Tips Memilih dan Membeli Car Seat untuk Bayi & Anak

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 23 Nov 2022 14:22 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Car seat memiliki beberapa fungsi seperti menghindari bayi terjatuh atau mengalami kecelakaan saat ikut berkendara dengan mobil.
tirto.id - Bayi dan anak yang diajak berkendara dengan mobil, perlu mendapatkan perhatian khusus selama dalam perjalanan.

Sebab, mereka dapat bergerak aktif tanpa terduga dan luput dari perhatian penumpang lainnya. Hal ini bisa menjadi awal dari munculnya kecelakaan berkendara.

Oleh sebab itu, sekarang telah banyak ditemukan produk kursi mobil (car seat) untuk bayi dan anak. Kursi ini secara khusus dirancang untuk menghindari kecelakaan pada bayi atau anak saat mereka duduk sendiri di mobil. Lantaran, sabuk pengaman tidak cocok buat mereka karena dirancang untuk kebutuhan orang dewasa.

Mengutip laman Suzuki, car seat memiliki beberapa fungsi seperti menghindari bayi terjatuh atau mengalami kecelakaan. Di samping itu, car seat kekinian sudah dirancang agar bayi mendapatkan kenyamanan dengan tempat duduknya sehingga tenang selama perjalanan.

Ukuran car seat



Kursi mobil untuk anak memiliki tiga ukuran utama. Ukuran ini umumnya disesuaikan dengan berat badan anak dan usianya.

Situs NHS menuliskan, rincian tiga kelompok ukuran kursi mobil sebagai berikut:

a. Kelompok 1

Dalam kelompok 1, kursi mobil difungsikan untuk menghadap ke arah belakang. Kursi ini cocok untuk bayi hingga usia 15 bulan atau memiliki berat badan sampai 13 kilogram. Beberapa jenisnya ada juga yang bisa dijepitkan pada rangka kursi dorong.

b. Kelompok 2

Kursi mobil ini bisa dipakai untuk duduk menghadap belakang atau depan. Penggunanya adalah anak-anak usia 9 bulan sampai 4 tahun dengan berat badan 9-18 kilogram.

c. Kelompok 3

Kursi mobil di kelompok ini memiliki sandaran tinggi menghadap belakang atau depan. Pemakainya lebih tepat untuk anak berusia 4-11 tahun dengan berat badan 15 hingga 36 kilogram.

Tips memilih dan membeli car seat



Ada berbagai macam pilihan produk car seat. Tips memilihnya sebagai berikut:

1. Pilih produk dari merek yang sudah dikenal

Produk car seat dengan merek terkenal mungkin sedikit lebih mahal. Namun, umumnya sangat memerhatikan fungsinya dalam menopang keselamatan berkendara dan kenyamanan penumpang.

2. Pilih yang memiliki fitur tepat dan beragam

Tiap car seat menawarkan fiturnya masing-masing. Mengutip situs Parents, utamakan memilih yang fitur keselamatannya cukup baik.

Contohnya yaitu memiliki sabuk pengaman di 5 titik meliputi dua tali di bahu, dua tali di pinggang, dan satu tali di antara kedua kaki yang bertemu d tengah.

Pilih pula car seat dengan pelindung benturan samping, yang umumnya berupa tambahan busa atau bantalan udara di samping kepala bayi.

Lebih baik lagi jika menemukan car seat yang mendukung sistem LATCH yakni bisa dikencangkan dudukannya dengan erat tanpa perlu mengandalkan sabuk pengaman.

3. Cari yang bahannya cukup nyaman

Tidak cukup hanya sekadar aman untuk berkendara, car seat yang baik juga mendukung kenyamanan berkendara pada bayi dan anak.

Contohnya cari yang bahannya tidak terlalu tebal dan membuat panas karena anak sangat sensitif dengan suhu tinggi pembuat gerah dan memicu biang keringat.

4. Sesuaikan dengan berat badan anak

Produksi kursi mobil didesain untuk kebutuhan anak dengan usia dan berat badan tertentu. Oleh sebab itu, pilih car seat sesuai kebutuhan anak sehingga tetap aman dan nyaman dipakai saat berkendara.

5. Usahakan membeli yang baru dan bukan dalam keadaan bekas

Car seat kondisi bekas bisa saja telah mengalami kerusakan atau memiliki penurunan fungsi. Hal tersebut cukup sensitif terhadap masalah keselamatan. Upayakan untuk membeli car seat dalam keadaan baru.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight