Mengenal Kepribadian Psikopat di Film "We Need To Talk About Kevin"

Oleh: Hana Afifah Nuraini - 8 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film "We Need To Talk About Kevin" dan cara mengenal kepribadian psikopat dari seseorang.
tirto.id - We Need To Talk About Kevin (2011) adalah film bergenre drama, misteri dan thriller. Film ini diangkat dari novel yang berjudul sama karya Lionel Shriver pada tahun 2003.

Film ini dirilis di bioskop pada 9 Desember 2011 serta dapat dinikmati secara streaming sejak 10 Agustus 2016. Film berdurasi 1 jam 51 menit ini disutradarai oleh Lynne Ramsay.

Sinopsis We Need To Talk About Kevin


Film ini mengisahkan tentang kehidupan Eva Katchadourian (Tilda Swinston) yang merupakan seorang penulis terkenal dan suka hidup bebas. Kisah cintanya dengan Franklin (John. C. Reilly) membuahkan kandungan di perut Eva.

Ia merasa tidak terlalu bahagia dengan bayi yang dikandungnya. Ketidakbahagiaannya itu ternyata terus berlanjut hingga Kevin, anak laki-lakinya lahir dan tumbuh dewasa.

Sejak kecil, Kevin (Jasper Newell) terlihat memusuhi Eva. Tatapan, perkataan, dan tindakan Kevin seolah-olah menolak Eva, sehingga ia bingung dan kerap berlaku kasar.

Namun, ia akan berubah menjadi anak yang manis ketika Franklin, ayahnya hadir. Eva tetap berusaha menyayangi anaknya meskipun banyak perlakuan buruk yang ia terima dari Kevin.

Tak hanya ibunya, adik Kevin yang bernama Celia (Ashley Gerasimovich) juga menjadi korban atas perilakunya.

Namun, kenakalan Kevin yang beranjak dewasa (Ezra Miller) tak sampai di situ. Kevin melakukan hal di luar dugaan yang berakibat kesengsaraan Eva seumur hidupnya.

Kepribadian Kevin yang dingin dan tak berperasaan telah terlihat saat ia berusia 6-8 tahun. Agresivitas dan sifat manipulatifnya sudah tampak sejak ia masih belia. Sifat-sifat Kevin mengindikasikan bahwa ia adalah seorang psikopat.


Pengertian Kepribadian Psikopat


Dikutip dari abcNews, psikopat adalah istilah yang digunakan oleh para ahli untuk menjelaskan perilaku antisosial yang impulsif, agresif, manipulatif dan keinginan untuk melanggar aturan.

Psikopat dapat diwariskan dan sebanyak 3 sampai 6 persen populasi di dunia memiliki perilaku ini. Mimik muka serta gestur Eva dan perilaku psikopatik Kevin menjadikan suasana dalam film psikologi thriller ini semakin menegangkan.

Menurut situs MasterClass, psikologi thriller adalah subgenre dari thriller yang mengekspose sisi psikologi dari para karakternya.

Sisi psikologi para karakter ini digambarkan tidak stabil. Film psikologi thriller banyak memasukkan elemen-elemen seperti misteri, kriminalitas, moralitas, penyakit mental, penyalahgunaan obat-obatan dan realitas ganda.

Sisi psikologis Eva banyak disorot dalam film ini, yang ditunjukkan oleh potongan memori masa lalu yang terselip di adegan masa sekarang. Tatapan nanar serta sikap tubuh yang rapuh juga menegaskan ketidakseimbangan mental Eva.

Elemen misteri serta kriminalitas ditunjukkan dengan jelas oleh Kevin. Banyak perilakunya yang membuat ibunya terheran-heran. Tindakannya yang tak termaafkan di akhir film sangat jelas menunjukkan sisi kriminalitas Kevin.

Film ini mendulang kesuksesan dengan banyaknya penghargaan, seperti Penghargaan Film Eropa untuk Aktris Terbaik (2011) yang diperankan Tilda Swinton, dan Penghargaan Film Independen Britania 2011 untuk Sutradara Terbaik Lynne Ramsay.

Film yang diproduksi oleh BBC Films dan UK Film Council ini meraup 487,100 juta dolar AS. Situs Rotten Tomatoes memberikan nilai 75 persen dari 207 tomatometer, sementara Audience Score-nya mencapai 78 persen dari rating yang diberikan 35.325 penonton.



Baca juga artikel terkait KEPRIBADIAN PSIKOPAT atau tulisan menarik lainnya Hana Afifah Nuraini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Hana Afifah Nuraini
Penulis: Hana Afifah Nuraini
Editor: Dhita Koesno
DarkLight