Laga Terakhir Bersama Persib, Hariono: Biarlah Saya yang Mengalah

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
"Mulai saat ini izinkan saya untuk mundur dulu dari Persib Bandung. Saya mengalah. Biarlah saya yang mengalah,” kata Hariono.
tirto.id - Gelandang Persib, Hariono mengakhiri kebersamaannya selama 11 musim bersama Maung Bandung dengan mencetak satu gol dalam kemenangan 5-2 saat melawan PSM di laga pemungkas Shopee Liga 1 2019, Minggu (22/12).

Pertandingan yang dihelat di Stadion Jalak Harupat tersebut menjadi laga terakhir Mas Har—sapaan Hariono—berseragam Persib lantaran kontraknya tidak diperpanjang.

Usai laga, Hariono memberikan pernyataan sambil menitikan air mata kesedihan terkait mundurnya ia bersama Persib.

“Khusus bobotoh yang datang di sini dan di luar sana. Saya ucapkan terima kasih banyak dukungannya selama ini. Tanpa kalian, saya bukanlah apa-apa. Yang kedua, saya atas nama pribadi dan keluarga mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan selama 11 tahun saya di sini,” ucapnya.

“Dan yang terakhir. Jujur dari lubuk hati yang paling dalam, saya ingin pensiun di Persib. Tapi kini sekarang pelatih tidak menginginkan keberadaan saya di Persib Bandung. Mulai saat ini izinkan saya untuk mundur dulu dari Persib Bandung. Saya mengalah. Biarlah saya yang mengalah,” imbuhnya.


Dalam laga tersebut Hariono masuk menggantikan Ghozali Siregar pada menit 54. Ia menyumbangkan gol pada menit 67 melalui tendangan penalti. Gol ini menjadi gol keduanya sepanjang kariernya membela Persib.

Gol pertama yang ditorehkan Hariono terjadi pada gelaran Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. Saat itu, pria kelahiran 2 Oktober 1985 itu juga mencetak gol melalui tendangan penalti dan membawa Persib menang atas Perseru Serui dengan skor 6-2.

Sepanjang kariernya membela Persib, Hariono telah memberikan gelar juara Liga Indonesia pada 2014. Setahun kemudian, ia juga membawa Persib menjuarai Piala Presiden 2015.

Sementara itu, Persib kini berada di peringkat 5 klasemen dengan perolehan 51 poin dari 34 pertandingan. Anak asuh Robert Alberts meraup 13 kemenangan, 12 kali seri dan 9 kali kekalahan.

Namun, posisi Persib di Liga 1 2019 masih bisa berubah andai Madura United yang akan melawan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (22/12) malam meraih kemenangan.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight