Manfaat Buah Tin: Obati Diabetes dan Jaga Kesehatan Rambut & Kulit

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 14 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat buah tin untuk kesehatan: mengobati diabetes, baik untuk kulit dan rambut.
tirto.id - Buah tin telah dikenal sejak berabad-abad yang lalu karena rasanya yang enak dan khas. Buah Tin juga terkenal memiliki manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Healthline, buah tin dapat mengatasi penyakit diabetes hingga eksema.

Satu buah tin yang besar memiliki kandungan 47 kalori. Jumlah tersebut termasuk rendah jika dibandingkan dengan buah lain. Jika ingin menurunkan berat badan, buah tin bisa jadi pengganti camilan yang efektif.

Buah tin baik dimakan dalam bentuk kering maupun mentah. Satu onsnya memiliki 3 gram serat yang baik untuk pencernaan.

Serat dapat membantu meringankan sembelit dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, konsumsi buah tin juga membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol kadar gula darah.

Manfaat buah tin lainnya adalah sebagai sumber kalsium yang baik. Buah tin dapat menangkal osteoporosis serta masalah kesehatan tulang lainnya.

Menurut sebuah studi tahun 2005, buah tin kering memiliki antioksidan kualitas unggul. Antioksidan dianggap mengurangi radikal bebas yang merusak sel dalam tubuh.

Para ahli nutrisi merekomendasikan untuk meningkatkan asupan antioksidan seseorang dengan makan lebih banyak buah dan sayuran seperti buah ara.

Selain semua itu, di dalam buah tin juga terdapat kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, Vitamin B, kalium, magnesium, zinc, hingga zat besi. Kandungan tersebut adalah alasan yang bagus untuk mempertimbangkan konsumsi buah tin dalam sehari-hari.

Manfaat Buah Tin Lainnya

Berikut adalah manfaat buah tin lainnya:

1. Mengobati diabetes

Sebuah penelitian pada hewan di tahun 2016 menunjukkan, ekstrak daun tin dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki sifat antidiabetik lainnya. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak buah tin dapat berkontribusi pada pengobatan diabetes dengan menormalkan kadar asam lemak darah dan vitamin E.

2. Baik bagi kesehatan kulit

Kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral di dalamnya mampu meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, ia dapat melancarkan sirkulasi darah. Dalam pengobatan tradisional, buah tin digunakan untuk mengobati eksim, vitiligo, serta psoriasis.

Penelitian menunjukkan bahwa getah pohon tin dapat digunakan untuk mengatasi kutil. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan getah pada bagian yang terdapat kutil. Proses penyembuhan akann lebih cepat terjadi.

3. Memiliki manfaat untuk rambut

Menurut salah satu studi, kandungan nutrisi yang ditemukan dalam buah tin dapat menjaga kesehatan rambut. Nutrisi tersebut adalah zinc, tembaga, selenium, magnesium, kalsium, vitamin B, dan vitamin C.


Baca juga artikel terkait MANFAAT BUAH TIN atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight