, menurut Hanafi, juga belum menjadi perhatian partainya saat ini.

"Kami baru daftar sebagai calon peserta pemilu yang sah, karena peserta pemilu bukan capres dan caleg, tapi yang sah adalah parpol," kata Hanafi di Gedung KPU, Jakarta, pada Jumat (13/10/2017).

Hari ini, PAN memang baru saja mendaftar ke KPU RI sebagai peserta pemilu 2019. Partai berlambang matahari itu menjadi calon peserta Pemilu 2019 ketujuh yang mendaftar ke KPU.

Hanafi mengatakan pengumuman soal kandidat Capres yang akan didukung oleh PAN di Pilpres 2019 menunggu pengumuman KPU mengenai peserta Pemilu. Artinya, pengumuman mengenai Capres dari PAN akan keluar setelah Februari 2018 usai kepastian soal nasib kelolosan partai ini menjadi peserta Pemilu sudah keluar.

Sekjen PAN, Eddy Soeparno membenarkan partainya belum memprioritaskan penentuan dukungan di Pilpres 2019. Apalagi, menurut dia, isu ini belum menjadi perhatian publik.

"Masyarakat tidak selalu ingin tahu siapa yang diusung (oleh Partai) sebagai capres di 2019," kata Eddy. “Mendekati tenggat waktu nanti kami umumkan.”

Eddy mengimbuhkan PAN memiliki target untuk memperoleh suara dua digit dalam Pemilu 2019. Target PAN ialah meraup 60 kursi dalam pemilihan legislatif.

Meskipun begitu, Eddy menegaskan dukungan dari internal partainya untuk pencalonan Zulkifli Hasan di Pilpres 2019 tetap solid. Akan tetapi, kepastian soal pencalonan atasannya itu perlu memperhatikan perkembangan situasi politik.

"Dalam rakernas agustus lalu PAN secara aklamasi memutuskan mengajukan kader terbaik PAN Zulkfili Hasan untuk maju di dalam pertarungan kepemimpinan nasional 2019," kata Eddy.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - thr/add)

Keyword