Obat Sinusitis yang Alami dan Ramah Anak

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 12 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Sebelum membawa anak ke dokter karena gejala sinus, orang tua bisa mencoba cara-cara alami untuk membuat anak lebih nyaman bernapas dan mengurangi hidung tersumbat.
tirto.id - Obat untuk sinusitis tak melulu harus dibawa ke dokter dan menggunakan resep. Terkadang, sinus yang dialami anak bisa dikurangi dengan beberapa cara alami yang aman untuk anak. Jika anak Anda dibawa ke dokter karena sinus, dokter belum tentu langsung akan meresepkan obat antibiotik.

Seperti dikutip dari Everyday Health, umumnya dokter akan menyarankan orang tua untuk menunggu gejala sinus apakah berkurang atau semakin parah sebelum meresepkan obatnya.

"Orang tua sering berpikir anak mereka terkena sinus karena infeksi, namun sebagian besar rasa sakit itu disebabkan virus yang tidak bisa diobati dengan antibiotik," ujar Barbara Rolnick, dokter di Rumah Sakit Anak Philadelphia, seperti dikutip Everyday Health.

Jadi, jika anak mengalami gejala sinus, Anda bisa melakukan cara-cara alami yang bisa dilakukan di rumah. Berdasarkan pengalaman para ahli kesehatan, cara ini cukup ampuh untuk mengurangi ketidaknyamanan anak akibat sinus hingga kekebalan tubuh anak bisa mengatasinya.

1. Mandi air hangat

Uang air hangat bisa membantu mengurangi hidung tersumbat anak akibat sinus. Rolnick menyebut uap bisa memperlancar saluran pernapasan, menghilangkan lendir, sehingga anak bisa bernapas dengan lebih nyaman.

Rolnick tidak menyarankan anak diberi uap dengan meletakkan kepalanya di atas panci berisi air panas. Hal ini bisa berbahaya karena air panas bisa mengenai bagian wajah atau tangannya.

2. Mencium minyak esensial

Meski belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minyak esensial bisa menyembukan sinus, namun menurut Rolnick, minyak eukaliptus bisa membantu anak bernapas lebih nyaman.

Caranya, tuang beberapa tetes minyak esensial ke kapas, kemudian biarkan anak menghirup aroma minyak dari kapas tersebut dengan jarak beberapa inci dari hidung.


3. Irigasi nasal atau "cuci hidung"

Irigasi nasal atau metode "mencuci hidung" adalah salah satu cara ampuh untuk menghilangkan lendir dan melegakan hidung tersumbat, ujar Rolnick. Air dimasukkan ke hidung dengan alat yang dsebut dengan neti pot, metode ini juga dikenal dengan nama itu.

4. Mengangkat kepala

Seperti diwartakan Medical News Today, tidur dengan kepala agak ditinggikan dapat membantu mengeringkan lendir dan mencegah hidung tersumbat.

5. Obat herbal

Beberapa obat herbal dipercaya bisa mengurangi gejala sinus. Obat herbal umumnya tidak dipercaya, tapi ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Anda juga harus berhenti mengonsumsi jika ada efek samping yang parah.

Jika Anda telah mencoba cara-cara di atas namun gejala sinus tidak berkurang dan semakin parah dalam 10 hari, maka sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk membawa anak Anda ke dokter.

Anda juga harus menghubungi dokter jika sinus pada anak disertai demam, diare, atau jika gejala sinus anak memburuk secara signifikan. Sebab kondisi seperti ini mungkin tepat untuk diobati dengan antibiotik.

Baca juga artikel terkait SINUSITIS atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Kesehatan)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra