tirto.id - Music Video (MV) lagu "SOLO" milik Jennie BLACKPINK berhasil meraih 300 juta penayangan di YouTube, pada Selasa (14/5/2019) pukul 04.00 KST atau pukul 02.00 dini hari waktu Indonesia.
Dilansir Soompi, rekor itu diraih “SOLO” dalam kurun waktu 6 bulan, 1 hari, dan 10 jam sejak dirilis pertama kali pada 12 November 2018.
Prestasi ini mengantarkan Jennie menjadi solois wanita Korea pertama yang MV-nya berhasil menggapai angka 300 juta kali tayang di YouTube.
Capaian ini dirayakan YG Entertainment, agensi yang menaungi Jennie dengan menggugah sebuah poster pada hari sama di laman resmi YG Life dengan tulisan “Jennie SOLO 300 Juta Music Video”.
Menurut pantauan Tirto, pada Selasa 14 Mei 2019 pukul 11.00 WIB video klip “SOLO” yang berdurasi 2 menit 57 detik telah ditonton sebanyak 300.224.191 kali di kanal YouTube resmi BLACKPINK.
Jennie merupakan personel BLACKPINK pertama yang melakukan debut sebagai penyanyi solo. Ia resmi debut solo dengan merilis “SOLO” pada 12 November 2018.
Sejak dirilis, lagu “SOLO” langsung menarik perhatian BLINK (penggemar BLACKPINK). MV lagu itu mampu menyedot 100 juta views di YouTube dalam waktu 23 hari, 10 jam dan 41 menit setelah dirilis.
Menyusul keberhasilan tersebut, “SOLO” kembali mencetak rekor dengan menjadi MV solois wanita Korea tercepat raih 200 juta penayangan, yakni dalam kurun waktu 2 bulan, 29 hari.
BLACKPINK yang digawangi Jisso, Lisa, Rose, dan Jennie baru saja menyelesaikan rangkaian tur Amerika Utara mereka dengan 7 pertunjukan di 6 kota termasuk Los Angeles, Chicago, Hamilton, Newark, Atlanta, dan Fort Worth.
Girl grup ini kemudian bertolak ke Eropa untuk menggelar tur dunia di 6 wilayah, dari Amsterdam (18 Mei), Manchester (21 Mei), London (22 Mei), Berlin (24 Mei), Paris (26 Mei), dan Barcelona (28 Mei).
Mengutip Osen, pada tanggal 11 Mei pukul 16.18 KST, salah satu MV BLACKPINK yakni "DDU-DU DDU-DU" meraih 800 juta penayangan di YouTube sehingga menjadi MV K-Pop group pertama dengan jumlah penayangan terbanyak.
Editor: Dipna Videlia Putsanra