Profil, Prestasi, & Gelar Hariono Selama 11 Musim di Persib Bandung

Oleh: Hendi Abdurahman - 20 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bersama Persib Hariono sukses menjuarai turnamen Celebes Cup 2012, Liga Indonesia 2014, Piala Presiden 2015 dan Piala Walikota Padang 2015.
tirto.id - Pelatih Persib, Robert Alberts telah mengumumkan bahwa kontrak Hariono yang habis musim ini tak lagi diperpanjang. Mantan penggawa Deltras Sidoarjo tersebut menyusul Kevin van Kippersluis yang juga tidak masuk dalam rencana skuad musim depan.

“Sejauh ini baru dua pemain yang dikonfirmasi akan pergi dari tim, dia adalah Hariono dan Kevin [Kippersluis]. Kami akan berdiskusi soal itu, tapi Hariono tidak akan perpanjang kontrak,” ucap Robert Alberts.

Berbeda dengan Kevin yang baru bergabung pada putaran kedua Liga 1 2019, Hariono menjalani tahun ke-11 bersama Persib di musim ini. Pada 2008, ia dibawa pelatih Persib saat itu, Jaya Hartono bersama Hilton Moreira, Airlangga Sucipto dan Waluyo.

Pria kelahiran Sidoarjo, 2 Oktober 1985 itu melakukan debut pada 30 Juli 2008 ketika Maung Bandung menjamu Persela. Dalam laga tersebut Hariono masuk pada babak kedua menggantikan Suwitha Patha.

Prestasi tertingginya sebagai pesepak bola terjadi pada 2014. Sosok Hariono di sektor gelandang bertahan memiliki peran penting sehingga membawa Persib menjadi juara Liga Indonesia untuk kali pertama dalam 19 tahun terakhir.

Musim selanjutnya, Hariono memberikan trofi Piala Presiden 2015. Di tahun yang sama, ia juga menjuarai Piala Walikota Padang. Torehan trofi lainnya diraih Hariono terjadi pada 2012 yang sukses menjuarai turnamen Celebes Cup usai mengandaskan Sriwijaya FC di final.

Selama berseragam Persib, Hariono menorehkan sebiji gol. Satu-satunya gol yang diciptakan terjadi pada gelaran Indonesia Soccer Championship 2016 ketika berhadapan dengan Perseru Serui di Stadion Jalak Harupat. Ia menjadi eksekutor penalti dan membawa kemenangan 6-2 atas tim tamu.

Sementara itu untuk musim depan, Robert Alberts mengatakan bahwa dirinya belum memikirkan komposisi pemain dalam waktu dekat. Pasalnya, Persib masih menyisakan satu laga pemungkas Liga 1 2019 melawan PSM, Minggu (22/12) mendatang.

“Saya belum tahu bagaimana musim depan. Kalau kamu tanya saya soal bagaimana tim musim depan, saya belum tahu. Karena saya belum tahu siapa yang tinggal dan siapa yang masuk,” ujar Rober

Berikut gelar Hariono yang telah dipersembahkan selama memperkuat Persib:
  • Juara Celebes Cup 2012
  • Juara Liga Indonesia 2014
  • Juara Piala Presiden 2015
  • Juara Piala Walikota Padang 2015


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight