5 Manfaat Buah Delima: Antioksidan Hingga Bunuh Sel Kanker

Oleh: Ninda Fitria - 1 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Buah, biji, dan kulit delima memiliki banyak manfaat untuk tubuh.
tirto.id - Buah delima dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan dan dapat menurunkan risiko bermacam-macam penyakit. Buah berwarna merah dan rasanya manis ini punya banyak manfaat, dari berfungsi sebagai antioksidan hingga membunuh sel kanker payudara. Tak hanya buahnya, biji bahkan kulit delima juga punya kandungan nutrisi.

Kandungan nutrisi dalam buah, biji, serta kulit delima sangat baik untuk tubuh, antara lain mengandung serat, protein, vitamin C, vitamin K, folat, juga kalium. Jus buah delima merupakan sumber fruktosa, sukrosa, dan glukosa yang baik.

Selain itu, buah delima juga mengandung beberapa asam organik sederhana seperti asam askorbat, asam sitrat, asam fumarat, dan asam malat. Kandungan lainnya berupa sejumlah kecil semua asam amino, khususnya prolin, metionin, dan valin. Sedangkan kulitnya mengandung polifenol.

Dikutip dari Medical News Today, berikut ini adalah manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh

Sebagai Antioksidan

Warna merah yang dihasilkan biji delima berasal dari kandungan polifenol, ini merupakan antioksidan yang kuat.

Jus delima juga memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandung jus buah lainnya. Bahkan, kandungan antioksidan dalam jus delima tiga kali lebih banyak daripada anggur merah atau teh hijau.

Antioksidan dalam jus delima dapat membantu menghilangkan radikal bebas, melindungi sel dari kerusakan, mencegah stres, dan mengurangi peradangan.

Vitamin C

Jus satu buah delima mengandung lebih dari 40 persen vitamin C dari kebutuhan harian akan vitamin C. Kadar Vitamin C akan berkurang ketika dipasteurisasi, maka jus delima buatan sendiri sangat disarankan untuk mendapatkan sebagian besar nutrisi.

Mencegah Kanker Prostat

Prostat Spesifik Antigen (PSA) merupakan penanda yang penting dalam diagnosis kanker prostat. Pria yang kadar PSA-nya berlipat ganda dalam waktu singkat berisiko tinggi terkena kanker prostat.

Studi yang diterbitkan National Institute of Health menemukan bahwa dengan meminum 8 ons (237 ml) jus delima per hari dapat meningkatkan waktu penggandaan PSA dari 15 bulan menjadi 54 bulan.



Membunuh Sel Kanker Payudara

Studi menunjukkan bahwa ekstrak delima memiliki dua kali lipat efek antiproliferatif dibandingkan dengan jus delima segar untuk menghambat proliferasi sel kanker payudara dan merangsang apoptosis pada sel kanker payudara MCF- 7.


Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan stroke. Dikutip dari Wiley Online Library, orang dengan hipertensi mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan setelah mengonsumsi 5 ons (150 ml) jus delima setiap hari selama dua minggu.

Penelitian yang diterbitkan oleh US NAtional Library of Medicine juga menunjukkan bahwa meminum jus delima dapat mengurangi tekanan darah.

Baca juga artikel terkait MANFAAT BUAH atau tulisan menarik lainnya Ninda Fitria
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ninda Fitria
Penulis: Ninda Fitria
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight