Menuju konten utama

Kumpulan Contoh Soal Pretest PPG 2023 Pedagogik & Kunci Jawaban

Berikut adalah kumpulan contoh soal pretest PPG 2023 pedagogik dan kunci jawabannya. 

Kumpulan Contoh Soal Pretest PPG 2023 Pedagogik & Kunci Jawaban
Ilustrasi - seorang guru sedang mengajari muridnya. ANTARA/HO.

tirto.id - Pendaftaran PPG Daljab 2023 telah dibuka pada tanggal 30 Mei 2023 lalu melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/. Terdapat sesi pretest atau soal akademik dalam pendaftaran PPG 2023 untuk materi pedagogik.

Pretest PPG adalah kelanjutan dari tes akademik yang telah dilaksanakan sesuai jadwal. Adapun materi pretest ini antara lain tes akademik, pedagogik, bidang ilmu profesional serta bakat dan minat.

Sementara itu, pedagogik merupakan kekuatan utama dari seorang tenaga pendidik atau guru. Kompetensi pedagogik ialah kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, serta pengembangan peserta didik dalam rangka aktualisasi seluruh potensi yang dimiliki.

Contoh Soal Pretest PPG 2023 Pedagogik dan Kunci Jawaban

1. Menurut Piaget, tahap perkembangan intelektual siswa sekolah menengah termasuk ke dalam tahap...

A. sensorik motorik

B. pra-operasional

C. operasional konkret

D. operasional formal

2. Dalam pembelajaran di kelas, terdapat beberapa siswa yang mampu menentukan banyaknya titik sudut pada bangun ruang berbentuk kubus dengan cara membayangkannya. Potensi siswa tersebut dari aspek kecerdasannya tergolong ke dalam kecerdasan...

A. kinestetik

B. spasial-visual

C. matematika-logis

D. intrapersonal

3. Pembelajaran akan lebih efektif jika guru mengetahui terlebih dahulu karakteristik siswa terutama dari kemampuan awal yang dimilikinya. Berikut merupakan cara untuk menentukan kemampuan awal siswa, kecuali...

A. memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari terdahulu pada awal pembelajaran

B. memberikan pretest pada awal pembelajaran menggunakan instrumen yang memadai tentang materi yang telah dipelajari terdahulu

C. pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan belajar tentang materi yang telah dipelajarinya terdahulu

D. pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan testimoni tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan sebelumnya

4. Guru dapat mengetahui kesulitan belajar siswa jika mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Berikut merupakan ciri-ciri siswa yang mengalami kesulitan belajar atau dikatakan gagal dalam mengikuti pembelajaran, kecuali...

A. dalam batas waktu yang telah ditentukan, siswa tidak dapat menunjukkan perilaku yang menonjol sesuai dengan indikator-indikator yang telah dirumuskan

B. dalam batas waktu yang ditentukan, siswa tidak mencapai ukuran tingkat keberhasilan atau penguasaan minimal yang telah ditetapkan oleh guru

C. tidak dapat mengerjakan atau mencapai prestasi yang seharusnya sesuai dengan tingkat intelegensinya

D. tidak berhasil mencapai tingkat penguasaan yang diperlukan sebagai prasyarat bagi kelanjutan pada tingkat pelajaran berikutnya

5. Pak Sandi akan mengajarkan suatu materi pembelajaran di kelas X. Pak Sandi akan menerapkan suatu model pembelajaran yang memungkinkan para peserta didik belajar dalam kelompok, tetapi Pak Sandi hanya membantu peserta didik yang mengalami kesulitan secara individual. Model pembelajaran yang sesuai adalah...

A. Student Team Achievement Division

B. Team Assisted Individualization

C. Jigsaw

D. Team Game Tournament

6. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan...

A. kemampuan kognitif

B. kemampuan interaksional

C. kemampuan integrasi diri

D. kemampuan komunikatif

7. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah...

A. kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. kemampuan berinteraksi

D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

8. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia...

A. 0 - 2 tahun

B. 2 -- 7 tahun

C. 7 -- 11/12 tahun

D. 11/12/ -- 14/15 tahun

9. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan...

A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)

C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris

D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan objek yang bersifat konkrit (operasional formal)

10. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan...

A. Kognitif

B. Sosial

C. Emosional

D. moral

11. Struktur materi ajar atau pengetahuan berupa prosedur fisik idealnya dapat disampaikan oleh guru dalam pembelajaran melalui metode...

A. demonstrasi

B. inkuiri

D. pengamatan

E. eksperimen

12. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh guru sebelum menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah...

A. merumuskan indikator capaian kompetensi dasar

B. melakukan analisis materi pembelajaran

C. merumuskan tujuan pembelajaran

D. melakukan analisis kompetensi dasar

13. Struktur materi pembelajaran yang paling sesuai untuk dikembangkan berdasarkan tujuan pembelajaran “melalui demonstrasi, siswa mampu menjelaskan cara membuat model kelinci menggunakan teknik origami dengan cermat” adalah...

A. fakta

B. konsep

C. prosedur

D. prinsip

14. Berikut merupakan pernyataan yang paling tepat tentang bahan ajar yang dikembangkan oleh guru, kecuali...

A. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan hasil Analisis Materi Pelajaran (AMP) agar tidak terdapat materi yang signifikan terlewatkan

B. Bahan ajar memuat pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif tergantung karakteristik kompetensi dasar

C. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan kriteria keterurutan, keterkaitan, kedalaman dan keluasan

D. Bahan ajar memuat seluruh struktur pengetahuan tanpa kecuali

15. Salah satu alat penilaian sikap adalah penilaian diri (self assessment). Kegiatan yang dilakukan adalah...

A. menilai dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan format

B. meminta siswa untuk saling menilai terkait dengan sikap dan perilaku keseharian menggunakan lembar penilaian

C. mencatat hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan siswa tentang sikap dan perilaku baik di dalam maupun di luar kelas

D. meminta siswa untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi

16. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan...

A. sosial-emosional

B. kognitif

C. moral

D. spiritual

17. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spiritual pada tahapan...

A. penalaran pascakonvensional

B. penalaran konvensional

C. penalaran prakonvensional

D. penalaran interkonvensional

18. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral...

A. Prakonvensional

B. Konvensional

C. Pasca Konvensional

D. Inter Konvensional

19. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal...

A. mengemukakan gagasan

B. mengaktualisasikan diri

C. penciptaan hubungan yang baik

D. memformulasikan tindakan

20. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa

faktor...

A. intelegensi dan kognitif

B. budaya dan pembiasaan

C. keluarga dan lingkungan masyarakat

D. emosional dan kepribadian

21. Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 bila diurutkan mencakup kompetensi...

A. Kognitif, afektif, dan psikomotorik

B. Psikomotorik, kognitif, dan afektif

C. Pengetahuan, sikap, dan keterampilan secara terpadu

D. Sikap, pengetahuan,dan keterampilan secara terpadu

22. Tujuan pembelajaran dari kompetensi dasar mata pelajaran dijabarkan langsung dari…

A. Kompetensi dasar

B. Kurikulum

C. Indikator

D. Standar Kompetensi

23. Penilaian yang dilakukan dengan kalimat positif tentang aspek; melaporkan tugas yang diberikan, aktif bergaul bersama teman dan guru, menghasilkan karya yang estetis, menjalankan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat, kemampuan bertanya dengan bahasa yang jelas, logis, dan sistematis termasuk penilaian...

A. Keterampilan

B. Pengetahuan

C. Sikap spiritual

D. Sikap sosial

24. Model pembelajaran yang tepat agar siswa mengorganisasi sendiri pengetahuannya adalah...

A. Problem Based Learning

B. Discovery learning

C. Inquiry

D. Project Based Learning

25. Langkah yang pertama pada tahap persiapan menulis PTK adalah...

A. Membuat RPP Siklus 1

B. Menemukan masalah pembelajaran

C. Merumuskan tujuan PTK

D. Menyusun kerangka PTK

26. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali...

A. Sharing dengan teman

B. Guru kreatif

C. Pengalaman nyata

D. Menggunakan satu sumber

27. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria...

A. Sahih

B. Kebermanfaatan

C. Layak dipelajari

D. Menarik minat

28. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola...

A. Kausal

B. Spiral

C. Kronologis

D. inquiri

29. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal. Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...

A. tujuan

B. sasaran didik

C. ketersediaan

D. konteks penggunaan

30. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah...

A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut

C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah

D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran

Baca juga artikel terkait AKTUAL DAN TREN atau tulisan lainnya dari Tifa Fauziah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Alexander Haryanto