Manfaat ASI Bagi Bayi Baru Lahir 0-6 Bulan & Pemberian Eksklusif

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 25 Nov 2022 19:37 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut manfaat ASI bagi bayi. ASI memiliki kandungan nutrisi yang bisa membuat bayi tidak mudah sakit.
tirto.id - Manfaat ASI bagi bayi baru lahir selama usia 0-6 bulan amat penting untuk kesehatan si kecil serta kualitas tumbuh kembangnya. Bahkan tidak ada makanan paling baik bagi bayi baru lahir selain air susu ibu (ASI).

Para ibu juga sangat disarankan memberikan ASI Eksklusif pada bayinya. Saran ini disarankan oleh para ahli kesehatan hingga Kemenkes RI. ASI Eksklusif adalah pemberian ASI kepada bayi selama usia 0-6 bulan tanpa disertai asupan makanan lainnya.

Dengan demikian, selama masa usia bayi 0-6 bulan, hanya ASI yang memasuki tubuhnya. Tak ada makanan tambahan lain yang diberikan pada bayi selama masa ASI Eksklusif. Ini berarti ibu harus berfokus memberikan ASI kepada bayinya selama 6 bulan pertama.

Selama masa 6 bulan pertama kehidupan bayi, peran penting ASI tidak bisa digantikan oleh jenis sumber nutrisi lainnya, termasuk susu formula. Sebab, selengkap apa pun nutrisi susu formula, ia tidak dapat mengimbangi kandungan bermanfaat dari ASI.

ASI dibuat secara alami oleh tubuh ibu yang baru saja melahirkan bayi. Mengutip situs web Raising Children, nutrisi yang terdapat di ASI seorang ibu akan berubah seiring dengan bertambahnya usia bayinya. Maka itu, kualitas nutrisi ASI tidak bisa disamai oleh susu buatan teknologi cangging yang paling mutakhir sekalipun.

Selan itu, ASI terbukti aman dan tidak menimbulkan alergi pada bayi. Air susu ibu juga jauh lebih mudah dicerna dan terserap nutrisinya oleh tubuh bayi, terutama yang baru lahir.


Salah satu manfaat ASI bagi bayi, terutama di usia 0-6 bulan, adalah membangun daya imun bayi sehingga tak mudah sakit. Saat ASI keluar pertama kali dari puting ibu, terdapat kandungan yang disebut kolostrum. Zat ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, sekaligus mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Situs web Hopkins Medicine memberikan catatan, dalam ASI terdapat banyak faktor yang berperan untuk menangkal beragam penyakit infeksi. Bayi yang memperoleh ASI, khususnya yang diberikan secara eksklusif, cenderung terhindar dari infeksi pencernaan, paru-paru, hingga telinga. Kalaupun mereka terkena infeksi, kadar keparahannya berada di level minimal.

ASI eksklusif juga penting bagi bayi prematur yang memiliki ketahanan tubuh lebih lemah apabila dibandingkan dengan bayi lahir normal. Bayi prematur yang senantiasa diberikan ASI lebih rendah kemungkinannya mengalami infeksi serius di usus (necrotizing enterocolitis atau NFC).

Daftar Manfaat ASI Bagi Bayi Menurut Kemenkes

Selain menguatkan imunitas dan mencegah beragam penyakit infeksi, ASI masih memiliki berbagai manfaat lainnya.

Berikut daftar manfaat ASI seperti diinformasikan laman UPK Kemenkes RI:

1. ASI mempunyai kandungan zat gizi sesuai kebutuhan bayi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik, termasuk kecerdasannya.

2. ASI melindungi bayi dari alergi. Bayi yang diberi susu formula cenderung lebih berisiko memiliki alergi susu.

3. ASI aman dan terjamin kebersihannya. Susu yang diproduksi dari kelenjar payudara langsung dapat diberikan pada bayi dalam keadaan segar.

4. ASI membantu bayi dalam memperbaiki refleks mengisap, menelan, dan bernapas.

5. ASI membuat bayi lebih sehat, lincah dan tidak mudah menjadi cengeng.

6. ASI membantu bayi agar tidak sering sakit.


Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi Baru Lahir dan Ibu

Para ahli kesehatan secara umum sepakat akan pentingnya pemberian ASI Eksklusif kepada bayi baru lahir usia 0-6 bulan. Manfaat ASI Eksklusif juga bisa diterima oleh para ibu. Maka, pemerintah Indonesia mendorong para ibu memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya.

Dukungan Pemerintah RI itu setidaknya terlihat dari adanya sejumlah regulasi. Misalnya, Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif dan Peraturan Menkes Nomor 15 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penyediaan Fasilitas Khusus Menyusui dan atau Memerah.

PP Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif mewajibkan kantor-kantor pemerintah maupun swasta harus mendukung program ASI eksklusif dan memberikan fasilitas ruang laktasi.

Sebagaimana dilansir situs web Kemenkes (yankes.kemkes.go.id), sejumlah manfaat ASI eksklusif bagi bayi baru lahir dan ibu adalah sebagai berikut:

1. Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi:

  • ASI memenuhi semua kebutuhan pertumbuhan bayi usia 0-6 bulan
  • ASI meningkatkan daya tahan tubuh bayi
  • ASI meningkatkan pertumbuhan otak bayi sehingga potensial lebih cerdas
  • ASI memperat hubungan kasih-sayang ibu dengan bayi
  • ASI mendukung kualitas perkembangan kepribadian dan kecerdasan emosional bayi.

2. Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu:


  • Pemberian ASI Eksklusif mengurangi perdarahan ibu usai melahirkan
  • Pemberian ASI Eksklusif mengurangi risiko anemia pada ibu baru melahirkan
  • Pemberian ASI Eksklusif bisa menjadi metode kontrasepsi aman dan efektif
  • Pemberian ASI Eksklusif mengecilkan lagi rahim karena kadar oksitosin ibu meningkat
  • Pemberian ASI Eksklusif membantu ibu menurunkan berat badan usai melahirkan.

Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom

DarkLight